Monday, October 26, 2009

Azki 14 Bulan

Sudah lama ngga meng-update setiap Azki berulang bulan.

Hari ini Azki sudah 14 bulan. Sudah bisa ngapain aja yaa?
Sepertinya kurang pesat.

Jalannya masih ditetah. Kemajuannya, sudah mau dititah dengan pegangan 1 tangan.
Baru belajar berdiri! *agak minder dengan anak tetangga yang lain*

Ngocehnya, masih gitu2 aja. Belum banyak. Belum ada vokalisasi yang jelas sih. Duh, padahal ibunya cerewettttt bangetz (sertifikasi cerewetnya sudah diakui semua teman kuliah, dan segenap keluarga)

Kalo mau apa-apa, sukanya main tunjuk daripada ngomong. Misalnya, mau tidur, nunjuk kamar. Mau jalan2, nunjuk sandal. Mau mimimo, nunjuk ibu.

Suka dengan gambar/iklan yang ada bayinya.
Suka ngambek kalo diajak cebok ==> jorok!

Sudah mulai menyikat gigi. Ini gara2 sering lihat ibu-ayah menyikat gigi, akhirnya ibu beliin deh sikat gigi daripada melihat Azki mupeng mulu. Awalnya ibu kasih contoh menyikat gigi, dan sekarang tiap mau mandi langsung nunjuk2 rak sikat gigi. Sudah punya inisiatif rupanya :)

Belum rutin toilet training. Kalo ini mah ibunya yang males, heheh..jangan dicontoh ya.

Makannya? masih susah mengunyah. walhasil lauknya bayam-sop bestik ayam-dadar, bayam-sop bestik ayam-dadar, repeat to chorus. hehehe..emang lagu :p yaah, memang begitu Azki. Walopun makannya sudah nasi 100% (ga doyan bubur/nasi lembek lagi), tapi untuk lauk, ga mau nelan kalo teksturnya gede. Frekuensi makannya juga sering dalam porsi kecil. beda dengan ibu-ayahnya, yang frekuensinya sering tapi dalam porsi besar, hihihi...

Menyuapi Azki perlu sedikit menebak-nebak. Apakah mau makan dengan/tanpa kuah? pakai sendok/tangan? duduk di depan tivi/di ambang pintu depan? disuapin/dibiarkan makan sendiri? mulutnya lagi seret/ngga?
Pokoknya kalo tebakannya salah, harus segera dicoba alternatif lainnya. Kalo telat dikit, keburu Azki ngga mood makan. Besok ibu mau beli bola kristal, biar ramalannya tepat. Atau setiap jam makan Azki, ibu SMS mama loren aja kali ya? hihihih...

Apa lagi ya?
Ga banyak yg dicritain nih.
masih belajar jalan.
masih belajar berdiri sendiri.
masih babbling aja.
gigi masih aja 4 buah.
Jadi agak males ibunya kalo main2 ke tetangga, soalnya pasti deh ada yang usil ngomong ini-itu *cerewet, bikin ilfil aja*
iya yah, kenapa cuma ibu-ibu aja yang suka usil.
hehe..kaya utinya Azki aja, tapi ngomongnya beliau ga pedes kek orang sini. masih diayak lah.
Hoaaahmmm....

*aku kan juga ibu-ibu,,usil dong? hehehe...iya sih :p*

11 comments:

nidyizsme said...

ass bunda azki..salam kenal ya.. btw...masih ke doker wdd nda?aku salah 1 pasiennya coz anakku picky eater bgt...berhasil ga nuda azki di dokter wdd?sharing2 dung..
:)

mommy-azki said...

salam kenal juga Mbak Nidya..
Pas 2 minggu pertama habis kunjungan pertama, berhasil deh mbak dietnya. Problem pupnya terselesaikan. Gatel2nya mereda.
Tapi saya gagal mendisiplinkan diri dan terutama keluarga ttg pentingnya diet ini untuk Azki. Akhirnya balik lagi deh ke pup yang bermasalah, gatel yang brenti2..
jadi sebetulnya Azki cocok di dokter ini, cuma tetua2 ini yang kebangetan..:(
(saya masih nyesel banget)
mbak Nidya anaknya umur brapa? so far gimana perkembangannya?

alumongga said...

Met Ulbul dik Azki. Semoga sebentar lagi se-cerewet mommy nya ya hehehe. Selalu sehat ya sayang :-)

mommy-azki said...

Makasih Bundit. Iyah cerewetnya akan selalu ditunggu, biar ibu-e dapet saingan. hehehe

nidyizsme said...

alhamdulillah labib juga cocok sama dktr itu..sebulan kmrn beratnya naik 1/2 kilo..padahal dah 6 bulan beratnya stuck :( trs masih diet segala rupa itu...jd skrng udah stop dong bunda ke dokter itu?btw..azki sama labib tynta cuma beda 1 bulan loh..mudah2an kita qt bs saling sharing perkembangan anak ya bun :)

mommy-azki said...

Iyah, sekarang stop dulu ke dr WD-nya. saya harus pastiin lagi komitmen keluarga. Karena rasanya marah bin juengkelll kalo berjuang sendirian. sedih juga ya, BB ngga naik2. Azki ni malah kayanya cuma 8.5 kilo di usia 14 bulan.
Mbak Nidya ke dr WD di RS Bunda atau di klinik di Benhil?

nidyizsme said...

wah nda beda jauh sama labib..beratnya juga sekitar segituan :(huks...sedihnya liat B anak seret. aku dr WDD yg di bunda..yg lebih deket *pdhl mah masih jauh jg dr rumah*.semangat mba buat treatment lg :)ayo infectedkan ke keluarga tntng pentingnya diet ini buat azki di kemudian hari :)

mommy-azki said...

tentunya akan diusahakan begitu. walopun banyak yg ga tega dan malah nyepelein. huhuhu..kalo dah kaya gini, pengennya tinggal b2 aja di gua biar ga da yg ngrecokin diet :D:D:D
saya juga periksanya di Bunda. jauh juga dr rmh saya. kalo ga krn interupsi org2, saya ga kapok tuh ke sana, secara cuma 1 bln sekali ini ^_^

nidyizsme said...

:)...berarti tinggal ngumpulin semangat lg buat bawa azki ke WDD ya mba..akupun dah mati gaya buat masakin labib dgn bahan2 yg direkomendsikan dokter WDD :(...sekali2 juga nyolong makanan yg ga boleh:( tp memang efeknya langusng keliatan, kalo ga pilek yah gatel2 padahal aku cuma kasih kecap dikit di makanannya :((huks..
sekarang labib dah masuk session 2 mba jd periksa 2 bulan sekali :)...
btw aku worried loh mba apa sampe gede akan seperti ini makannya?hanya boleh makan2nan yg sekarang di konsumsi?

mommy-azki said...

yups, semangat memasak ya... apa kita mustii konsul ke bapak wied harry di trans TV? atau William Wongso di metro tv? hehehe

kalo aku ga salah penafsiran, dr WDD bilang, semua bahan pangan di level terbawah itu ga semuanya pada akhirnya harus dipantang. maksudnya, ini kan food challenge. pada akhirnya akan ketahuan yg mana yg bener2 bikin alergi.

coba tanyain lagi deh. kalo bener2 ga bisa makan ayam sampe tua kasian amat.... hihihihi..

masalahnya karna sy nyusuin azki, saya juga musti diet coklat. wuahhh..ini yg perjuangan!!!

dewi said...

lama ga up-date nih..
azki ga usah dititah aja.... coba bawa ke permukaan-permukaan baru supaya menantang untuk berjalan... wkwkwkkkkk