Sunday, February 1, 2009

Nyoba Jadi Koki

Di suatu pagi yang gerimis, aku membulatkan tekad untuk belanja (hahaha...serius amat yak). Ini belanjanya bukan cuma bayam atau kangkung, tapi juga daging. Wah padahal aku kan geuleuh yah pegang2 jasad binatang yang belum dimasak, maunya makan thok. Tapi karena aku merasa sedang membutuhkan tambahan zat besi dan sebagainya, aku nekat2in aja beli daging. Emangnya mau masak apa sih, kok kaya ga pernah belanja aja.

Minggu pagi gerimis gini, mana suami lagi kondangan ke luar kota, enaknya emang masak, karena ga da saingan makan, hihi..Aku mau masak segala macam tumisan yang menggunakan daging sapi. Bisa dicampur sayuran kukus, misalnya brokoli, buncis, dan wortel. Simpel laah, dan terlebih lagi aku single fighter menghadapi makanan ini di meja makan, karena satu rumah ga doyan daging sapi, hahaha...(dengan gaya pahlawan bertopeng). Hooh, mertuaku kan makanannya sayur dan ikan. Untung bukan vegan ya...

Bagi yang ga bisa masak seperti aku, resep tumisan benar2 sangat berjasa menenangkan gemuruh perut. Begini resepnya:

Daging sapi diiris tipis
Wortel diiris memanjang
Brokoli diiris per kuntum
Paprika diiris panjang tipis
Bawang bombay diiris tipis, ngga dicacah
Jahe kira2 3 cm (ga usah bawa penggaris sih) digeprak
garam, gula, saus tiram
Minyak goreng atau mentega (aku pake mentega biar gurih)

Caranya?
Wortel, buncis, brokoli dikukus. Knapa? Agar vitaminnya ga ilang banyak, apalagi kalo direbus dalam kuah melimpah.
Meanwhile,,bawang dan jahe ditumis sampe wangi, lalu masukkan daging dan paprikanya. Paprika duluan ditumis juga boleh. Sebelum feelingmu mengatakan “Oke, angkat”, masukkan dulu sayur kukusan tadi ke tumisan. Setelah diaduk2 dengan garam, gula dan saus tiram, angkat dan sajikan. Disantap sendirian lebih enak (hehe..pelit). Jangan lupa, minum air hangat ya, agar enzim pencernaanmu bekerja sempurna.

Rasanya? Not bad for beginner..tapi keasinan euy. Maklum, pake ilmu kira-kira sih, kaya tukang jamu palsu gitu deh. Besok lagi masak tumis apa lagi yaa..?

Okeh, tunggu resep berikutnya ya di Mendadak Koki :)

No comments: