Sunday, November 6, 2016

Seminar Parenting...After 2,5 Years


Kemarin saya berkesempatan datang ke seminar parenting yang diadain di sekolah Azki. Terakhir kali ikut seminar parenting itu thn 2014 kayanya, seminarnya Bu Elly Risman. Sebetulnya alesannya cemen sih: pengen ketemu ibu-ibu wali murid yang udah lama gak ketemu. Selain itu biar dapet doorprize, mwahahaha. Eh ada lagi nih motivasi dateng di seminar: ada janji mau bikin resume. Kan critanya semi taruhan sama temen gitu ya boook,, taruhan kalo ga bakal ada yang share resume parenting, karena biasanya yang di-share itu malah foto-foto selfie-wefie ibuk-ibuk peserta seminar,mweeehhehe.

Pembicara seminarnya ternyata seorang praktisi hipnosis, banyak bercerita kasus2 yang dia temui di lapangan.
Bla bla bla setelah brainstorming pak Febry ini ngebahas Tiga Type Orang Tua:
1.       Nyasar: orang tua yang ga tau arah, membesarkan anak tanpa ilmu, tidak bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Biasanya nih...biasanya lho ya.. pihak ayah adalah pihak yang suka nyasar karena rata2 menyerahkan pengasuhan anak ke ibu, mereka berpikir tugas mereka Cuma nyari nafkah. Padahal yaaa keterlibatan seorang ayah atau figur ayah itu penting untuk membentuk rasa percaya diri anak dan membangun visi-misi perkembangan anak.

2.       Bayar: orang tua yang menganggap segala urusan mendidik anak pasti akan beres kalo segala tagihan udah dibayar. Mereka menganggap materi bisa membahagiakan anak.

3.       Sadar: yah sudahlah ini mah ga perlu dijelasin, dari judulnya juga udah bener, mwehehehe.
Trus ngobrolin apa lagi yak... udah lamaaa ga pernah bikin review, jadinya mati gaya di depan keyboard, heheuuu.

Ohiya ngobrolin fitrah seksualitas anak. Jadi secara fitrah seksualitas fase pendidikan anak dibagi menjadi:
1.       0-2 tahun: anak itu kudu deket sama ibunya. Makanya ada perintah menyusui sampai usia si anak mencapai 2 tahun. Menyusui itu beda dengan memberi susu, ceuk si Pak Febry. *trus si gue merasa tertoyor karena bawa2 botol susu isi ASIP -_- perlu dijelasin kagak ya, entu botol buat nyumpel Menik biar anteng di carseat? Saya bawa 2 botol ASIP yang akhirnya semua berakhir di saluran sink, karena ternyata Menik ga rewel selama di carseat. BTW  FYI  yah,, ternyata proses menyusui itu adalah sarana mengenalkan tauhid kepada anak. Sambil nyusuin bisa disambi muroja’ah, baca cerita sirah nabawiyah *trus yang jualan buku promosi dah ah :D  dan menyusui itu juga sebetulnya bisa dikatakan sebagai sarana transfer karakter (ini tambahan dari saya, bukan si bapak yang bilang).

2.       2-6 tahun: Anak dekat dengan ayah-ibu. Ini range usia yang berpotensi memorable banget buat anak. Di usia 4 tahun anak sudah harus bisa identify gender diri sendiri dan keluarga, apakah dia perempuan atau laki-laki. Satu statement si bapak tentang gender yah: panggilan ‘kakak’ untuk older sibling itu menyesatkan karena ga nge-define gender dengan jelas. Harusnya panggilan itu sesuai gender: abang, aa, mas, uda, gan, bro,.. eh 2 itu saya nambahin :D. Kalo younger sibling yaudah panggil nama aja.

3.       6-10 tahun: anak didekatkan sesuai gender, anak perempuan didekatkan ke ibu, anak laki ke ayah. Ini perasaan pernah denger dari ceramahnya Ust Bendri dweeeeh. Yaaa intinya anak didekatkan biar mengalami kegiatan sesuai gender. Anak cewe ya belajar masak, beberes rumah, belanja olshop *eh* Anak cowo yaa belajar nyuci mobil/motor, mengenal penggunaan perkakas pertukangan sederhana,  belanja kain di tanah abang *anak gue itu mah yaa :D

4.       10-14 tahun: anak didekatkan secara cross gender. Tujuannya apaaa? ABG laki-laki yang dekat dengan ibunya akan belajar bagaimana memperlakukan wanita, ke depannya akan menjadi suami dan ayah idaman. Ga perlu sekece Higuain yang penting kaga kurang ajar sama cewe. Tapi kalo ga kurang ajar sekaligus kece gimana mak? Boleh ga? *sumpel MakLel* . ABG perempuan yang dekat dengan ayahnya akan belajar mandiri, kebal rayuan gombal cowo idung belang, ngerti susahnya cari duit biar bisa bedain mana Bontang mana Singapore, mana Paris mana Summarecon Bekasi  *pardon mi lenguaje ya teman-teman,, saya ga nahan bener dah kalo ga jadi spoiler, heheuuu
5.       

Hmmmm di bahasan selanjutnya sih si Bapak lebih banyak cerita kasus2 kliennya. Ada yang kliennya mengalami bipolar (semacam Marshanda’s Disease gituh?),  ada lagi kisah kliennya yang sampeeee ayahnya tuwek masih sok pengen ngajak berantem si ayah karena jaman kecilnya rajin disiksa ku si ayah *sumpah ini ceritanya horor. Instead of being psychopath, tu bocah datang ke konseling praktisi hipnosis dan akhirnya ikut forgiveness therapy. Sayangnya kasusnya belum bisa kelar karena si ayah nolak meminta maaf atas perlakuannya terhadap anaknya *kubur idup2 aja kali bapak kaya gini? Akhirnya solusi dari Pak Febry adalah, si bocah kudu ada di pihak yang memaafkan tanpa harus nunggu ayahnya minta maaf, toh di agama diajarkan mulianya memaafkan, ya kan?

Ibu-ibu ada ga yang ga sabaran kalo anaknya susah disuruh solat lah, belajar lah, sekolah lah...? lebih milih main gadget, nonton tipi, baca buku? kalo ada brati kita samaan lah yaaa..  gemeees pengen nyubit bocah yang kalo disuruh solat,,proses wudhunya aja bisa saya tinggal sambil masak rendang, perrgi umroh, dan menyelamatkan dunia dari konspirasi iluminati *ceuk ceunah ibu2 kan multi tasking . udah gitu kaga mau dia kalo solat sendirian. *Eh ini kok gue jadi curhat.

Jadi ternyataaaah,,, usia 0-12 tahun itu anak belum bisa bikin prioritas. Dia akan memilih kegiatan yang menyenangkan. Padahal buat kita sang  emak rempong, solat itu hal penting banget kan, solat itu nomer dua kan (nomer satunya kan syahadat mak)... Nah solusinya adalah “Jadikan hal-hal penting menurut kita menjadi menyenangkan buat anak”. Kemasannya gimana biar menarik? Yaudah sik googling aja gimana, mwehehehe.

Aslinya sih di buku resume saya paragraf barusan itu udah bahasan terakhir. Tapi karena ini di blog yaaa janganlah kita pisah cepet-cepet yaak..

AKHIRNYA DAPET DOORPRIZE DOOONG *kepslok jebwol. Ga rugi udah bayar 20ribu (iyeee 20 ribu, bukan 200 ribu) tapi pulangnya nggotong tupperware 2 bijik karena di kids corner si Azki menang lomba mewarnai, bwahahahah. Semoga seminar berikutnya saya menang dorpres buku dari sponsor *sponsor’e langsung tutup toko :D

Buat temen-temen yang pengen dateng ke seminar parenting tapi ga ada waktu, saya share nih ya, buat contoh aja sih, ada materi Fiqih Pendidikan Anak by Ustadz Abdullah Zaen. Cari deh di Youtube, banyak banget. Ada juga ceramahnya Ustadz Bendri, masih di youtube. Donlot giiih,,, jangan donlot drama korea/turki/dorama melulu *self-tampol* apaaah...jaringan jelek ga bisa donlot? yaudin sini kasi flashdisk nya ke saya, saya copy-in. Apaaaah... ga punya flashdisk? Kalo nomor telpon ada dooong.. *eyaampun ini jokes jaman extravaganza masih eksiss di trans tv 

Friday, October 28, 2016

Hello World!

It's been a year (or more?  ��) since my last post yaaak... Dan sekalinya nongol saya posting foto beginian. Yaaa namanya juga hidup.. Udah diplanning kaya gimana juga.. Kalo bobol mah bobol aja yaak , heheuu..

Jadiii selama ini saya mainannya di Instagram. Ngoceh ini itu yang harusnya ditulis di sini malah ditaro di sana,  sampe dikira lagi bikin tesis di IG ����

Trus ini jadi balik lagi ngeblog karenaaa udah pasang aplikasi blogspot di HP *walaaaah kemana aja mboook. Iyaa baru kepikiran lagi soalnya dulu2 pernah pasang tp ga yuser frenli gituh.

Beklah... Ngumpulin mood dulu biar semangat ngoceh lagi ��

Wednesday, October 21, 2015

My GoJek's Experience

My Gojek's experience
dan Uber juga sih.

Telat kali ya hari gini baru mau cerita2 soal gojek-uber. Padahal nanya2-nya udah sejak kapaaan itu, nanya tutorialnya ke Memy-lah, nanya ke si Ika lah. Pasang app Gojek sih udah lama, cuma mau dapetin kredit gratisan yang 50ribu itu lamaaaa baru dapet. Itu juga gegara ketemu temen yang udah pasang app serupa tapi ga tau kudu diapain. Akhirnya 2 ibu bingung ini tukeran referal code, dapet deh masing2 kredit 50ribu, hyehehhee.

Ternyata udah dapet kredit tapi masih bingung mau pergi ke mana. Malah yang duluan kesampaian adalah naik taksi Uber. Untungnya yaaaa,, bisa kok kalo penumpangnya bukanlah pemakai aplikasi taksi uber. Jadi saya minta ke sepupu buat dipesenkan si uber ini, pick up point di rumah dia daerah Pancoran, tujuannya ke rumah saya, sementara si sepupu pesennya dari kantor dia. Saya ga tau bisa delay booking ga sih,, soalnya si sepupu pesennya jam 9 pagi dan si uber dateng jam 9.20. Tagihan akhirnya? saya ga nanya ke uber driver, tapi sepupu juga ga mau kasi tau sih. Hih.

Daaan tibalah kesempatan untuk nyobain GoJek, yaitu sebelum ke Solo kemarin. Dengan kredit 50ribu saya pake tuh 45ribu buat 3x trip kaya gini:
1. Dari sekolahan bocah ke St. Gambir
2. Dari St. Gambir ke sekolahan bocah
3. Dari rumah ke St Senen

#1. Datengnya cepet banget sejak booking, dan memang populasi pengemudi gojek di daerah Citra situ emang tinggi.

#2. Datengnya luamaaaa, saya sampe 3x booking dooong. itu juga gara-gara2 saya iseng buka status booking yang kemudian saya nyadar: "ooooh tampilan progress booking di layar itu bisa di-tap toh buat liat driver-nya available/tidak" Yaampooooon... Daaan menunggu kedatangan GoJek di antara ojek pangkalan tuh rasanya.... awkward ya kakaak -_-

#3. Datengnya lama. Saya 2x booking, karena udah pinter, udah tau kalo progress booking bisa di-tap, mweheheheh. Driver pertama yang dibilang bakal datang dalam 3 menit taunya,, entah kenapa,, jemputnya di Bandara Soetta. Paaaak,, plis atuhlaaah.,,
Saya yang udah panik sampe makan aja pake nambah, akhirnya batalin aja tuh order dan bikin order baru. Begitu dinyatakan drivernya sudah OTW, langsung aja telpon, njelasin harus jemput di mana, dan dengan nada mengintimidasi: BURUAN PAK.

Yaiiyaaa atuuh,,, kereta jam 11.30 masa saya jam 10.20 masih di rumah. Tangerang-Jakpus iniiiih...

Dan mimpi buruk terakhir  adalah saat drivernya datang dan berkata: Tapi mbak,, saya ga tau arah Stasiun Senen.

Dan dengan gagah gemulai saya jawab: gapapa,  saya pegang google map, saya tunjukin arahnya.

Ya bayangin aja tangan kanan pegang hape, tangan kiri pegang pinggang driver handle bar motor yang di belakang jok itu. Harusnya saya aja yang nyetir kali ya?

Yaaah begitulaaah euforia pengguna amatir GoJek dan Uber. Dan saya kok ga bisa yaaa nanya2 driver Gojek kaya orang2 itu yang sampe tau kisah behind the scene jadi driver GoJek dan nge-share hasil investigasiny di socmed

Sudahlah MakLel,, mungkin bakatmu bukan jadi jurnalis.


Habis Me-Time Terbitlah Inem-Time



Nih yaa buat ibu-ibu yang butuh me-time... percayalah bahwasanya, sesungguhnya, me-time itu adalah kenikmatan semu. Penak-e mung sak-keclapan mripat, kalo kata orang Jawa. Artinya kira-kira,, nikmatnya cuma sekejap.

Kaya saya nih weekend kemarin,, 2 malam ngabur ke Solo dalam rangka kondangan ke nikahannya sepupu. Ijin sama suami sih udah sejak lebaran kemarin. Soal kenapa anak-anak dan suami ga ikut adalah,, ini kan resepsi pihak laki-laki, istilah asingnya sih download mantu, alias ngunduh mantu, yang mana durasi acaranya cuma sebentar, kalo semua diajak kan kasian capek di perjalanan. Saya aja cuma modal 1 ransel yg keisi separo, buat urusan kostum dan mekap udah disiapin sama yang punya gawe, dan itu bener2 mendukung konsep light traveler, tsaaaaaah ngguayaamuuu maak :D. Kalo kata mama saya sih,, tamu ga modal. Daster-handuk-jilbab semuanya minjem stok orang rumah :D

Dan kenapaaa dikatain "Penak-e mung sak-keclapan" ? yaeyyalaaah wong cuma 2 malam, dan pas balik ke rumah itu baju kotor dan setrikaan numpuk, lantai kudu disapu-pel, makanan abis,,, Masih bilang kepengen me-time? sanaaah hire subkon beres-beres rumah :D

Tapi yaaa walopun KIPI-nya me-time tuh selalu begono,,tetep aja ga kapok pergi-pergi. Yaah emang dasar ganjen, pengennya ngelayap, rumah berantakan udah cuek aja, huihihihi

eh itu kenapa istilah KIPI dibawa-bawa?
KIPI: Kejadian Ikutan PascaImunisasi.


Wednesday, October 14, 2015

Field Trip: Happyland, CIbalung


Happyland Cibalung? Tempat apaan tuh? air tulang? Ci (Bs Sunda) = air, balung (Bs Jawa) = tulang, Happyland (Eng) = dataran bahagia. Dataran Bahagia yang isinya tulang dan air? Sumpah ngacooo :D

Ternyata Happyland ini adalah tempat outbond buat anak2 sekolahan di Kabupaten Bogor. Webnya bisa dilihat di sini. Happyland tuh tempat camping juga, dan kalo mau nyaman dikit ada sekitar 4 villa (kalo ga salah ngitung) yang bisa disewa, serta ada beberapa area rerumputan yang luaasss,, kalo sampeyan ga jijikan bisa lho gugulingan di situ. atau kalo pas nginep butuh tempat njemur baju atau handuk basah,, bisalah digelar juga. Haduuh aku ini kok mental londri banget XD

Alkisah,,, untuk menuju lokasi field trip ini rombongan kelas 2 dan 3 sekolah Azki ini berangkat jam 6.50 naik bis mungil yang isinya cuma 30 orang karena ternyata setelah masuk dari arah Pasar Caringin, jalannya menyempit dan banyak belokan, bahkan ada belokan yang menyerupai huruf V, tajem sekaliii. Sudahlah begitu, di beberapa tempat jalannya jelek. Untunglah masa2 saya  hobi mabuk darat itu sudah lama berlalu, jadi dapet rute kaya gini udah ga masalah. Yang paling kasian tuh kalo anaknya gampang mabuk darat, apalagi anak2 kan dapet bis yang terpisah dari ortu. Yaaah rejeki guru2nya lah yaa kalo kudu nge-handle murid yang muntah, hihihi.

Begitu  sampe di parkiran Happyland jam 9.20 pagi, langsuuung nyadar kalo pake alas kaki tinggi dan nenteng2 hand bag itu adalah suatu blunder. Bukan saya ya pokoknya,, *takut disangka oknum* 





Namanya juga outbond, ga mungkin kan pergi cuma setengah hari dan nyaman seperti di mall. Kostum dan tentengan kudu menyesuaikan, minimal pake sepatu/sandal flat dan manggul ransel. Kalo mau lengkap sekalian aja bawa carrier dan sepatu trekking,,, dan jadi tontonan, hihihi. 

Kalo saya sih kemaren pake sepatu flat, bawa ransel dan 1 tentengan isi minum 1.5 L, snack dan lunch box buat sarapan Azki, karena tu bocah gak mungkin sarapan di rumah. Minimal di parkiran bis atau sekalian di venue-nya langsung. 
Isi ransel ya biasa aja sesuai petunjuk bu guru: baju renang, baju ganti, handuk, mukena, alat mandi, minyak telon, sama alat lenong buat touch up XD. Jangan lupa power bank, sukur2 bawa yg 2 output dan 2 kabel, siapa tau bisa sedekah ngecas ke temen2. 

Jadi apa kegiatan anak2 di Happyland?

Dengan didampingi pemandu dari Happyland, sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan sebelum keberangkatan, anak-anak masuk ke sesi menggambar caping.Terserah mau digambari apa, mau aliran Picasso boleeeh,, aliran Raden Saleh juga boleh. Hmm,, terlalu overestimate saya ini, karena yang terjadi adalah anak-anak menggoreskan kuas sesukanya, yang paling mentok ya nulis nama doang, hihihi. kayanya waktu yang diberikan ga terlalu lama ya, jadi sedikit sekali sekali anak-anak yang bisa full mewarnai permukaan caping. 


Setelah capingnya diwarnai dan dijemur, anak-anak dikumpulkan lagi buat difoto. Susah yaaaa ngumpulin anak-anak, mereka semua aktif pisaaaaan,, ampe capek si mas pemandu ngaturnya :D



Sementara itu di saung tempat para wali murid menunggu anak-anaknya...




Ada yang botraman dan ngerujak aja dooooong, mwahahahahahhaa. Lengkap bener yak bu bawaannya, ada cumi cabe ijo, kering teri-kacang, sayuran, semacam semur daging, telur dadar...sekalian alas makan kertasnya, untung gak sekalian bawa cobek dan munthu :D Apalah artinya aku ini yang hanya bawa  mi goreng-nasi-nugget-air-nescafe *berkali2 nganter anak field trip menunya selalu itu*. Yang masalah adalaaah,,, di saung ini ga ada tempat cuci tangan yang memadai. Satu-satunya air mengalir buat cuci tangan adalah kran depan saung yang airnya mengarah ke kolam ikan. Hmmm.... hajar ajaaaah cuci tangan di situ. Apah,, kamar mandii? naik gilaaaak posisinya, dan saya dua kali PP ke toilet atas itu, pertama buat wudlu dan kedua pas mandiin Azki yang habis renang. Emang ga ada tempat nongkrong lain? kalo maksudnya biar deket sama yang lagi renang, ga ada. Si saung ini doang. kamar mandi susah, air bersih buat cuci2 susah, musola doang yang gampang, itu juga seupriiiiit. Kuduna mah udah sekelas mesjid kalo mau bikin tempat solat, mengingat si Happyland ini luas byanget. Banget aja ding,, gak sampe level byanget.


berjalan menuju saung. Udah serem duluan karena ga ada pagar pembatas.
kalo ada anak batita ngglinding ke kolam gimana cobak? ckckckck


Perjuangan mas2 tour guide masih berlanjut. Setelah acara foto-foto,mereka harus ngangon anak-anak ke lokasi perkebunan mini. Di situ anak-anak dikasi tau soal cara bertanam stroberi dan panen kangkung. Anak-anak pada ngerti ga sih isi ceramahnya mas tour guide tentang stroberi dan kangkung? mereka lebih antusias waktu masuk sesi panen kangkung, soalnya bisa sekalian kotor-kotoran pake tanah, hahahah. Selesai urusan di kebun mini, anak-anak dapet hadiah berupa tunas stroberi dalam pot dan kangkung yang tadi udah dipetik, Diambil pas mau pulang nanti, biar ga repot bawa2nya, saya juga ogah lah kalo disuruh bantuin bawa.

Habis panen kangkung,, anak2 digiring ke kolam dangkal buat main tangkap ikan.


ketemu air anak2 mah lebih seneng  gedebukan sendiri daripada nangkep ikan :D


dan ibu-ibunya pun teteuuup minta difoto 


 Nungguin anak main2 gini capek yaaa. Kalo ga ada sesi basah-basahan saya males sebetulnya buat ikut. Tapi kan kalo ga ikut ga bisa posting cerita di blog *halah *kaya ada yang mau baca aja
Lagian kalo basah-basahan itu bocah belum bisa ngatur barang2 bawaan, Hmm kudu ditraining ni bocah. Aaaanyway,,, nunggu anak2 itu kan mboseni yaaah. Harusnya siih *IMHO* wali murid dikasi kegiatan lain, beberes saung misalnya, wkekekek. atau disuruh ngerujak buat 100 porsi. intinya mah biar si wali murid ini kenal lbh dekat, ga main gadget mlulu *self-tampol

Okeeesipp,, habis main tangkap ikan saatnya anak-anak berenang, ganti kostum dulu dari stelan olahraga jadi baju renang. Stelan baju olga yang basah tadi diapain? masa langsung lipet-gulung-masuk tas? yo mambu dooong. makanya saya jemur aja nih di sebelah musola, tapi ngajak  my fellow mamah rempong biar kalo malu juga malunya barengan :D


muka tembok jemur seenaknya yang penting baju kering dan ga bikin bau tas.
akhirnya emang 90% kering karena cuaca lagi puanasss

Anak-anak berenang, ibu2 menyempatkan diri buat solat dan makan. atau bisa juga sih ikutan renan. BTW waterparknya kurang menantang, kaya gini niih:


kecil tapi relatif aman karena kata Azki ga ada kolam yang dalam.
 Saya ngga nyempetin turun ke area waterpark. karena kepengen
leyeh2 di saung

Satu hal yang saya rada kepikiran, kenapa mentang2 lagi field trip, anak2 ga digiring pak/bu guru buat solat berjamaah ya? kan bisa praktik solat jama' qasar. Yang terjadi adalah anak2 solat ya kalo diingetin ortunya, sukur2 ada yg sadar sendiri. Kalo eike ngemeng offline kira2 bakal didenger ga ya?

Habis Azki  renang saya ga bisa mengulang kesuksesan menjemur baju basah, karenaaa rempong sama ini itu, lalu lanjut perjalanan ke area flying fox. Berhubung ini adalah permainan yang rada2 menguras adrenalin, udah pasti si Azki ga bakal  mau ikut dan lebih milih main di playground. Halah yo weeess,,saya jadi irit tiket FF. Oya sebelum lupa: Kalo ga salah nebak, sekolahan Azki ngambil paket Agropark and Mom deh kayanya. Agropark and Mom dengan Flying fox yang kudu bayar terpisah. kemarin sih saya bayar 30 ribu yaa.. Lhoh katanya Azki ga ikut? trus itu mbayarin siapa? Mbayarin emaknya Azki laaah :D



Kecentilan banget kaaan pengen ikut-ikutan numpak flying fox. Daaan untuk memotong antrian saya rikuest untuk tandem aja bareng satu anak yang ada di barisan depan, mwehehehee. Kudu curang dikit soalnya yang ngantri puanjaaang dan orang dewasa dapet giliran paling belakang kecuali kalo mau tandem.

Urusan Flying fox ini kelar jam 3-an. Saya udah lemeees pengen cepet2 tidur di bis.Untungnya lokasi peluncuran Flying Fox ini deket banget dengan pintu keluar. Kalo ga ikutan nggandulin flying fox pasti lebih enak lagi, tinggal naik tangga sekali-dua kali udah ketemu exit gate. Nah kalo saya?? kudu naik tangga berkali-kali yang tinggi risernya ada kali tuh 20 cm. Nggilaniiik.. -_-

Sekitar jam 3.30 pm saya udah masuk bis, siap-siap pulang, nungguin Azki yang entah di manaaa ini. Tau2 dia nongol bawa kangkung, pot berisi daun stroberi, dan IKAN! hahahhaaa ternyata walopun cuma dapet capek pas acara tangkap ikan, setiap anak berhak dapat seekor ikan. riweuuuh banget ya orang-orang ini pas mau pulang. Tapi saya ga sempet lah jadi pengamat sosial,, udah keburu pengen merem.

Perjalanan pulang ini macet sekaligus mendebarkan, gara2 supir bisnya duduls beneeer kalo nyetir.
Macetnya di jalan raya Sukabumi arah gerbang tol Ciawi. Saking macetnya,, butuh dua jam sejak bis kluar dari parkiran Happyland, udah termasuk mampir ke toko oleh-oleh dan nungguin oknum ibu2 makan bakso. Whaaat?? yeah,, bakso. Kaya di Tangerang ga ada bakso. Selain nungguin orang makan bakso, perjalanan juga tersendat gegara si supir sempat nyrempet ABG yang lagi nyetir motor. Istighfar kenceng-kenceng lah pokoknya. Di tol Jagorawi si supir nyariiiis nabrak sebuah MPV. Sumpah deg-degan banget, mana cuaca lagi hujan, gelap,, ini si supir sok-sokan nyetir ala Fast and Furious ginih.

Akhirnyaaa jam 7 malem bis sampe juga di kompleksnya sekolahan. My body was sooo remek and bonyok. Mau langsung tidur tapi belum makan-mandi. Sampe rumah juga pasti kudu unload barang2 dari ransel, dan naruh ikan ke ember, dan lain-lainnya. Hiiihh ,, urusan field trip ini bahagianya berakhir hanya saat saya turun dari bis XD.

Untungnya niiiih saya berangkat berdua aja sama Azki. Hiro dibawa ayahnya. Ga tau deh gimana bapaknya nge-handle anaknya,, dan saya juga ga mau tau biar ga stress, mwahahhaa. Karena tau sendiri,, teknik pengasuhan bapak itu kaaan.. yaaah begitulah, apalagi kalo bapaknya ga pernah ikutan seminar parenting, mwahahahhaa.

Tahun depan saya mau suruh ayahnya aja lah buat nemenin Azki field trip. Capeeek :D




Wednesday, September 9, 2015

Merintis Jalan Menjadi Supir AKAP


Akhirnya saya melaksanakan satu dari resolusi 2015: belajar stir mobil,  karena selama bertahun2 sudah semacam omdo.

Ternyata orang kalo udah kepepet emang jadi kenceng yah niatnya. Saya merasa kepepetnya sejak lebaran kemaren. Lalu saat harus bebelian groceries. Lalu saat mboncengin anak di motor dan anaknya malah tidur. Dan masih ada beberapa hal lagi.

Akhirnya saya daftar aja tuh di tempat kursus deket sekolahan anak-anak.Biar efisien, sekali berangkat  tujuan terselesaikan: Nganter sekolah, belanja sayur, belajar nyetir, lalu jemput hiro dan pulang.

Tiga hari pertama lancar, jam 8 pagi udah mulai kelasnya, selesai jam 9. Cuma 1 jam, dan karena di Jakarta Barat, satu jam dapet ke mana ajaaaa,,, *yanaseeeeb, baru belajar udah kena macet di sana sini*. Betis langsung six pack. Di hari ke-2 dan ke-4 saya bawa Hiro sekalian karena dia libur sekolah.

Hari ke-4 mulai error, instrukturnya ganti,dan sesi belajar jadi lebih horor. Akhirnya di hari ke-5 saya minta libur sekalian minta ganti instruktur.

Hari ke-5 saya mulai lagi dengan instruktur ke-3 tapi kudu ikhlas mulai jam 1 siang. Tapi ga masalah juga karena habis belajar bisa langsung jemput Azki. Instruktur yang ke-3 ini lebih baik cara penyampaian materinya tapi rada ga terstruktur . Saya nanya rute,  eeh dia malah bilang, terserah mbaknya aja mau ke mana, saya bantu saja. Woooo saya maunya ke Solo tuh mas, heheuuu.  Mencurigakan,, sepertinya dia kurang training. Tapi cara ngajarnya enakeun, mirip dengan instruktur pertama. Oh yaa dan karena ini mulainya jam 1, otomatis berbarengan dengan jam bubaran anak sekolahan, dan si instruktur bikin rute yang cencunyah ngelewatin sekolah2 itu. Pinter.

Lho jadi ini belajarnya tiap hari? Yes, Senin sampai Jumat, selama 10 hari (sengaja ambil paket 10 hari, paket dengan durasi terpanjang, anggep aja ga pernah belajar sama sekali). Instrukturnya kayanya juga kaget,, se-bloon apaaa ini ibu ngambil paket 10 hari, mweeheheh. Yagimana lagi,, orang dengan kecerdasan spasial yang rendah emang gini nasibnya :D

Review saya soal kursus mobil ini:
Sayang sekali pihak penyelenggara kursus ga ngasi kuesioner setelah masa kursus berakhir. Maksud saya kan hasilnya bisa dijadiin feedback ya,, biar makin okeh ke depannya.

Ketidaknyamanan lain adalah terjadi saat pergantian instruktur tapi saya ga dikasi tau. Menurut saya satu siswa yang dipegang satu instruktur akan memudahkan assesment. Kalaupun terjadi pergantian instruktur, sebaiknya ada catatan progres kemampuan siswa yang diberikan ke instruktur pengganti.
Setelah sharing pengalaman dengan seorang teman yang pernah ngambil kelas stir di tempat yang sama tapi di cabang yang berbeda, saya jadi tau kalau SOP yang diterapkan ke kami berdua ga mirip-mirip amat.  Cediiih...

Aaaanyway,, saya jadi ngerti sih gimana caranya agar mesin mobil ga mati saat kopling dilepas, apalagi kalo kudu belok setelah masuk gigi satu. Dan itu berkat petuah instruktur kedua, hyehehee. Penyakit saya kan emang  gitu,, kaki ga bisa sinkron antara lepas kopling dengan injak gas XD


Lalu,, apakah setelah kelar les saya langsung pegang stir mobil di rumah? Enggaaaaak,, kalo maksudnya itu untuk jalan2 sesuai rute jaman les. Yang ada malah disuruh muterin kompleks sebelah dulu,,  dan kalo bisa sambil touch up bedak. Kalo udah jago di situ mungkin bakal dilepas ke jalan gede XD

Trus kapan ujian SIM A? hadeuuuuh baca cerita orang2 soal ujian praktiknya kok jadi syerem yaaak.. Tarif resmi 100ribuan tapi resikonya ngulang berkali-kali. Tarif via calo kalo ga salah 800ribu tapi gak pake ujian. Kayanya saya ambil yang resmi ajah tapi ga tau kapan. Selisihnya tuh lhooo,, bisa buat beli skin care XD

Kira-kira apa ya tipsnya biar lulus ujian SIM A? apa kudu niru aksinya Maggie Grace, ikut kejar-kejaran pake mobil di Istanbul gituh? Jadi semacam scene film Taken 3 ngono lho,, kan hil yang mustahal, ngakunya  ga lancar nyetir tapi lolos dari kejaran mafia, trus pulang kampung ujug2 lolos ujian SIM. *ditoyor suami* *film dipikirin* Lalu apakah nasib saya mengejar SIM A akan serupa dengan Spongebob yang kayanya sampe sekarang ga lulus ujian juga? padahal itu sejak saya kuliah lho, yaampuun SpongeBob... 10 tahun ujian SIM kok ga kelar kelar.


I'm Baaaack


Fyuuuuuh akhirnya sempat ngeblog juga.  Udah sebulan ga buka blog, syibuk ini itu, terutama sekarang saya dapat jabatan baru: ART in charge. Yooeh,,, si mbak ART harian itu habis lebaran resign tanpa kabar. Muntaber, alias mundur tanpa berita. Ditungguin sampe 2 minggu, sampe tangan mulai menampakkan tanda2 bisulan akibat sering nyuci baju,, akhirnya saya anggap dia udah ga pengen kerja lagi. Ada beberapa spekulasi *maaaaak bahasanya, spekulasi”* mengenai kepergian si mbak: satu, anaknya mulai masuk SD, kayanya butuh perhatian ekstra. Dua, dia mbantuin kakak iparnya beberes rumah,nyuci-nyetrika juga. Tiga, saya ngasi gaji ga gede2 amat kalo dibandingkan dengan tetangga. Yang terakhir itu saya emang sengaja karena kinerjanya juga ga bagus2 amat.

Akhirnyaaa daripada sutris,, saya beli aja mesin cuci baru. Note: Bukan wong sogeh,,,karena kalo dikalkulasi harga mesinnya juga lebih murah drpd nggaji ART 10 bulan, dan insya Allah bakal awet lima tahun ke depan. Syukur2 bisa 10 tahun, hehehhe. Oke, masalah londrian sedikit beres ya. Yang bikin sutris adalah urusan persapuan dan perngepelan. Musim kemarau yang menggila ini bikin debu cepet banget ngumpul di rumah. Otomatis saya jadi lebih sering bersin. Ngeseliiiin!! Kalo ga bersin, ya rasa badan greges2 ga jelas gitu. Masa mau nenggak parset mulu,,, ntar dikata kaga RUM. 

Walhasil nyapu sehari bisa 3x sehari. Ngepel setiap hari, padahal biasanya 3 hari sekali, huihihihi.
Semua kerjaan di-handle nyaris sendirian, termasuk masak. Ini bener2  butuh skill menejerial level advanced yah sodara2..Kalo kata mama saya: bangun paginya dicepetin biar semua kerjaan beres
.
Yaaaah susah sekaleee ladies and gentlemen,, saya kan bukan morning person. Kalopun iya bangun cepet,, godaan terbesarnya adalah mbukak HP, manfaatin jatah kuota 8 GB yang cuma bisa dipake 00.00-12.00 XD

Etadi ada statement “di-handle nyaris sendirian”. Emang ada yang ngga? Ada doong,, lha itu bebersih halaman dan WC kan jobdesc-nya suami. Emang ga banyak,, tapi mosok yo arep takprotes. Kan dia udah cari duit buat beliin eskatu mesin cuci. Masa udah cari duit tapi masih saya komplen, kasian tauk. Apalagi kalo komplennya diumbar ke ibu2 lain. Kasian yang denger juga, xixixixix

Akibat tambah kerjaan ini, saya dengan kesadaran penuh men-deaktivasi akun FB.  Jadi sekarang yang nyala tuh Twitter. Dan Instagram, mwhahahahahhaha. Hilang FB tapi diganti IG. Kan sama aja ngabisin waktu dan bandwidth.  Bedanya,, di IG dan twitter saya kan bisa milih mana yang layak di-stalk. Kalo di FB,, saya tuh udah anfolo orang2 yang rempong sotoy soal politik-ekonomi. Tapi apesnya,,, adaaa aja orang yang masih saya follow, nge-share dan nge-like berita2  penghasut.  Kan tetep aja muncul di newsfeed. Hiiih. Yawes taktutup sisan Fbnya. Ya Allah, cukupkanlah aku hanya dengan Twitter dan IG. Wkekekeke doa yang aneh XD

Ya Allah please keep me sane.

Aamiin

Saturday, August 1, 2015

Akhirnyaaa,,, Disekolahin Jugaaa

Jadiii setelah menggalau beberapa bulan,, *eh ga ketahuan kan yaa kalo kemaren2 tuh lagi menggalau? :D *

Akhirnya saya memutuskan untuk masukin Hiro ke Playgroup, dengan beberapa pertimbangan. Awalnya kan daftar doang tuh tapi nunda-nunda mlulu bayar uang pangkalnya, sampe akhirnya pas sebelum mudik itu saya ditelepon sekolah kalau anak PG masuk tanggal 29 Juli. Wooow.... mejik kaliii,, blom bayar uang pangkal tapi udah resmi jadi murid PG. Tanggal 28 Juli saya ke sekolahan, malah udah disiapin seragam sekolahnya.

abis deh sayaaa, dibully bapake Hiro karena ngirim bocah piyik ke PG
#akurapopo #wesbiyasadibully

jadi kaya apa penampakan si Hore Hiro pake seragam?

trial seragam sampe dipake buat piyama


Trus gimana hari pertamanya?
Hari pertama (29 Juli) itu cuma sambutan di mesjid sekolahan. Ini bocah reweeeel aaja nyariin abang tukang mainan.

Hari kedua mulai masuk kelas, perkenalan sama guru. Muridnya 9 tapi gurunya ada 4. ini mau ngapaiiin,, intervyu Buk? hahahahaha. yah gapapa yang penting SPPnya murceuu *efek milih sekolah di Jakarta Barat mepet Tangerang, jadinya citarasa Jakarta tapi harga Tangerang, syedaaap. Okesip, hari pertama saya serah terima si Hiro aja ke gurunya. Dadah-dadah bentar trus saya tinggal, mau ngojek ke tempat lain juga soalnya.

ga taunyaaa,, selama jam belajar, eh bermain di kelas PG-nya, ini bocah menyusup ke lantai 2 ke kelas kakaknya, langsung diajak foto2 sama guru kelas 2. Puas dia foto-foto dan bergaya :D


Sang Penyusup Berbaju Merah

daaaan kelakuan ajaib lainnya adalah.,,, pagi hari setelah saya tinggal termyata ini bocah mewek ga mau masuk kelas karena nyari..... ABANG TUKANG MAINAN. LAGI. Aduuuuuh man of the day banget sih si abang. akhirnya satu bu guru merelakan duit duaribuan-nya buat nraktir Hiro mainan.
Pesan moral: si abang jualannya pas hari minggu aja bisa gak? :D

Memasukkan Hiro ke PG sebetulnya bukan pelarian karena pengen me-time sih. Etapi iya juga sih. Hahahahaha labil, udah kepala 3 masih labil. yah intinya pengen Hiro lebih gaul dari yang sekarang lah. Kalo dibilang "mengalihkan tanggung jawab" ya nggak juga, wong PG cuma 90 menit per hari, dan masuknya cuma 3x seminggu. Masih besar porsi sama saya laah.

Yang jadi tantangan adalah... kelas PG ini masuknya jam 8. Kelas SD masuknya jam 7. dengan durasi tempuh selama 15 menit agak nanggung kalo nganternya nyicil (nganter Azki dulu lalu pulang ngambil Hiro). Kemarin Kamis sih Hiro kebetulan bisa bangun jam 6 dan Azki ga cranky. Dia main air, saya nyiapin bekal. Jadi sekali ngegas dua bocah terantarkan. Naah,, jam pulangnya juga selang sebentar nih kemaren.. PG pulang jam 10, SD jam 11. Jadi yang saya lakukan adalah,, dateng jam 10.20 :D Kebetulan saya habis belanja buat konveksi dan groceries juga sih,, jadi lumayan ngisi waktu, ga harus pulang ke rumah.

Yakin deeeeh setahun ke depan pagi-pagi ga akan damai lagi :D

well,, semoga tetep seneng ya Hiroo main di kelas PG :)



Sunday, July 26, 2015

Don't Stop Dreaming


ciyeeeh sok bijak,, padahal mah cuma mau ngomong,,,, 

sukses nonton bioskop setelah gantung tiket sedjak pertengahan tahun 2011.

mwahahahahhaa


jadi buat yang merasa "aduuuuh udah 3.5 tahun nih ga nonton di bioskop".. tenang... siapa tau kesempatanmu akan datang dalam 6 bulan. 

Azki-Hiro sangaaaaat kooperatif di rumah eyang utinya. Mereka ga keberatan ditinggal mbok'e pakne ngacir ke bioskop. dengan sedikit bujuk rayu ke tante-nya anak-anak, saya kabur deeh ke XXI. Eh ini bacanya gimana yak? eks eks wan atau eks eks i ? kalo eks eks wan kan harusnya XX 1. masa twenti wan? kan tulisannya bukan 21. Hiyyyaaaaa dibahas pulak

jadiiiii saya nonton ANT-MAN. di hari lebaran. habis sungkeman sama mbah. segitu dahaganya saya sama bioskop,, :D Ant-man ini film superhero yang ada selera humornya.. mungkin karena akting michael pena. atau karena ada Thomas the Tank Engine ikutan casting. atau karena anaknya ant-man miara serangga raksasa. yah pokoknya lucu, tapi ga bisa dibikin spoilernya,, seperti saat suami saya bikin spoiler Surga Yang Tak Dirindukan (SYTD). 

Oh ya saya, gara2 suami nagging pengen nonton,, akhirnya nonton SYTD pas lebaran kemaren. Dan suksesss ketawa-tawa. Jadi saya heran,,kenapa mbak-mbak ibu-ibu penonton SYTD di twitter pada ngasi testimoni "nangis, mewek, and so on". Mungkin karena saya gak punya perasaan :D


BONUS.

Spoiler Surga Yg Tak Dirindukan
Fedi Nuril (Prasetya) seorang Arsitek di Universitas yg ada di Jogya, bertemu dgn Laudya Cyntia Bella aka Citra Arini (dinamakan begini krn dia pk lotion Citra, bayangkan klo dia pk lotion bengkuang, namanya jd Bengkuang Arini, hehehe maaf Bella)
Singkat cerita mereka menikah, anaknya langsung berulang tahun di usia 5 tahun. Dalam Selang 5 tahun tsb Fedi Nuril sdh memiliki Mobil all new CRV terbaru, All new Jazz terbaru, rumah 2 lantai dan sebuah perusahaan biro arsitek. (Gile...hebat banget nih orang baru 5 tahun bs punya ini semua, what a perfect guy, bahkan ridwal kamil aja mesti S2 di Berkeley). Anehnya lagi,, dalam waktu 5 tahun Fedi Nuril ga tambah buncit layaknya suami2 lain *suami gue aja kaliiik yang begituuu, huhuhuuhu
Dalam perjalanan menuju proyek, Fedi Nuril menyelamatkan seorang wanita (Raline Shah) yg kecelakaan. Ternyata eh Ternyata Raline Shah dlm kondisi Hamil, jd ketika di selamatkan dan di Bawa ke RS, Fedi Nuril dikira suaminya. Krn kondisi kecelakaan mobil dan Hamil, dokter harus operasi sesar utk menyelamatkan bayinya. Selesai sesar, tiba2 Raline Shah sdh di Atas gedung utk bunuh diri (stau ane sih abis sesar gak bs gerak, boro2 naik naek tangga sampe atas gedung Lt.3, buat miringin badan aja gak bs).
Raline Shah mau lompat utk Bunuh diri krn putus Asa, tapi Fedi Nuril berhasil menyelamatkannya dan berjanji akan menikahinya (nah...ini titik lemah cowok terhadap wanita, titik itu bernama 'kasihan' and 'want to be a hero' apalagi yg di selamatkan secantik Raline Shah, uhuyyyy)
Akhirnya Fedi Nuril jadi Poligami krn terpaksa utk menyelamatkan Raline Shah. Tiba-Tiba...ketahuan deh sm Bella.
Tapi akhirnya mereka berdamai kok Fedi Nuril, Raline Shah dan Claudya Sintia Bella hidup Akur (uhuyyyy). Tapi Raline Shah Mengalah, dia pergi krn tdk mau merusak kebahagiaan Fedi Nuril dan Bella (dan Buibu yg sbg istri pertama bersorak bahagia krn madunya ngalah dgn sendirinya.
Di sequel SYTD nanti Raline akan kembali ke Jogja untuk mengambil hapenya yang ditinggal di rumah Fedi... *heuuu kirain ngambil anaknyaaaa

Sekian, maafkan resensi dari suami saya yang minta dilempar All New CRV. 


Mudik Trip

Kaya ga pernah bosen yeee tiap pascalebaran postingnya pasti soal mudik trip. Hehehe..

tapi emang beda sih ya,, dari durasi perjalanan aja udah beda. Lebaran tahun ini saya 95% gak kena macet. Lima persen itu kena di tol antara Jelambar sampai Pancoran karena saya berangkat pas mayoritas orang Jabodetabek masih asyik kerja. Sebetulnya udah deg-degan aja bakal kena macet lagi, karena H-6 dan H-5 mantau liputan di tivi dan twitter kok rasanya macet di jalur mudik. Gimana kabarnya kalo mudik H-4. Ternyata lancarr. Jalur Brebes-Tegal aja macam ga ada orang *lebay.  Udah pede aja bakal sampe di Solo jam 10 malem. Faktanyaa.... sampai jam 2 pagi hari Selasa, huhuhuhuu.. macet di drivernya rupanyah.

Kalo pas arus balik, terpaksa deh kena macet di Semarang, Pekalongan, Tegal, dan Tol Cikampek. Oya pulangnya ga lewat Brebes karena DisHub membuka tol darurat (tol yang masih under construction) dari Brebes Timur sampe Pejagan. Jalannya masih berdebu banget,, begitu sampai di Pejagan semua mobil udah semacam Mendoan,, bedakan pake debu. Walopun jalanannya kaya gitu,, tapi lumayan motong durasi tempuh,, yang harusnya mbuh brapa jam kalo musim lebaran,, jadi cuma sekitar 40 menit,.cepet yak.. *trus taun depan orang2 pada punya mobil baru,, anggger weh macet jalan tol nya :D.

Karena kena macet, akhirnya saya sampai depan pintu rumah hari Jumat jam 5.30. (berangkat dari Solo Kamis jam 8.15). Untung banget masuk Bekasi sebelum jam kerja ya,,  jadi penderitaan macet cukup sampai di Cikampek.

Melihat fakta bahwa driver (yaaaa suami sih nama lengkapnya) rada gak bisa ngalah sama ngantuk,, saya jadi punya cita2 bisa nyetir untuk rute mudik. Tapi setelah dipikir lagi.. ngga deh. Job desc saya udah numpuk, mulai dari perkara packing sampai mengubah kabin mobil jadi tempat kempingnya anak-anak. Mikir bawa makanan apaan yang jumlahnya ga kurang tapi juga ga berlebihan. Belum lagi urusan meng-orjenais (organize) barang bawaan biar gampang diraih selama perjalanan. Taulah perempuan,, ribet,, karena "todas las mujeres son iguales,, ellas son malditas de organizar".

Udah ribet gitu masih kepengen nyetir? hahahaha.. nunggu anak2 bisa packing sendiri  deh, itu juga kalo timingnya pas,, pas dengan "ability to drive" , hyeheheh. Lagian saya duduk di kursi penumpang juga gak nganggur. Mata kudu mlotot ngliatin signage dishub. Trus kalo suami minta minum atau cemilan saya kudu nyariin dan ngasih biar suami bisa ngunyah sambil nyetir. Trus kalo ada telpon di hape suami saya juga yang ngangkat. Naah masih merasa kurang capek? :D

Urusan bekal makanan saya bikin simpel banget. Pas berangkat masih nyempetin masak bestik bola ayam, siomay, dan nutrijel. itu semua dibikin H-2, jadi H-1 saya beneran cuma packing dan beberes rumah. Pas balik dari Solo udah tepar,, ga sanggup bikin. Terpaksa beli soto, ayam goreng, dan roti orion. Ternyata sangat mudah kalo semua anggota keluarga bisa makan menu yang sama, dan menunya bisa di-rewind di jam makan berikutnya :D  Paling cuapek kalo punya anak yg belom bisa makan table food. Atau ada oknum yang ga bisa makan menu rewind. Hoaaah siap2 aja mampir di restoran pringsakyuto, yang mana harga satu menunya bisa jadi 3 menu kalo masak di rumah. *saya emang kebangetan kalo ngirit.

Kalo makan bekel gitu gimana alat makannya? saya pake mangkok plastik bekas casing es krim yang 400-an ml itu. sebetulnya berniat pake mangkok styro dan sendok plastik biar langsung buang *ngirit tapi ngotori lingkungan* tapi lupa belinya. Terpaksa spare time buat bilas2 dikit,,air sabunnya pake samponya Hiro :D

Untung ya durasi perginya cuma berkisar 20 jam, kalo lebih dari 24 jam pasti terpaksa mampir makan di pringsakmilyar.

Anyway,, jalur mudik yang gak macet ini sukses membuat penghematan di uang bensin. Seingat saya tahun lalu pas kena macet yang menggila itu uang bensin habis hampir sakjuta padahal pake premium. Tahun ini pake pertamax tapi habis gak lebih dari 500 ribu, dengan jarak tempuh 578 km (diukur pake Google Maps).

Ini pasti kerjaan JOKOWI. *ditapukjonru
hahahah :D



Saturday, July 25, 2015


Happy Eid Mubarak 1436 H


Taqobalallahu Minna Wa Minkum

salud por todos desde Kauman, Solo :)


akhir kata..

aaah untung saya bikin salahnya banyakan di tangerang,, jadi ga bahlul-bahlul amat

Tuesday, June 30, 2015

Weekend Getaway: cek in ke Rumah Sakit



Enam bulan setelah cek in di RS gara-gara demam tifoid,,, saya cek in lagi di RS. Di IGD-nya sih tepatnya. Alhamdulillah cuma 1.5 jam trus bisa pulang. Kenapa bisa cek in lagiiih? sayang kaaan duitnya disedekahin ke RS mlulu.

Jadi kemarin Minggu tuh saya kena sesak napas. Paginya mbatalin puasa demi bisa minum salbutamol yang udah default ada di kotak obat. jadiiii pemicu serangan asma yg kemarin Minggu itu adalah hasil repacking karung yang berisi baju seragam.

Jumat malam, suami datang bawa karung isi baju seragam sekolahan yg walopun udah dibikin tapi si pemesan ga mau nerima. itu umur si baju udah ada 2 tahun dipendem di karung dan  karena satu hal  itu baju2 mau dihitung ulang dan di-repacking. Sejak mulai megang karungnya, saya udah bersin. Bersiiiin aja sampe urusan kelar dan udah mau tidur. Masuk hari Sabtu, hidung ngocor nyaris ga brenti. ngeseliiiin banget rasanya. udah gitu idung mulai tersumbat. Saya oles2 aja EO peppermint di tulang dada lalu kerah kaos saya naikin sampe batang hidung. jadi uap si EO bisa saya hirup tapi mata ga ikutan pedih. Yaaah enakan deh buat sementara waktu.

Yang ga diduga adalaaaah,,, minggu pas sahur saya mulai susah napas. Napasnya udah pendek2 gitu dan rasanya pengen nabok seseorang kalo diajak bicara. Udah ga bisa lagi ditolong pake EO. Jam 9-an saya buka puasa pake salbutamol. Lumayan, manjangin napas. kebetulan hari minggu itu suami mau ke BSD ketemu calon buyer. Naaah biar ga bete di rumah,saya ikut deeeh ke BSD, skalian juga mampir ke rumah temen suami, pasutri Pak Eko-Bu Nita, ga jauh dari lokasi ketemu calon buyer tadi.

Lagi asik2nya nemenin bocah2 main,, saya mulai susah napas lagi, akhirnya nenggak salbutamol yang ke-3. Yang ke-3 ini gak sukses. Napas udah pendek-pendek, pengen cepet pulang. Walhasil ga pulang, tapi sama suami pergi ke IGD Eka Hospital. Anak2 ga ada yg mau ikut *yaeyyalaaaah,,* dan saya kasih BIG THANKS buat Eko-Nita udah mau jagain anak-anak.. Tamu gak sopan,, dateng2 nitipin anak, pas balik dr RS juga minta makan :D

Di Ekahos diapain aja? dobel tritmen,,, diuap pake nebu dan dipasang selang oksigen, masing2 dua ronde. pasang selang oksigen dulu 15 menitan,, trus diganti nebu 15 menitan juga, dan diulang lagi dari pertama karena pascanebu yang pertama masih ada suara bising dari dalem pas diperiksa si dokter.

sempat-sempatnya minta difoto. biar kliatan beneran, posenya juga harus sesuai situasi-kondisi

Ini serangan asma saya yang parah. Sembilan tahun lalu, kira2 bulan Juni juga, saya juga kena serangan asma dan sampe masuk UGD-nya Borromeus di Bandung. Cuman waktu itu bukan karena debu. Kalo ga salah karena esmosi banget habis ngurusi berkas2 materi TA (tugas akhir). Makanya dulu sempat bingung pas di Borro ditanya,, alergi apa? masa dijawab, "alergi TA dok". kan gak ilmiah  banget :D nah kalo sekarang kan alesannya bisa diterima, alergi debu.


meanwhiiile... gimana anak-anak? ternyata kata Nita anak-anak anteeng,, ngga ada yang nanyain ayah-ibunya ke mana. Jelas ngga nanyain laaah, kan udah bilang sebelum cuss ke RS. Anak-anak malah asik banget main sama Reyna, anaknya Nita. mereka bersatu padu mberantakin rumah.

Sekarang Reyna udah jauh lebih supel yaaa,, bbrp tahun lalu saya ke sini Reyna-nya masih malu-malu main, hihihi.

azkihiro ga inget ayah-ibu

Pulang dari RS pas udah lewat magrib, mau jemput anak-anak trus pulang. Eeeeeh rejeki istri solekah emang ga kemana... sampe rumah Nita saya disuruh makan dulu. Makan sup jamur yang harusnya enak banget tapi saya ga bisa ngrasain apa2 karena idung masih kena efek pilek. huhuhu.. Yang disebelin dari pilek tuh gini ya,,, indera penciuman jadi ga responsif, makan-masak pun jadi males.

Alhamdulillah saya cuma rawat jalan. dan Alhamdulillah ibu saya ga tau. kasian udah banyak pikiran. Ngasi taunya ntar aja pas ketemu di Solo.


daaan seperti biasa di WA ada kuncen jogja yang kepo sama tagihan RS-nya. Halah dia mah kepo dan kalo sudah tau pasti ngetawain jumlah tagihannya :D

Asma sanah pergi, jangan dateng2 lagi!