Friday, November 30, 2012

Antara Brownies dan Cookies



 Weekend kemarin saya mencoba untuk naik level dalam membuat cake. Yang biasanya dikukus... kemaren beralih ke sistem panggang. Biar ga gagal di percobaan perdana, saya bikinnya.. Browniessss. Hahahaa, brownies deuiiii.. ketauan naik levelnya ga pake ujian.

Brownies panggang yang kemarin saya bikin judulnya Pennylane Brownies. Sengaja milih ini karena bahan2nya guampang banget didapat. Karena hari Minggu itu kami mau pergi ke PIM, yawes lah si pennylane ini dibikin buat bekal. Mulai ambil alat dan bahan jam 5 pagi, beres baking kira2 jam 5.50. Bakal lebih cepet lagi kalo ada yang mbantuin, hihihi. Sebetulnya akan lebih efisien kalo pake stand mixer. selama ini kan pakenya hand mixer, karena selalu bikin cake dengan takaran setengah resep.

Bahan dan caranya saya nyontek dari sini, dan hasilnya menjadi seperti ini dengan retouch dikit laaa dari picsart.


Naah.. Karena si Pennylane ini terhitung sukses, sampe glossy gitu lhoh permukaannya, maka saya penasaran bikin corn flakes cookies. Bahan dan cara juga nyontek dari sumber yang sama, tapi takarannya pake setengah resep. Ternyata pas udah jadiii... banyak banget adonannya. Pasti capek nih ngebentuk adonannya. Dan pas dicetak,, sekali baking cuma masuk seloyang isi 9 keping. Huuuu cape deeee. Begini lah kalo ovennya kecil. Beda dengan oven mama saya yang bisa masuk loyang 30x30 dan bersusun. Akhirnya saya berhenti aja tu bikin cookies dengan adonan yg masih buanyak tertinggal di baskom. Cookies yang sudah jadi pun teksurnya jadi hancur saat dipindahkan dari loyang ke cooling rack. Tapi masih bisa dimakan karena rasa dan aroma sebetulnya cukup wangi :)

Pascakehancuran cookies itu, saya laporlah sama masternya. dan jawab si suhu: wah mbak, aku bikin cookies itu kan pas kelas 5 SD dan sukses. Grrrr... makin menambah esmosi.

Jadi saya mau ambil jeda dikit lah dalam urusan per-baking-an ini, sampai duit terkumpul lagi buat beli bahan2nya, hehehee.


Ingredients:
4 butir telur
360 gram gula pasir
225 gram minyak goreng
60 gram cocoa powder
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk
120 gram kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai
85 gram Chocolate Chips

Read more: Pennylane Brownies http://www.cakefever.com/pennylane-brownies/#ixzz2DeRzft5v
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike


Ingredients:
4 butir telur
360 gram gula pasir
225 gram minyak goreng
60 gram cocoa powder
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk
120 gram kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai
85 gram Chocolate Chips

Read more: Pennylane Brownies http://www.cakefever.com/pennylane-brownies/#ixzz2DeRzft5v
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

2 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

sukses ya, semoga aku ketularan juga nih biar gak males ngebaking

mommy-azki said...

ayoo semangaaat, hihihi