Sunday, June 28, 2009

Sudah 10 bulan

Umur Azki sudah 10 bulan lhoo sekarang.

Alhadulillah, senangnya masih dikasi kesempatan melihat Azki tumbuh sehat.
Gimana perkembangan Azki di usia 10 bulan ini ya?

menjelang 10 bulannya, Azki makan lahapppp bangetz. hmpr ga da gerakan anti mangap. ibu sih bahagia banget, nyuapinnya ga pake peralatan lenong macam biskuit ini-itu. tapi teteup..karna statusnya masih MPASI, jadi jumlah dan frekuensinya ga bisa banyak2. pernah kan ya, makannya agak banyakan, eh kekenyangan si Azkinya, dan ngga mau nyusu. Akhirnya gudang ASI bengkak sana-sini dan diperah deh.

well...tipe makan Azki sejauh ini pegimane sih?

Azki ga suka makan dengan model yang sama lebih dari 2 hari.
ini yg bikin ibu repot. kan jd ga tau ada alergi apa aja. dan ga sesuai aturan 4 hari penantian itu tuh. Walhasil, Azki punya lecet di blakang lutut dan sampe sekarang ga ketahuan itu
alergi apa. (ibunya juga ga konsisten mencatat rekam jejak makanan sih --> jangan ditiru yah). nih pelajaran pertama buat ibu Azki. teman2 calon ibu juga ding, hihi..

Azki bisa makan di mana aja, kapan aja.
Awalnya ibu mbikin jadwal makan. jam berapa aja, brp sendok, menunya apa...trus makannya di mana. yah pokoke detil lah, khas ibu. naaaaaah, pas sudah masuk teknis, semua detail perencanaan bubar jalan. mungkin terbiasa ngurusin orang dewasa. ternyata schedule dan teknis lapangan itu suka ga match ya, ga di proyek, ga di rumah. podho ae.
Jadi, Azki teh kalo makan pagi, bisa jam 7. bisa jam 10. kalo makan sore, bisa jam 4. bisa jam 5. kadang malah makan di satu waktu sajah, karna kalo maen ke rumah Babanya, suka dikasi pisang. nah, kenyang kan makan pisang.
Trus, tentang lokasi makan...Azki bisa makan di rumah, bisa juga sambil digendong ke depan rumah. hmm..mungkin ada yg ga setuju dengan cara kedua, takut ntar gedhenya ga punya table manner yak? hihi...sebetulnya Azki kan ndak punya hi-chair. jadi ya makannya sambil berkeliling ruang tamu/keluarga. sambil berdiri2 pegang meja atau pegang galon. kalo sore, ibu ajak main ke sebelah karna niat ibu tuh mau sosialisasi menu makanan bayi. Jadi tetangga2 tuh kalo ngasi bubur ke bayinya isinya bubur putih doang. atau dikasi bumbu kecap atau kuah kuning khas bubur ayam (tau kan ya?). sedangkan isi bubur Azki tuh ada buburnya, dagingnya, wortelnya, daun bawangnya, (lebih lengkap karna mbikin ndiri). sampe2 mamanya baby Nuril bilang, wah Mama Azki pinter yak masaknya...hihi jadi terharu dibilang pinter masak :p saya bilang ke tetangga2, kalo buburnya beli, gizinya ngga cukup bu. Kalo masak ndiri, kan bisa milih bahan. mau tempe/tahu/daging/jengkol, sembarang deeeeh....mereka pun manggut2. dan keesokan harinya.....tadaaaaa....mereka masih beli bubur putih doang buat anaknya. heuheuuu..kasian bayinya, kecil2 dah disuruh mutih. Karna situasi seperti inilah ibu ngajak Azki makan sore sambil nonggo (bertetangga, maksudnyaaa).

Azki sudah makan bubur nasi
Transisi dari bubur halus ke bubur nasi cukup lancar. malah bukan dari inisiatif ibu. Azki sendiri yg minta. jadi critanya teh ibu telat menyadari bahwa Azki sudah tambah gede. Suatu hari Azki ga mau disuapin pisang kerok. maunya megang pisang sendiri. digigit pake gusi, tapi trus dilepeh karna kegedean motongnya. trus...nolak2 kalo disodori sendok. marah aja bawaannya. napa ya?? mulai berpikir deh ibu. coba ah kasi nasi lembek. eh beneran Azki mau. nasi lembek plus daging ikan. dijumput dikiiiit...disodori ke mulutnya. hehe....mangap terus. nah, ibu pun mulai bikin nasi lembek. tuh kan, bener, makannya jadi lahap. ternyata Azki butuh tekstur yang lebih menantang. Ga pake nasi saring, langsung nasi lembek. karna Azki masih nolak kalo makan nasi saring. nasi lembeknya yang model bubur2 di grobak mang2 pjual bubur ayam itu...jadi bulir2 nasinya masih samar.

Bahan makannya yang sudah dilahap
So far, sudah ada daging sapi, daging ayam, ikan teri, daging ikan bawal.
sayurannya, yang sering tuh wortel. trus ada bayam. tahu, tempe, oyong, daun bawang, keju, mentega, brokoli. (azki ga suka brokoli, ibu deh akhirnya yg makan, hehe)
nasi beras putih, tepung beras merah gasol, roti tawar (iyah, roti tawar. ibu juga longgar ngasi bahan makannya, yg penting bisa icip2 dikit), makaroni, kentang rebus.
pepaya, jeruk, semangka, melon, jambu air, timun, pisang, alpukat.
Kira2 apa ya yg bikin alergi?? ibu Azki juga lagi bermasalah nih kulitnya. mosok ibu-anak podho2 eksiman sih, meuni teu gaya pisaaaan...

Skill lainnya apa ya
Kalo ditanya, bola biru mana ya?? matanya langsung berkeliling mencari bola biru kesukaannya. bola biru ini bola yg suka dimain2. okeh, kalo begitu. besok ibu belikan bola yg warnanya lebih beragam ya nak..
kalo ada pesawat lewat di atas rumah, tangannya langsung memeragakan "dah-dah"
Kalo ibu nyanyi pok ameame. langsung tepuk tangan. pdahal ibu nyanyinya ngawur : pok ame-ame, belalang kupu-kupu. pagi makan tempe, sorenya makan tahu. hehe..ibu kan kalo nyanyi suka ngubah2 lirik sakpenake dhewe. jadi mungkin ntar Azki akan sulit menyanyikan lagu sesuai lirik resminya, karena sama ibunya selalu denegr lirik yg aneh, heheh..
Kalo ibu pake baju bagus sementara bajunya sendiri masih kaos oblong dan clana pendek, langsung nggondheli dengkul ibu dan merengek2. maunya Azki, kalo mau pergi, harus Azki dulu yg dandan, baru Ibu.
Apa lagi yaaa? ohiyak, kalo ada tukang roti yang nawarin jualan sambil mbunyiin musik, tangannya langsung menari2. Music-aware juga yah anak ini.
Gitu deh yg ibu ingat, maklum kena short memory syndrome.

Update terbaru: sudah muncul garis putih di gusi bawah. Yuhuiii..Azki bakal punya gigi baru. Ga jadi deh dibeliin gigi palsu sama ibu :p. Ibu akan lebih berhati2 dlm menyusui agar tidak digigit (sudah sering nih, hiksss)

4 comments:

zee_mami vaya said...

Wah ulang bulannya deketan ya sama Vaya. Vaya hari ini nih, tgl 28.

Sehat-sehat yaa.... makan yang banyak, biar cepat gede :)

mommy-azki said...

makasih yaa mami Vaya :)

alumongga said...

Met Ulbul dik Azki...ah 2 bulan lagi ultah ya. Semoga selalu sehat dan makin pinter ya. Btw, dik Azki udah dikasih ikan teri ya? Saya rencana juga mau ngasih ikan teri nih. Kalau boleh tahu, teri nya dimasak apa ya Mom? Ntar aku nyontek hehehe. Tuuuh, mana foto dik Azki, kok gak ditampilin :-)

mommy-azki said...

makasih ya Bundit...

ikan terinya direbus aja sama beras dan bayam. tak lupa pakai bawang merah.
simpel aja, lha wong ra iso masak jeh..:D untung bocahe doyan.

tapi bahaya kalo pake ikan teri, Bundit. Bahaya karna rebutan karo bapake :D

oh iyo lupa terus ih mo posting fotonya Azki. next post ya..