Sunday, November 18, 2012

Les (lagih)

Masih ngobrolin soal les buat anak.
Masih kepikiran, perlu ga sih Azki ikut les yg mengedepankan sisi kognitif ?
Kalau di sekolah, Azki ga terlalu ekspresif. eh awalnya dia jadi murid baru ekspresif sih yaa.. nampak girang gitu. tapi berdasar laporan gurunya,  habis lebaran seingat saya, udah jarang berkomunikasi dengan gurunya. Udah jarang cerita. Ditanya pun jarang mau njawab. Ooo mungkin karena gurunya galak itu yak *blaming* Bu kepseknya malah membela diri dengan mengatakan, murid kan cuma 3 jam di sekolah, sisanya bersama ibu atau orang rumah. So kalo  ada perubahan perilaku, coba dicek di rumah ada  kejadian apa. Yaah si ibu.. Azki mah di rumah gitu-gitu aja. Mudah tertawa, tapi juga mudah marah. Komunikasi lancar lah, dimintain tolong ini-itu lumayan nurut *kalo ada maunya, hehehee* yah mungkin masalahnya adalah Azki takut kaliik sama bu guru galak.

Azki suka sih les, suka maksa2 masuk kelas les yang bukan jadwalnya juga, sampe ngambek dan marah kalo ga boleh masuk. Tapi ya itu,, paling apes kalo kedapetan guru yang galak itu tuuuh.. saya aja ga suka. Makanya untuk les berikutnya lebih baik saya dampingi saja.

Sebetulnya kepikiran ngedaftarin Azki ke les yang lebih bersifat motorik. Entah itu menggambar atau olah raga. untuk olahraga deket-deket sini ada kursus taekwondo. entah ya ada atau ga kalo karate/aikido. yaaah biar gerak aja badannya. Ni bocah kan agak susah diem yaa. sudah susah banget diajak tidur siang. Kenapa ga les berenang saja? Soalnya kalo renang dia masih takut masuk ke kolam gede. Les menggambar, dimana yaaa.. coba deh ntar nyari di Duta Garden. Saya ga mau lah nyari jauh2 sampe daerah Citra sono, rephott antar-jemputnya euy, kecuali kalo datangnya bisa insidental sa'karepe si bocah.

Les mengaji? hihihi.. beberapa minggu lalu saya antar dan nemenin Azki belajar baca iqro di TPA milik sodara ayahnya Azki. Dan saat itu juga  saya ga bakal ngikutin Azki ngaji di situ. Ga cocok cyiiin,,, sama cara ngajarnya. Isssh ibunya Azki ini rewel banget yah... apa-apa yg dari sekolah pasti ga cocok :D Yah mo gimana lagi sih,, itu guru pengajar iqro' nya, ga ngerti urusan makhraj huruf hijaiyah (huruf Arab). panjang pendek huruf juga ga jadi concern buat dia. Sepertinya memang dia ga terdidik untuk urusan baca Al-Quran tapi entah kenapa bisa jadi guru baca iqro'. mungkin yang ngerekrut juga sama payahnya. -____-" Saya tau jadi guru itu adalah ladang amal bahkan pahalanya dibawa mati. Tapi kalo gurunya kaya gini yg kalo diturutin bikin orang-orang salah turun temurun membaca Al-Quran, gimana dong? Saya sebagai orang tua juga berkewajiban memilihkan guru terbaik buat anak kan ya? Memang pada akhirnya saya yang handle sendiri ini urusan Azki baca Iqro dan hafalan surat pendek. eh ga sendiri ding, soalnya di TK Azki kan juga baca Iqro,  heheee...mau ngaku2 aja :D Kalo ada yg salah tentang makhraj dan mad *oleh-oleh dari sekolah*  ya saya tinggal ngebenerin di rumah. Alhamdulillah Azki nurut kalo saya yang ngoreksi :)

Karena udah ga join lagi di TPA, so seperti biasa ada yg nanya, kenapa mbak kok Azki berhenti? ya saya jawab aja, "aku ga cocok mbak sama caranya ngajar". yaaa memang beda standar sih yaa..yang kadang bikin orang sini terbengong-bengong, apanya yang ga cocok. Yasuwdlah, tidak perlu dijelaskan panjang lebar toh ke si penanya :)

Happy Weekend semuanyaaa! \^___^?



No comments: