Sunday, December 23, 2012

Azki Dapat Raport


Kemarin di sekolah Azki ada pembagian raport. Eh sbtlnya gimana sih ejaannya? rapor, raport, rapot, report,, atau repot? dari dulu denger2nya rapot sih yaa,, marilah menulis dengan ejaan RAPOT :D

Setelah ada ujian selama 2 minggu.. *iki arek piyik umur 4-5 tahun udah ada UAS* akhirnya Azki dapet rapot juga. Saya berangkat sendiri ke sekolah, Azki di rumah main sama anaknya tukang cuci, dan Hiro dijaga ayahnya sembari ayahnya jagain karyawan biar ga pada kabur, hweeheheee *su'uzhon* Sampe di sekolah ternyata banyak lho temen-temen Azki pada dateng gt,, dan pake seragam. Berasa ga ada acara apa2 gitu. Begitu masuk kelas, ada ibu2 nanya, Azki ke mana? Errr... saya ga tau ya kalo siswa masih harus dateng. Tapi karena mau jaga image, saya jawab aja, Azki mogok skolah niiih. Bwaaahahaaa.. dasar pencitraan, ga mau dianggap lalai.

Setelah nongkrong beberapa saat..akhirnya dateng juga giliran mengadap ibu guru. Menurut analisis Bu Guru... Azki lumayan susah ya duduk tenang, fokus ke penjelasan bu guru. Lebih suka bermain sendiri, atau ngajak temen di sebelahnya ngobrol. Iiih jadi maksud ngana, anak saya ini provokator Bu? :D Trus Bu Guru juga penasaran, kenapa sih Azki suka banget nulis huruf2 H I R O di kertas ujian, di buku tugas, di kertas gambar...padahal kan bu guru cuma nyuruh bikin huruf A B C dst. Pas saya kasi tau siapa itu HIRO, ketawa dah gurunya :D saya juga ketawa...eh ngga.. sejujurnya saya terharu Azki di sekolah inget sama Hiro, Baba, dan Ibu sampe menuliskan huruf2 H I R O B A B A I B U berkali-kali. Huruf A Y A H ga ditulissss.. :D kurang berkesan kali yaaa si ayah di hati Azki, mweehehee..

Penilaian selanjutnya bisa dilihat di buku evaluasi. Aspek penilaiannya buanyaaaak banget, sampe 6 halaman gitu. Kalo di break down ada lebih dari 100 aspek. Garis besarnya sih begini:
1. Kompetensi dasar akhlaq (perilaku- sosio-emosional)
2. Kompetensi dasar agama Islam
3. Kompetensi dasar umum (Bahasa, Kognitif, Fisik, dan Seni)

Untuk skoring-nya, ga pake angka, tapi pake status:
BD - belum dievaluasi
BM -belum muncul
MM -mulai muncul
BSH -berkembang sesuai harapan
BSB -backstreet boys. Ahahaa.... bukan laah,, tapi Berkembang Sangat Baik

Hasil skoring untuk Azki:
BD : 43 aspek
BM : 50 aspek
MM : 44 aspek
BSH : 5 aspek
BSB : 0

PR saya selanjutnya tentunyah mengasah yg MM, BM, dan BD itu ya. Kalo yang dapet status BSH itu aspek Kemandirian, mengenal huruf, angka, dan mengenal korelasi huruf-angka-benda. Tapi yang emang disorot bu guru adalah kemandirian karena ga pernah nangis selama bersekolah dan ga pernah ditungguin :D Hohohooo... belum tau aja bu guru, Azki kalo di rumah nangisnya bisa tahan satu jam :D *aib orang tua*

Masalah absensi,,, ternyata Azki tu sering bgt ya ga masuk sekolah, ada 10 hari absen tanpa pemberitahuan. Wkwkwkw... ini pasti kerjaan ibunya :D eh kemana aja ya kok sampe 10 hari gitu? entahlah saya lupa :D
untung yaaa UASnya anak TK ini ga ada remediasi. Gilak aja kalo ampe ada :D etapi ada sistem ranking nih, juara 1-2-3 dapet piala dan kado. Ga ngerti deh parameter nya apa bisa juara. Untunglah Azki ga ikut ambil rapot ya,, soalnya bisa ngidam piala secara dia kan ga dapet ranking, hihihii.

Azki libur 2 minggu, dan saya pun bingung mencari ide mau ngapain aja sama Azki. Paling2 juga main di rumah baba, hihihi.. eh ga juga sih, soalnya saya udah daftarin dia ikut kegiatan alam gitu. Ntar yaaa ceritanya kalo udah terlaksana :) pokoknya saya nuntut ke si ayah buat ngikutin Azki ke kegiatan luar rumah yang bermanfaat. Misinya antara lain biar Azki ga ngambek kurang kegiatan dan saya juga bisa narik nafas lega :D


3 comments:

Susi Susindra said...

Raport TK memang tak pakai angka.
Wh, evaluasi-nya Azki banyak banget ya...
Di raport TK Destin dulu sederhana banget. "Alhamdulillah ananda destin sudah bisa begini.. begitu... kurang di ini.. di itu... dst.. dst." raportnya Binbin yang belum tahu, karena kami ke rumah nenek sebelum terima raport karena kakeknya anak2 di Rumah sakit.

mommy-azki said...

semoga raportnya binbin bagus yaa dan kakeknya cepat sembuh :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

kalau rapot TI sih aku santai aja :) Azki 10 hari kemana aja tuh sama mamanya hehehe liburan kali ya