Sunday, May 27, 2012

Menarik Penggemar


Saya sebagai mantan penggemar fanatik sepakbola Eropa, seneng deh kalo akhirnya Indonesia jadi tujuan tour klub2 sepakbola besar di Eropa, seperti yang baru-baru ini terjadi. Indonesia kedatangan Inter Milan, klub sepakbola juara Champions League musim 2009/2010 dari Italia. Untungnya yaa.. ga ada lagi orang2 model Syahrini yang nyambut Javier Zanetti dkk itu.

Sepakbola itu udah kaya 'agama' aja kali ya,, orang jauh2 dari, sebut saja Gorontalo, dateng nginep di Bandara Soetta untuk nyambut Andrea Stramaccioni and the Gank. Nonton sesi latihannya doang, musti rogoh Rp 500rb. Coba kalo disodorin kotak amal, hihihihi... *ga mau nulis ah, lanjutan  ceritanya gimana :D*

Intinya adalah,,tiba2 saya jadi kepikiran, gimanaaa ya supaya lebih banyak lagi cabang olah raga di Indonesia bisa punya fans 'gila-gilaan' gitu, jadi ga cuma sepak bola. Misalnya tenis, atau renang. Apa musti atlet2nya pada guanteng-cuantik dulu, baru ada penggemarnya? kalo prestasi 'doang' mah, kurang greget kali yaa :D contohnya aja nih,, Rio Haryanto. Pembalap muda yang tiba2 punya banyak fans cewe ini kan prestasi ada, muka juga ada. ealaaah.. ya masa mukanya rata sih. maksodnya bisa jadi bintang iklan juga, gitu lhoh..kaya Irfan Bachdim juga. Tapi apakah Diego Michels itu cakep? ga kan yaa.. :D *naha atuh jadi ke Diego*

Memang sih muka itu ga penting, yang penting mah prestasi. *halah, basi* kalo prestasi ada, sponsor datang. duit datang. bonus datang. tawaran iklan juga datang. Masalahnya ancang-ancang buat bikin prestasi itu yang susyah yah.. baik dari faktor internal ataupun eksternal. Kadang saya heran aja, banyak juragan dari Timur Tengah bisa beli klub2 sepak bola di Eropa. Kenapa sih mereka ga beli Persija, misalnya. atau Persikota, atau Persita, atau Per-Per yang lain. Kan potensi penggemar di sini lebih banyak, hehehe..

  Q: heran kenapa sih klub bola sini selalu ada awalan Per-nya
  A: karena kalo ada AC Jakarta, ntar orang bingung, ini klub apa bis kota yaaw?

Ini saya mau nulis apa sih kok bingung, sebingung kenapa di antara 230 juta nyawa di negeri ini ga satupun yang punya skill macam Lionel Messi, atau Ian Thorpe, atau Lin Dan, atau Rafael Nadal.


Salam Olah Raga !

No comments: