Tuesday, April 1, 2014

Negosiasi dengan Bocah


Buat anak-anak yang udah bs diajak komunikasi dua arah, kalau dijanjiin akan mendapat sesuatu,, biasanya selalu menagih janji tanpa kenal ampun. Ngeselin, tp bersyukur juga ini bocah inget. Konsisten. Persisten.
Kaya si Azki nih,,, gara2 saya janjiin beli buku di toko buku,, dia sampe nulis dooong perjanjian tsb :D 


tulisan tangan Azki :D

Kenapa saya kasi janji beliin 4 buku? Karena Azki setuju untuk tidak ikut les bahasa Inggris di deket sekolahnya. Hoahahahhh., kejam amat yak saya gak ngasi les ke anak. 

Sebetulnya bukan kejam,, tapi menurut sayaaa....

1. English buat anak TK paling cuma one two three A B C. Kalo kata temen saya,,, itu mah sambil gogoleran di kasur juga bisaa,,ga usah ke tempat les. :D
2. Jam les nya siang,, jam 2-an gt. Panas, mamiiiih..saya perlu beli sun block berapa SPF ituuh *lebay*
3. Temen2 di les adalah orang yang sama dgn yg ada di kelasnya,, baik itu kelas pagi maupun kelas sore (TPA/ngaji). Jadi ngapaiiin ketemu org yg sama meluluu :D
4. Buku materinya gak cihuy.. Mending saya beliin aja di toko buku.

Naaah biar si bocah ga ngotot ndaftar les,, maka saya ajukan bargaining: ga ikut les tapi boleh beli buku dgn jumlah yg dilebihin dikit. Ternyata manjuurrr, hoahahaaa. Lumayaaan ngirit uang les,, ibunya bs jajan baju :D Akhirnya suksesss si bocah mau belajar basa linggis d rumah. Sebagai permulaan,, belajarnya 10 menit doang, hyehehee..

Beberapa wali murid yg mendaftarkan anaknya les english, saya tanya: knapa ga diajarin d rumah? Kan masih gampang materinya. Jawabnya: ah ribett,, susah diajari klo di rmh, lebih gampang nyuruh dia les. Yaaah mgkn kasusnya ga sama dgn saya dan Azki. Kebetulan saya tau apa kelemahannya ni bocah. Disodori buku baru atau berenang,, udah manut.

Rata-rata anak2 ini kalo belajar sama ibunya malah berakhir dengan perang. Kenapa ya., saya beneran nanya karena saya sendiri ga ngalamin yang namanya anak ngerjain PR sambil marah-marah. (fyi, azki dapet PR dari TK).

Kemaren malah ibu2 itu lagi ngehebohin les komputer. Woowww... Anak2nya masuk SD jg belom.. Jadiii saya malah kepikiran nih,, gimana kalo saya buka les kompie dan bahasa inggris? Lumayan kaan? modalnya cukup nambah papan tulis, laptop 2 bijik lagi dan meja makan buat nangkring tu bocah-bocah,, kelas dibuka untuk 3 anak per sesi. Apalagi untuk level kampung jurumudi, yg menganggap banyak les banyak rejeki.., rejeki buat guru les nya, hyehehehee., Ngimpi dulu deeh.. Secara belom ada waktu buat merealisasikan. Syibuukk..syibuk tidur...


3 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kalau anak-anak ingatannya kuat ya, kadang kita janji nanti mereka yang mengingatkan

Keke Naima said...

anak2 saya juga baru les bahasa inggris pas SD

ninaberkarya said...

sodorin film kartun inggris udah bisa bikin anak capcipcus bs bhs inggris, eh ibunya puny waktu juga buat wa-an #eh