Tuesday, June 30, 2009

Menabung = Untung ?

Belum tentu!!
Cek dulu brapa saldonya.

saat ini jangan berharap tabungan di bank manapun akan membukit, jika tabungannya ga lebih dari 5 juta rupiah. Apalagi di bawah 1 juta, kek saya niiih...Kok bisaaa???

Contoh di BCA:
biaya administrasi Rp 10.000. Suku bunga untuk yg bersaldo 1-10 juta adalah 2% per tahun. nah, pang itungkeun sendiri apakah:
biaya adm > nilai bunga?
biaya adm < nilai bunga?

Kalo di Bank Mandiri:
Suku bunga untuk yg bersaldo 1-5 juta adalah 1.75% per tahun.

Kenapa bank ngasi bunga yg cukup kecil, dan memungut biaya administrasi?
* karena tabungan dapat ditarik nasabah setiap saat sehingga bank ngga gampang mengelola dana tabungan untuk disalurkan sebagai kredit.
* karena bank perlu memelihara kenyamanan nasabah melalui jaringan ATM, dan pemutakhiran IT agar rekening nasabah aman.
Bahkan menurut bbrp bankir, tabungan sebetulnya adalah jasa yang dibeli nasabah. mungkin karena itulah bank ga menjelaskan pada nasabah mengenai aturan korelasi saldo ~ suku bunga.

Bank dengan sistem begini memang sarat dengan bau riba. atau memng sudah riba ya? bayangin aja, bank kasi bunga 2% untuk nasabah. tapi lihat berapa bunga yang ditetapkan untuk pemohon kredit bank? 14% !!

Saat ini baru ada 82 juta rekening di Indonesia (35% jumlah penduduk). Masyarakat perlu didorong untuk menabung. Tapi kalo akhirnya malah tekor, kumaha atuh? piye? kan ga semua orang punya 10 juta di tabungan. mending dibeliin sapi, kerbau, emas, tanah, hehe..

Yuk ah, ke bank syariah aja :) masih ada 65% kok marketnya



courtesy: KOMPAS, 14 April 2009

5 comments:

Motik said...

Hehehe iya mbak, memang kalo dihitung akhirnya rada buntung ya kalo tabungannya dibawah 10juta, termasuk saya hehehe..

Makanya akhirnya sudah dari kapan tau saya tutup rekening yang ada di BCA, mandiri, dan lippobank karena potongan terlalu besar dan rekening ini untuk lalu lintas gaji aja waktu jaman masih kerja kantoran dulu. Setelah FTM gini, saya cuma punya mandiri syariah aja, yang ternyata bagi hasilnya ok dan potongan perbulannya pun lbh kecil ya. Biar suami aja yang punya mandiri untuk lalulintas gajinya.

Sebel juga sama bank kalo dah urusan kredit, mereka tuh kaya rentenir yang dilegalkan oleh pemerintah.
Jadi biar gak buntung apa simpen uang dibawah bantal aja ya kayak jaman dulu hehehe..

mommy-azki said...

ho oh, bank syariah aja lah, lebih aman, setelah di bawah bantal, heheh..

Bunda Fisa said...

Mbak... sy lempar award yach! silakan diambil di blog sy

Bunny Cat said...

mengingat banyak juga yg punya rekening bank lebih dari satu, berarti yg punya rekening di bawah 35% penduduk...dikit juga ya

mommy-azki said...

Ho oh Mbak Nov, dikit. tapi penasaran sih, itu 35% itungannya termasuk yg rekening dobel atau ngga, hihihi