Thursday, May 7, 2009

Makanan yang Dipuji dalam Al-Quran

kali ini serius nih Bos!

Setelah membaca buku yang dibeli ayah Azki beberapa hari yang lalu, aku menemukan ada lho jenis makanan yang dipuji dalam Al-Quran dan Al-Hadis. Subhanallah,,,lengkap pisan nyak kitabullah ini..check it out!


1. Minyak zaitun

referensi Al-Quran (Q): "dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun) yang menghasilkan minyak, dan pemakan bagi orang-orang yang makan." [Al-Mu'minuun:20]

referensi Hadis (H) : "makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi." [HR At-Turmudzi/Baihaqie]

nutrisinya: Minyak zaitun mengandung minyak tak jenuh tunggal. Kaya akan vitamin E, anti oksidan, polifenol (anti radang), dan membantu menangkal paparan radikal bebas.


2. Kurma

Kurma adalah makanan yang efisien, mengandung glukosa sederhana yang mudah dicerna tubuh, serat, kalium, dan tanin.

Kurma bahkan aman bagi bayi. Ini terbukti pada riwayat yang menyebutkan Rasulullah mentahnik seorang bayi sahabat dengan mengoleskan kurma ke langit-langit bayi tersebut.

Kurma juga terbukti mampu menaikkan trombosit darah. So, bagi yang sedang terancam DBD atau sudah terjangkit, minumlah jus kurma. Insya Allah trombositnya naik deh.

Kurma, karena mengandung glukosa sederhana, sangat cocok untuk menu buka puasa. Perut ga kaget dalam mencerna makanan yang masuk. Tau kan tag iklan "berbukalah dengan yang manis" ? nah..harusnya makan kurma, bukan produk teh itu.

3. Susu

Susu mengandung kalsium yang baik untuk jantung, otot, dan metabolisme tubuh. Jika dikatakan manusia tidak perlu minum susu sapi, brati boleh dong minum susu kambing?susu unta?

4. Daging Burung

(Q) Al-Waqiah : 21

Keunggulan hewan golongan burung atau aves (termasuk ayam) adalah, lemaknya mudah dipisahkan karena terletak di lapisan kulit.

5. Madu

(Q) An-Nahl : 69 menyebutkan bahwa madu adalah obat.

Madu mengandung glukosa dan fruktosa yang mudah diserap tubuh. Selain itu juga mengandung vitamin, mineral, dan asam organik.

Madu mempunyai senyawa lisozym yang berguna untuk mencerna bakteri gram negatif. Enzim katalase pada madu juga berfungsi menangkal radikal bebas.

6. Nigella Sativa

(H) "gunakanlah habatussauda karena di dalamnya terdapat obat segala maccam penyakit kecuali maut." [HR Bukhari Muslim]

Nigella sativa atau habatussauda adalah jintan hitam yang berfungsi sebagai suplemen kesehatan yang dapat menunjang sistem imunitas tubuh.

7. ASI

(Q) "Para ibu hendaklah menyusukan anaknya selama 2 tahun penuh" [Al-Baqarah:233]

Pemberian ASI pada bayi terbukti meningkatkan sistem imunitas tubuh bayi, mengurangi resiko gangguan pencernaan, dan meningkatkan hubungan emosional ibu-bayi.

Bagi para ibu, menyusui mengurangi resiko kanker payudara, dan membantu pemulihan rahim pascamelahirkan.

Kalau dalam Al-Quran sudah disebutkan demikian, brati semua ibu hendaklah berusaha sekuat tenaga, berbagai cara, menyusui anaknya. menyusui adalah default mamalia, so jika berusaha, Insya Allah dimudahkan jalannya.

*courtesy: Rasulullah SAW Tidak Pernah Sakit. by dr Ade Hashman

2 comments:

CichaMamaShaina said...

nice posting bu!
senangnya aku main kesini dapet ilmu baru. Kapan2 aku copy paste ke blogku yaah :) Paling suka bagi2 info bermanfaat gini.

mommy-azki said...

Mama Shaina juga informatif banget blognya. copas each other deh yaa :)