Monday, June 22, 2009

Type Silinder Kunci

Tadi aku beli silinder kunci untuk pintu depan. Lhoh kok beli lagi? iya, soale silinder eksisting teh rusak. rusaknya tuh karna anak kuncinya kejebak di dalam silinder dan pas dicoba dilepas, eh malah patah. hebat ya ayahnya Azki, bisa mematahkan anak kunci yang terjebak di silinder, hehe..

trus setelah semingguan, baru beli lagi silinder baru dengan merk yang sama di dunia bangunan. eh ternyata penjualnya hafal ma ibu-ayah, karna kami sering banget jalan2 di dubang. terus pas sedang memilih2 silinder, ditanyain ama penjualnya:

Di rumah ada pembantu ga Bu?
*lhoh, apa hubungannya pembantu sama silinder? hebat benerr..
Kalo ada pembantu, milih silindernya yang model Knob Cylinder, Bu..
*ga da pembantu sih (ngeles...karna model yg ditawarkan lebih mahal harganya :p)
*eh tapi...kalo ada pembantu knapa musti Knob Cylinder?
Pembantu kan ada di rumah terus, ga perlu dipegangi kunci kan. jadi dia buka-tutup pintu pake knob aja. kunci tetap tuan rumah yang megang, jadi lebih aman.
*oo..gitu ya...

perasaan pernah dapet penjelasan ini dari merk Wilka (merk yg ga edar di pasaran), cuma lupa, hihi..
jadi Knob Cylinder tuh yang gini nih penampakannya:

jadi, kunci jungkitnya ada di sisi dalam, lubang kuncinya ada di luar.sistem keamanan kunci, terutama pada pintu utama, ga cuma itu. Ada juga yang namanya Turnpiece Bolt. begini gambarnya:


ini fungsinya sebagai kunci tambahan. kunci jungkitnya ada di dalam, sementara dari luar tidak terlihat adanya kunci tambahan. Jadi jika silinder utama dicungkil maling, pintu tidak akan terbuka karna silinder pada kunci tambahan ini tidak ikut dicungkil (malingnya ga bisa liat kalo ada kunci tambahan).

Masih merasa tidak aman? tenang...ada sistem lain lagi, namanya door guard (gambar atas) dan door chain (gambar bawah). kaya di kamar hotel itu lho..





masih paranoid juga? masih ada teknologi yang namanya GEMBOK dan CCTV. Selamat berburu assesoris pintu yaa...

No comments: