Saturday, November 17, 2012

Les untuk Bocah


Siapa yang belum pernah ikut les ato kursus ato yang sejenisnya? hampir semua murid kayanya pernah ikut yah. Apalagi jaman sekarang, lakuuuu banget. Saat ujian akhir jadi semacam alat psywar *bahasaneee* jadi les2 pun dibuka, sesi istighosah juga dibuka, hehehee.. beneran kan ya, kalo menjelang UAN itu suka ada istighosah macam tabligh akbar gituh. entah kenapa mau UAN aja lebay banget :D

Udah deeeew ngalorngidulnya.
Jadi ngomongin les ini sebetulnya mau ngomongin Azki, di mana fenomena les itu sudah merambah hingga TK. Di TKnya Azki ada les, baca-tulis dan Bahasa Inggris. Semua piyik2 ini wajib ikut sesuai jadwal. Azki sendiri dapet jadwal les menulis di hari Rabu. Azki bilang, lesnya kalo pake baju orange. Hihihi.. belum ngerti bener dia soal konsep hari. Naaah kesini-sini ini bocah suka pengen nambah frekuensi les, misalnya pas pake baju biru (hari Selasa) atau baju putih (Jumat). Heran ih, doyannya kok les :D Sebetulnya ya ga papa sih asal metodenya bener aja. Kenapa saya bilang gini? karena eh karena.. berjudi itu haraaamm.. *Bang Haji's effect* karena saya kaget pas tau guru lesnya itu galak benerrr *kalo dilihat situasinya yah*. What do you expect from a-4-year-old children? duduk anteng ngerjain tugas menulis/baca? ya ga bisa dooong.. mereka cencunyah lebih senang berlarian manjat-manjat teriak-teriak kan yaa.. apalagi setelah sekitar 3 jam disuruh duduk cengo' mantengin bu guru. oh ya..ini bukan TK ala montessori yang lagi ngeHeits di kalangan ibukibuk ya, jadi sistem pengajarannya yaaa masih old skul gitu deee. jadi yaa pake sistem sorry sorry jek gitu kalo ada yang ga berkenan di hati wali murid.


kebetulan ini lagi les sama bu guru yang ga galak :p

Sooo kek apa sih kegalakan si ibu guru inih?
Galak mah standar yak, kliatan dari nadanya. Kemarin saya liat temannya Azki disuruh mbaca. Karena udah pengen main, dia mogok aja mbacanya, itu kertas bukunya malah dilipet-lipet :D langsung deh jadi sasaran empuk si ibu guru. Pernah juga ada anak yg ga mau nulis. sama si oknum ibu guru ini dibentak, "main aja kerjanya, disuruh belajar kaga mau!" eh ya bener dong ya, anak2 kan kerjanya main. kalo macul mah bapake kaliiik. Parahnya lagi, ibunya yg nungguin juga ikutan ngomel. Walaaah. dibully sama ibu'e dewe.
Kalo Azki gimana, kebagian jatah diomelin ga? tentulaaah.. wong ibu gurunya masih yg itu. Kemarin Azki nulis huruf U yang mirip huruf O. Langsung deeee.." Itu SALAHHHH... ambil hapusan dulu saaannah" lhoh kok jadi iklan mi instan bu? hehee. nadanya ga gitu kaliii. intinya Azki langsung terbirit-birit nyari penghapus. Uuuuuh anakkuuuu.. kasian. udahlah di rumah suka dimarahin ibunya, di sekolah diBully jugak ama bu guru. *tapi kasusnya beda yaaa* saya sih ngomelnya kalo Azki ga mau beresin mainan, ga mau berbagi mainan dengan Hiro,, yang ga ada hubungannya sama calistung deh. Lalu apakah saya diam saja melihat kesewenang-wenangan ini? ciyeeeh kaya lagi mbaca sejarah penjajahan aja.  Saya trus ngajak Azki udahan.

Saya: Azki, udah yuk. kita panjat pohon aja yuk di rumah, sambil liat orang ngerakit besi. (lagi ada tukang ngrakit tulangan pondasi soalnya)
Azki: (asyik nulis huruf O dan bu guru kembali ngomel, "huruf O kan sudah selesai Azkiiiiii" dan Azki ga peduli)
Saya: Azki, dicariin Hiro tuh

Azki: mana?
Saya: di rumah laaah,, makanya ayo pulang.

langsung aja Azki beberes dan salim-cium tangan ama guru2 di situ, padahal tugasnya belum selesai. hehee.. emang spoiler pisaaan ibunya Azki ini.

Saya jadi kasian sama anak2 lain yang juga dimarahin ibunya. Apa iya sih, demi bisa masuk SD, balita harus digalakin biar mau baca-tulis. Saya pribadi sih ga masalah ya kalo nanti ke depannya Azki masuk SD di usia 7 tahun gegara telat bisa mbaca. lah wong saya juga ga ngajarin baca. Saya kan lebih seneng jalan-jalan, wkwkwww. Azki yaa.. kalo beraktivitas di rumah sama saya, saya bebasin kok mau nulis apapun, pake apapun, dan warna apapun. Sebisa mungkin saya ga paksain pilihan2 saya untuknya, asal jangan mencoret di sprei lagiiiih -____-" kan semua tembok udah diwarnain Nduuuuk, opo yo kuraaang? *meratap*

Kalo yang saya amati dari ibuk2 WM *wali murid* di sini, menurut mereka buat sukses tuh musti bisa calistung. Kasian jugak sih sama ibu-ibu model begini yang ga bisa liat realita. Tabiat buruk ABG kan dasarnya karena sistem didikan di rumah dan sekolah yg lebih mementingkan aspek kognitif. Sopan-santun ga diajarin, disiplin pada hukum juga enggak. Pendidikan agama? pengajian level kampung aja, dimana ustadnya jg ga pernah pegang buku (lhooo ustadnya pegang e-book tauuuk). Pengetahuan tentang kebersihan lingkungan? apalagiii... saya mencoba meluruskan... tanggapannya semacam "siapa elu siiiih.. guru bukan, ustad bukan, artis apalagi, tambah bukaaan" :D

Lalu apa Azki akan bertahan di TK ini? so far iya. mosok arep pindah rek? di sini aja njemputnya juga udah susyah, pas jamnya Hiro tidur soalnya. Jadi sering minta tolong Baba buat jemput. Tambah pening lagi kalo Baba udah njemput taunya Azki ga mau pulang sama Baba, maunya sama saya. Gggrrrrrr....

Tapi Alhamdulillaah yah,, syesyuatu gitu, Azki ga kehilangan keceriaan sebagai balita. Tetep aja dia main2 kalo di rumah, dan ngamuk kalo ga dituruti maunya, mweeheheee,, ya ini ladang belajar buat saya, ngeHandle anak cewe yg punya habit ngamuk. semoga Adeknya lebih kalem. *nampak  ga mungkin kalo liat polah Hiro*

Okelah,, saya mau nyupir dulu, nyuci piring. hihihi...


No comments: