Tuesday, March 31, 2009

Review MPASI

Sudah satu bulan lebih bbrp hari Azki memulai MP-ASInya. Seperti yang sudah dianjurkan para pakar kesehatan anak, sudah sewajarnya kalo aku mencermati reaksi fisiologis sebagai efek pemberian MPASI..weleh-weleh...bisa jadi judul TA nih, bahasanya, hehe..

Bulan 6 full, Azki makannya cuma bubur tepung beras merah dan putih. Yaa..sesekali dikasi pisang, jeruk, pernah juga alpukat. Apalagi ya? oya, bubur instan SUN, susu formula SGM, biskuit Milna...semuanya ternyata ga disuka Azki, buktinya, makan beginian selalu nyisa dan dibuang. untung ga beli sendiri, tapi dibeliin baba, jd ga ada guilty feeling, heheee..

Kalo ditanya, apa efek pemberian MPASI untuk Azki? well...aku emang melihat ada beberapa hal yang ga biasa, tapi males menyusuri terkait dengan menu makannya. (dasar ibu-ibu males)
Yang jelas, ada hal-hal begini nih:
- di lipatan kulit ada semacam lecet. yang kalo dikasi salep, ga cepet sembuh. alergi apa ya kira- kira2?

- Warna pup-nya berubah2. kadang coklat terang kekuningan, kadang hijau gelap. Tapi aku ngga nge-trace back, makan apa aja sebelumnya.

- kekentalan pup-nya berubah2.

- frekuensi pup-nya ga tinggi. Awal2 MPASI yang cuma kenal bubur beras ASI, pup-nya rajin, tiap pagi. tapi sejak kenalan sama jeruk, pisang, instant food, kok langsung berubah gitu.

- frekuensi pee biasa aja

yah, beginilah ibu-ibu males, riweuh mengecek korelasi antara sebab dan akibat.

Umur 6 bulan aja dah begini, apalagi umur 7 bulan??

Yap, di usianya yang 7 bulan ini, tentunya Azki perlu menu yang lebih menantang. Aku sudah buatkan bubur tahu dan brokoli. Dikukus, lalu diblender. Lalu dijadikan ice cubes. Bener ga sih cara ini, dijadikan ice cubes? at least aku baca dari suatu file yang aku anggap reliable lah untuk ibu-ibu.

Balik ke bubur tahu-brokoli ini. awalnya Azki bener2 dikasi blenderan tahu-brokoli ini. first cube, seemed okay. tapi begitu next cubes...waaah..mulai deh ditolak2. apalaggi si ayah juga mensponsori dengan berkata,,ih itu ga enak lho Azki. dasar spoilerr..

Dan akhirnyaa...bubur tahu-brokoli itu dicampur dengan bubur tepung beras, yang mana keduanya barusan dikeluarkan dari kulkas tanpa dihangatkan. Lumayan sih reaksinya, habis tuh semangkok. hehe..masih dengan jurus lama: cold food. Alhamdulillah ga kena flu ni anak.

Hmm..menu berikutnya apa ya? Mau dikasi wortel, tapi katanya pending dulu karna wortel mengekstrak nitrat. tahu -tempe aja dehhh...

4 comments:

alumongga said...

Setahu saya ice cubes itu untuk membekukan makanan. Kalau bubur saya gak pernah mbekuin. Biasanya mbekuin daging & kaldu ayam/daging/ikan. Biar masaknya sekali trus bisa buat seminggu. Setelah beku di ice cubes, di porsiin di plastik klip, terserah per porsinya mau berapa cubes.

Emang, kalau soal menyusun menu MPASI buat anak harus kreatif ya mbak. Saya juga dapat ilmunya dari ngublek-ublek blognya ibu2 dan milist, terutama di milist MPASI Rumahan.

Semoga dik Azki selalu sehat ya. Salam dari Kak Dita :-)

mommy-azki said...

Masalahnya saya ngga tau prosedur yg saya pakai dalam rangka menyimpan MPASI ini benar apa tidak.

salam kenal dari Azki buat kak Dita :)

Andriani Suseno said...

Mom,kl mknan dr freezer atw dibekukan pke ice cube kl mw dikasihkan ke bayi bukanny hrs dihangatkan dl y? Ditaro di wadah trus wadahny direndem bbrp saat di air hangat y?

Milna bubur bayi organik said...

Wah sekarang umurnya sudah berapa? Dulu belum ada milna bubur organik sih ya kayanya