Monday, September 10, 2012

Officially, I'm a WM !!

WM? Working Mom?? bukaaaan.. tapi WM di sini adalah... Wali Murid, huehehee.. kan Azki sekarang udah sekolah, otomatis saya jadi wali murid dong yaa :D

btw telat ga yaa,, hari gini baru cerita2 Azki dan sekolahnya.. cuma emang sengaja dibikin sekarang soalnya mau lihat reaksi si bocah di trimester pertama.

Seperti yang sudah diinginkan ortunya Azki *lebih ke emaknye sih, dasar otoriter, hehee*.. Azki sekolah TK di RA. Al-Hikmah. Sengaja ambil yg agak jauhan dari rumah biar ni bocah ga bisa pulang pas jam istirahat :D eh ya ga jauh sih ya,, soalnyah cuma 3 menitan gitu deh saya boncengin naik motor :)

Awalnya ya si bocah seneng2 aja sekolah. Bernyanyi, belajar berdoa,,, hampir semua yg diajarkan di sekolah, diulang lagi di rumah tanpa diminta. termasuk gerakan2 senam pagi. Aaah pokoknya lucu deeeh :D pasti ibukibuk yang pertama kali punya pre-schooler ngrasain hal yang sama. *nuduh* *tapi bener*

Buat saya sendiri,, jadi WM  adalah terapi untuk bisa bersosialisasi secara offline, alias tatap muka langsung. Nganterin Azki pagi-pagi,, ngobrol dengan sesama WM,, basa-basi.. ah terasa menyiksa, tapi harus dikerjakan, apalagi di TK ini ada POMG yang lumayan aktif,, jadi sebagai WM yang baik musti eksis di POMG, hahahaa.. apa seh,, yah intinya sosialisasi tatap muka ini...membunuhkuuu *ryan d'nasip*

okeh kembali ke Azki.
Jadi setelah beberapa minggu bersekolah, baru ketahuan 'belang'nya. Ada PR!! ampun deh,, kok yaaaa... etapi biarpun saya udah wasweswos ginih, ternyata si bocah enjoy aja tuh ngerjain PR menulisnya. Menebalkan garis untuk bikin angka, huruf latin, huruf hijaiyah.. secara kegiatan kaya gini udah sering Azki lakuin sejak belum masuk sekolah. Dan dia tu yang bisa nawar,, "Bu, Azki ada PR dari ibu guru, tapi ngerjainnya besok pagi ajah". hehee.. sa'karepmu lah Kak,, ga dikerjain juga gapapa :D trus Azki juga ga mau ngerjainnya pake pensil,, maunya pake tinta, entah spidol ataupun pulpen, yang mana dapet warning dari si ibu guru di lembar PRnya. Yaaaa ini lagih,, udah ngasi PR, masih juga ngatur2 mau pake alat tulis apa -__-"

yak itu dari segi PR. Yang lain yang bikin 'shock' ternyataaa.. ini TK little-little basa enggres laaah. Hadoh.. saya ga merencanakan Azki untuk diajari percakapan bahasa Inggris. Pengennya basa Arab sih,, tapi apa daya ortunya cuma ngerti Bismillah dan Alhamdulillah :D Pelajaran Bahasa Inggrisnya seperti biasa dimulai dengan berhitung,, trus mengenal warna,, anggota badan, nama hari,,  Dan tak lama kemudian.. tiba2 pulang sekolah Azki berkata: Ibu,, kalo Satu itu.. Wahidun ya Bu? Olalalaaaa.. diajarin Bahasa Arab pulak anakku?
Trilingual. Akhirnya saya kontak Utinya Azki, bertanya, bagaimana berhitung dalam Bahasa Arab, nama-nama hari, nama anggota badan.. biar apdet gituh..

Dan di saat sedang mencoret kertas gambarnya,, Azki menunjukkan karyanya berupa huruf hijaiyah. Dan dia membuka buku Iqro, membaca sampai huruf Ta. Wow.. speechless..

Saya khawatir  anak ini mengalami overstimulasi. Semua informasi masuk mengalir deras, kaya air disiram biar bisa masuk ke botol. Saat ini saya masih  berpikir, bener ga sih sebanyak itu materi yang harus diterima anak umur 4 tahun? seingat saya,, waktu saya TK, materi sehari2 ya cuma bermain, nggambar, menari, hafalan doa, dan drum band. udah itu doang, ga sulit. ga ada bahasa Inggris. Nah ini kenapa sik musti tergesa2 mengajarkan Bahasa Inggris? apa iya kalo bisa berbahasa Inggris trus jadi keren gitu? *nyolot*

Ah itu saya aja kalik yang ga update dengan perkembangan anak sekolah jaman sekarang. Kalo kata Utinya Azki sih,, justru ini bocah musti dibanyakin kegiatan belajar di luarnya, biar masa kecilnya ga kebanyakan terekspos pengaruh teman2 sebayanya yg ga sekolah, atau yg sekolah di tempat yg pas-pasan. kan keliatan tuh mana anak2 yang didikan ortunya bener, mana yg sekolahnya bener,, gitu deh kata blio yang sudah berpengalaman menyekolahkan 3 anak.

Hmmm... ya ada benernya sih Kanjeng Uti ini.. saya juga parno kalo Azki salah berteman, secara temen mainnya di deket rumah baba itu yaaa.... bener2 di luar kriteria saya, hehehe.. ada yg masih SD kelas 1 tapi udah akrab sama film2 SahRuKhan, ada pula yg seumuran Azki tapi ga disekolahin sama ortunya tapi di rumah nontonnya acara musik2 gitu, hadeuuu... Tapi kalo kebanyakan sekolah di usia 4 tahun ini, saya juga ga rela. Halah galau deeeeh....

Kalo untuk SD *jiaaah..masih 2 tahun lagi gituh* saya prefer SDIT gitu ya.. biar ni bocah mau pake jilbab, hehee.. pengen juga sih SD Negeri unggulan, tapii... apakah aplikasi agamanya bagus? Menuruuut.... analisis Uti,, SDIT is the ultimate choice. no matter what. Tapi di mana tuh SDIT yg bagus? deket sini, deket banget, ada pesantrennya Almh.Yoyoh Yusroh. Bagus lah Insya Allah, wong mencetak penghafal Al-Quran. Tapi saya tak mau sistem pesantren.. masih SD gitu lhoh. kecuali kalo tiap sore boleh pulang, hihihi, nglunjak.

Kembali ke realita di TK.
Hari ini, tadi pagi, tiba2 Azki bilang, "Bu, besok Azki mau libur". kirain bercanda. ternyata diulang lagi pas malemnya. ga jelas deh alesannya apa. Dia juga ga mau ikut kelas olah raga. Ih aneh deeeh.. kecapekan kah? Kata ayahnya, ya wes kalo emang pengen libur, besok diajak berenang aja.

Yaah  mungkin beneran dia capek sekolah. Capek menerima materi, mungkin? Saya sendiri ga terlalu heboh pengen dia bisa nulis-baca-bicara 3 bahasa, di usia sedini ini. Saya justru lebih heboh membiasakan Azki baca doa, baca surah2 pendek.. hafalan lah pokoknya. karena memang hafalan Al-Quran itu bikin anak pinter. *karena saya ga percaya banget sama Mozart Effect, jadi saya menggebernya via hafalan surah2 pendek*

So,  berenang kah kita besok? yiukkk.. ^__^

2 comments:

yuniar said...

toss dulu di bagian yang malas berbincang dengan sesama WM, bukannya sok eksklusif yee tapi da bingung apa yang mau diomongin trus diriku suka dicuekin karena emang ga apdet perbincangan sesama WM itu :)
btw, akhirnya libur berapa hari Azki? ^_^

mommy-azki said...

aku bingung yun mo ngobrolin apa.. mosok ngobrolin topik hot di itmbh :D libur resmi 1 hari, libur ilegal 1 hari (hari ini), nah besok ga tau deh :D