Tuesday, April 1, 2014

Homemade Pizza feat. Saos Instan


Hari Minggu kemaren secara mengezutkan saya gak pergi kemana-mana, karena HoreHiro sakit lagi. Azki dan ayahnya aja yang jalan-jalan ke toko buku karena si Azki nagih janji, dan saya akhirnya nitip minta dibeliin ayam fillet aja di Pasar Lama.

Sebetulnya saya sudah merencanakan mau bikin pizza sih, makanya sabtu malam udah hunting resep si roti pizza. Setelah hunting sana-sini akhirnya dapet di webnya Mbak Endang ini. Ini ya resep roti pizza-nya:

- 500 gram tepung terigu protein tinggi (saya menggunakan Cakra Kembar)
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh (7 gram) ragi instant, pastikan fresh dan tidak kedaluarsa (saya pakai Fermipan)
- 50 ml minyak sayur  atau minyak goreng biasa (saya menggunakan minyak zaitun)
- 400 ml air es 
- sedikit tambahan terigu untuk taburan di meja

Kalo teknik bikinnya, bisalah diintip langsung di web tersebut. Panjang benerrr soalnya, hihihi.. Dan saya pun gempor menguleni si adonan. lengket bangettt,, padahal udah ngolesin minyak ke telapak tangan. Rasanya beda bangeeet sama nguleni adonan pizza dari tepung instan pizza. Yang itu mah kaga pake otot, udah jadi roti pizza yg empuk. Nah yang iniih?? karena ga pro aja, jadinya pas udah dipanggang,, kok keras? :P padahal tepian si roti belom nampak tanda2 mateng atau kecoklatan gitu. hih,, ngeselin. I wish my mother would give me her BOSCH :D *ngimpi dulu*  Btw saya nguleni dibantuin Azki, yang mana akhirnya menyerah karena dia jadi geuleuh ngliat adonan nempel di tangannya :D

Toppingnya bagaimana? Saya pake yg instan aja, pake saos spaghetti bolognaise dari La Fonte, tapi saya tambahin pake daging ayam cincang, jamur kancing, paprika, bawang bombay, dan keju cheddar. Mau pake keju quick melt,, ga punya. jadi yaa seadanya aja lah..
Jadinya seperti ini:



itu satu adonan roti bisa jadi 4 base pizza kalo ukurannya sekitar 16 x16 cm. Kalo loyangnya gede,, bisa jadi 3 loyang. Karena jadinya 4 base, saya masih nyimpen sisa 2 adonan  di freezer. Buat ntar kalo mau bikin cemilan pizza murah meriah,, pengennya dikasi topping tuna keju :)

ohya cara nyimpen sisa adonan ini ada di web tadi yaa, dibaca baik-baik biar ga salah kaya saya, hyehehee. Biar salah tapi saya dan suami sanggup ngabisin 2 loyang, padahal awalnya mau dibagiin ke operator bordir. Yaaah jangan dilawan lah yaa perut kapal keruk gini,, berkali2 saya baking dan berencana bagi2 ke operator bordir, pasti selalu gagal. Tapi tak apa,, niat baik ceunah udah dapet DP pahala :D

No comments: