Friday, May 25, 2012

Ayam Panggang Klaten

Karena mati gaya mau masak apa..suatu hari saya mencoba resep ayam panggang klaten dari Mbak Astri Nugraha. Emang sih ga punya panggangan maupun oven, tapi yaah lihat saja nanti gimana hasil akhirnya, hehehe.. *nekad*

Jadi yaa..dari resep asli yang butuh 1 ekor ayam, saya modif jadi setengah saja. soalnya kan ga tau ntar jadinya gimana. Walopun cuma pake setengah ekor ayam, tapi kebanyakan takaran bumbunya ga saya kurangi. eh malah ada yang lupa saya cemplungin ke panci: air asam jawa. Begini resep yang sudah saya modif:
 1/2 ekor ayam, potong sakkarepmu
 4 lmbar daun salam
 2 batang sereh, memarkan
 350 santan kental

bumbu yang dihaluskan:
 10 buah bw merah
 5 siung bw putih
 1 sdm ketumbar sangrai
 5 butir kemiri sangrai
 1/2 sdt merica
 1 ruas kunyit
 1 ruas jahe
 1 ruas laos
 50 gram gula jawa
 1 sdm garam
 1 sdt gula

caranya:
 bumbu halus ditumis bareng salam dan sereh, sampai wangi
 masukkan ayam, aduk rata, tunggu sampai ayam berubah warna
 tuang santannya, pelan-pelan, aduk-aduk biar santan ga pecah

saya masaknya sampe air/kuahnya nyaris habis.

ayam yang udah separo jadi ini saya simpen aja di food container.

pas dimakan pertama kali, cuma diangetin di microwave. Hmm...enaaakk..ga usah di panggang.
Eh tapi penasaran juga,,gimana ya rasanya kalo digoreng? akhirnya digoreng aja pake minyak yang dikit banget,sampe agak gosong gitu. dan ternyata...uenaaakk!! waduh, gimana kalo beneran dipanggang ya? bisa makan terus nih saya :D

btw ya,,santan 350 ml itu kebanyakan.mustinya 200 ml aja udah cukup. maksudnya biar lebih cepet aja kuahnya susut.

yang penasaran, cobain deh :) *cobain masak sendiri, maksudnya*

No comments: