Saturday, October 3, 2009

Rekam Jejak Kuliner

Basically aku tuh suka masak. tapi lebih suka lagi makan, halahh
Serius nih, aku suka masak. lebih tepatnya, tertarik pada kegiatan memasak.
Cuman masalahnya, masaknya ga mau yang ribet.

Uji nyali memasakku dimulai sejak punya suami. Ya iyya, mosok suami disodori nasi padang mulu. Ya..sebagai langkah pertama di dunia sutil dan wajan, aku menghidangkan sayur sop dan bayam. Gampang toh? sesuai dengan prinsip awal: ga ribet. Hampir tiap hari ayah Azki dulu disuguhi sop dan bayam. kadang juga telur ceplok dan dadar. hahaha..ra mutu.

Setelah punya Azki yang lulus sarjana ASI, aku mulai deh berkelana online nyari resep2 MPASI. Ini masih fokus ke Azki tujuan memasaknya. Nah di sinilah ke-geuleuh-anku diuji. Megang daging sapi dan ayam. Padahal kan awalnya risiiiih banget. ga enak gitu lhoh pegang jenazah :D:D

Nah.... yang bener2 dianggap batu loncatan memasakku adalah Ramadhan kemarin. Bener2 deh, googling resep. Sembari nelpon utinya Azki di Solo, demi mendapatkan masakan khas Solo. Yaah..lidah emang ga bisa boong (nyontek tagline iklan dikit yaaa). biar kata seumur hidup di Solo cuma 7 tahun, teteup weh kangen.

Soo..apa hasil perburuan resep sejak Ramadhan kemarin?
# Setup Makaroni
# Bestik Ayam
# Semur Tahu
# Terik Tempe
# Mujair Bumbu Kuning (sebetulnya harusnya ayam, cuman telat pesen ke supplier ayam, jadi ganti deh ke mujair)

Lebay deh ya, baru dapet 4 aja dah heboh. Ya maklum, ga bisa masak. Buat beberapa ibu-ibu mungkin sepele kali ya, tapi buat aku ini adalah sebuah sejarah yang patut dicatat (halahhhh).

Oh ya, Tante Mer kan mau minta resep ya. Ih padahal Tante Mer lebih banyak koleksinya. Lha wong bekalnya acara Asian Cuisine (eh bener tak ya?). tapi ya ga papa, asal Tante Mer juga memberi resep2 dari Asian Cuisine, xixixixi..

Buat yang berminat dan belum tau, Mujair Bumbu Kuning teh kaya gini mbikinnya:

Bahan:
2 ekor mujair yang sudah bersih sisik dan isi perutnya, potong jadi 6.
2 butir jeruk nipis, lumurkan airnya ke ikan selama minimal 15 menit.

3 cm laos, dimemarkan
3 cm jahe, dimemarkan
4 lembar daun salam, buang tulang daunnya
2x10 cm serai, dimemarkan
garam gula secukupnya

bumbu halus:
10 cm kunyit
6 bw merah
2 sdm ketumbar

Cara:
Mujair yang sudah dilumuri jeruk nipis, diaduk rata dengan semua bumbu, termasuk bumbu halusnya. Untuk hasil yang lebih baik, diamkan campuran ini sekitar 1-2 jam agar bumbu meresap.

Lalu, masukkan ikan dan bumbunya ke panci, beserta air matang (kira2 200 cc)
Masak di atas api sedang.
Aduk2 sesekali.
Tunggu sampai airnya berkurang separuhnya, lalu tiriskan.

Goreng dalam minyak panas.

Siap disantap!

2 comments:

marissa said...

duh rumitnya @@
ga jadi deh mu nyobain :P
mungkin nunggu long weekend *halah emang masak ampe 3 hari 3 malam :D

mana potonya nih?
mungkin kalo ada potonya jadi semangat masak juga :P

mommy-azki said...

lupa difoto merr..termasuk yg ayamnya juga lupa, hehehe