Wednesday, February 4, 2009

Pijat Bayi

Bagi bayi, sentuhan lebih dari sekedar kata-kata. Selama berabad-abad, para ibu di India membiasakan memijat bayinya dengan aturan tertentu sebagai perlambang cinta.

Dalam dunia kedokteran, pijat bayi terbukti effective untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Selain itu, pijat bagi bayi premature terbukti mempercepat kesiapannya utuk hidup secara normal seperti bayi yang usianya sebulan di atasnya tujuh hari setelah pemijatan pertamanya.

Pijat bayi dapat dilakukan kapan saja. Yang paling baik adalah 7 bulan per tama kehidupan bayi. Saat yang dianggap tepat untuk memijat bayi adalah pagi hari saat ibu dan bayi akaan memulai aktivitas, dan malam hari untuk membantu bayi tidur nyenyak. Durasi pemijatan 15 - 25 menit. Jangan melakukan pemijatan saat bayi baru selesai makan atau perkiraan saat laparnya. Lakukan saat bayi benar-benar terjaga.

Keuntungan pijat bayi:
Mengembangkan sistem imun bayi
Membantu bayi berlatih relaksasi
Mengatasi gangguan tidur
Mengurangi rasa cemas dan stres
Membantu menumbuhkan perasaan positif atas tubuhnya
Membantu menngurangi serangan kolik
Memperbaiki masalah pencernaan
Melancarkan buang air besar, dan membuat perut menjadi lega
Memperkuat ikatan batin dengan ibu

Bagaimana gerakan memijat bayi itu? Begini ilustrasinya:

Bayi terlentang

Oya, tangan dan kaki juga perlu dipijat. Caranya, pegang tangan atau kaki seperti menggenggam tongkat bisbol. Mulai dari atas, lalu kebalikannya. Ada juga yang bilang, gerakkan tangan kita sepert memilin. Jangan lupa tiap jari-jemarinya diremas dan ditarik pelan.

Bayi tengkurap
Letakkan telapak tangan kanan di punggung bayi (puncak jari tengah ada di puncak punggung). Lalu gerakkan sampai pantat bayi. Ganti2 dengan tangan kiri. Lalu gerakan berikutnya, buat gerakan melingkar dengan jari telunjuk kiri dan kanan, disebelah kiri-kanan tulang belakang bayi. Jadi arah gerakannya menyerupai gelombang longitudinal

(copied from Babycare Directory)

Lalu bagaimana dengan Azki? Azki mulai rutin dipijet 3 minggu terakhir ini. Setiap habis mandi sore. bagaimana kalo habis mandi sore ternyata lapar? ya minum dulu, pijet kemudian. yang dipijet cuma kaki dan tangan. tapi kalo Azkinya malah ngglundung, ya wis punggungnya dielus2 aja, lalu cepet-cepet dibalik. Takut gosong, ehh gumoh..

Hasil pemijatan kayanya tidak menampakkan bukti-bukti yang signifikan nih. Nafsu menyusunya biasa aja, tiap 2 jam sekali kalo siang. Nafsu mainnya makin besar. Nafsu tidurnya jadi berkurang, tapi masih bisa dikategorikan ‘tidak rewel’.

Hmm..jadi hasil penelitian bahwa pijat bayi bisa meningkatkan nafsu makan kurang terbukti pada Azki. Tapi emang Azki pengertian sih, ga mau terlalu ndut, takut ibunya ga kuat gendong, hehe..

6 comments:

Marta Dewa said...

Ly... gw ud mijit si Alfis sedari dia umur sebulan...
Mangkanya dia kalo nyusu kayak orang habis lari kali ya???

Tapi kalo siang dia tuh malah lebih sering mainnya drpada tidur tuhhh...pegimana itu yak?

mommy azki said...

Dah nambah umur Wi..maunya maen. Sama lah ama Azki pas umur segitu. Kitanya jadi kewalahan.

okta_oki said...

kalo pijat ibunya bayi gimana lel....aku juga mau lho dipijat :P

mommy azki said...

Suruh aja bayinya ganti yang mijitin, gampang toh..

Maliki Taher said...

mommy azki,aku juga mau dipijat dong.setelah azki,giliran ayahnya yak.asik....asik...asik...

mommy azki said...

Ayah Azki..kalo mommy azki mijitin ayah Azki, ntar pak sutoyo kehilangan pelanggan...