Wednesday, February 4, 2009

Nge-List Persiapan MPASI

Wah..22 hari lagi euy menuju MP ASI. Heboh amat ya ibunya Azki ini. Yaah.. namanya juga anak pertama. Masih minim pengalaman. Trus tadi iseng-iseng bikin list keperluan menyambut hari pertama MP ASI. Ini nih hasilnya:

1. Mangkuk makan. Dapet dikasi. Sekarang kan lagi gembar-gembor tuh, plastik aman. Nah, daripada bingung dan dapetnya malah mahal, beli aja mangkuk melamin. Beres.

2. Sendok makan, bagusnya sih dari karet biar ga sakit kena gusi. Tapi sudah cukup lah yang dipunya sekarang.

3. Training cup. Aku beliin yang Pigeon Mag-Mag. Ada 4 step cara minum. Dengan begini Azki jadi ga kenal ama dot.

4. Bibs a.k.a slaber Pilih yang dua lapis, lapis depan dari kain, lapis belakang dari bahan plastik. Ini biar tumpahannya ga tembus ke baju. Oya, jangan beli bibs yang gambarnya centil/lucu, karena pasti akan kotor juga kena tumpahan/lepehan makanan.

5. Sikat gigi-gusi-lidah untuk bayi. Ini bentuknya bukan dipegang tapi dimasukkan ke jari telunjuk. Materialnya persis nipple dot.

6. Cetakan es batu buat bikin kaldu beku. Ini biar selalu punya stok kaldu tapi dalam volume yang terukur.

7. Cetakan atau storage lain untuk tempat membekukan makanan bayi. FYI, boleh lho makanan bayi dibekukan, tapi harus ikut aturan mainnya, jangan asal membekukan.

8. Dandang buat mengukus sayuran. Biasanya ini mah ready stock ya di dapur. Aku pake magic jar yang ada rak kukusnya. Lumayan, ga perlu beli lagi 

9. Blender atau saringan kawat, untuk menghaluskan nasi tim.

10. Panci masak kecil bertutup dan sutilnya. Kata yang berpengalaman (Utinya Azki) panci dan sutil masak buat bayi musti dipisahin. Jangan dicampur bareng panci masak opor, gule, rendang, dsb.

11. Lunch box. In case kalo bepergian ke dokter atau ke mall, atau ke manalah, trus nge-skip jadwal makan.

12. Bahan tepung beras pecah kulit (which is very nutritious)/tepung beras merah/tepung kacang ijo-kacang merah/tepung jagung/tepung ubi. Pilih aja mana yang disuka. Ini aku berencana pesan di Gasol Pertanian Organik.

13. Daftar resep masakan untuk bayi, biar ga bingung di dapur.

14. Biskuit bayi. Banyak rasa biskuit untuk bayi, tapi aku nyoba nyari yang tidak manis. Ada kok, tapi ga pernah keluar di iklan. Kenapa aku pilih yang ini? Katanya ibu-ibu di milis (kena virus milis nih), itu biar anaknya doyan sayur. Iya gitu? Belum dicoba sih..tapi sebetulnya aku berniat mengurangi paparan gula ke Azki, kecuali gula buah. Disebutnya fruktosa ya? CMIIW yaa

15. Stok bubur instan, tapi ga dalam jumlah banyak, karena kalo banyak, pasti bakal malas masak, ya tho?
Dulu waktu masih nyetok sufor, aku naruhnya di lemari paling pojok dan ga keliatan kalo ga teliti nyarinya. Hmm..untuk bubur instan, gitu aja juga cara nyimpennya.

16. Teether. Nah ini barusan dibeli karena darurat. Karena belum cukup umur untuk makan, sementara nafsu menggigit sudah sedemikian besarnya, so Azki kubelikan teether aja. Ntar kalo dah cukup umur, teethernya dilepas.

17. Kalo ada rezeki lebih, bolehlah siapin high chair. Rezeki itu maksudnya, bisa beli atau ada yang ngasi, hihi..Azki digendong aja ya, atau duduk di kursi njot-njotannya.

Hmm...banyak ga sih daftar keperluannya? Atau jangan-jangan malah kurang? Tapi segitu dulu lah, perlunya.

No comments: