Monday, May 25, 2009

Pekerjaan Elektrikal

Dalam pengerjaan proyek, pekerjaan elektrikal adalah pekerjaan kedua setelah struktur. kerjaannya meliputi penentuan titik lampu, titik saklar, titik stop kontak, lokasi box MCB, dan lokasi box meteran.

Material yang perlu disiapkan apa aja?
- Pipa konduit. konduit ini fungsinya untuk membungkus pipa yang tertanam dalam tembok. untuk yang di atas plafon, ga usah. kalo mau ekstrim, boleh aja konduitnya ga ditanam, tapi ekspose di luar tembok dan dicat warna2 disko. jadi lucu kan rumahnya...

- Kabel. ini jenisnya macam2. ada kabel 3X2,5, kabel 2x1,5, kabel 1x2,5, dan kabel 1,5x1. Peruntukannya di mana aja, aku ga gitu ngerti, coz waktu pemasangan lagi ga da di TKP, hihi...Tapi percayain ajalah ke subkon-nya.

- T-dose. ini fungsinya untuk terminal sementara para kabel yang hendak menuju MCB. bentuknya lempeng bulat setebal donat (tp ga bolong tengahnya), trus ada cabang2 untuk masukin kabel. posisinya bisa ekspose, bisa juga di atas plafon.

- Boks MCB. ada pilihan mau ambil yang berapa panel.

- saklar. ada pilihan single switch, atau double switch.

- stop kontak. kalo punya anak kecil, pilih yang flapnya, jadi ga mudah diutak-atik lubangnya.

- mangkok stop kontak. posisinya di dalam tembok, untuk tatakan stop kontak.

- klem kabel, untuk memasang konduit di dalam tembok.

- rumah lampu. ini mah sesuai selera owner, mo yg kaya apa modelnya, silakan hunting sendiri.

Terus..gimana biayanya? kalo elektrikal itungannya per titik. misalnya punya 10 stop kontak, itungannya 10 titik. kalo 1 saklar ganda, itungannya 2 titik. kalo MCBnya ada 4 panel, itungannya 4 titik. biaya per titik di sini 60ribu. jadi kalo punya 20 titik, ya 1,2 juta. rata2 rumah 2 kamar tipe 45-50 perlu 20 titik. biaya total elektrikal kira-kira 3 kali dari biaya pasang tadi. jadi untuk yang punya 20 titik, sediakanlah kira-kira 3,5 juta.

gitu deh..electrical for dummies-nya.

No comments: