Friday, September 21, 2012

Lidah Emang Ga Bisa Boong


*macam iklan mi saja

Dengan berat hati saya ngaku, susah sekali membiasakan lidah dengan masakan daerah sini. Yang saya suka cuma kerak telor dan nasi uduk. itupun ga semua nasi uduk rasanya enak. Yaa begini kalo udah bertahun2 tercemar sego liwet,, begitu kenal nasi uduk, mulut protesnya kemana-mana, hehehe... pasang benchmark-nya ketinggian sih :D

Ceritanya,, beberapa hari lalu ada acara pengajian di halaman rumah nenek. Nenek mau berangkat haji, so menurut orang sini musti ada pengajian. Karena saya udah sering bgt ga dateng ke acara2 beginian, ya weslah dateng aja deh utk yang sekarang, walopun saya lebih suka ketemu nenek secara pribadi. Tapi gara-gara Baba bilangg ada makanan banyak di sonoh, yaaa berangkat deh saya, hahahaa.. ketauan motifnya makanan. Ya mumpung lagi ga masak.

Icip punya icip.. kesimpulannya: kenapa semuanya serba pedes sih? saya suka sih pedes, tapi bukan yg semua lauk dikasi cabe gitu.. bikin gembrobyos *ini apaaa ya basa indonesia-nya* dan ga napsu makan. Makin ga napsu setelah kaki menginjak satu area lantai yg basah dan berminyak. Ini nih keanehan saya: esmosi level advance kalo ngliat ada lantai kotor. Akhirnya saya buru2 pulang ke sebelah, ke rumah baba. Eh malah baba nanyain, udah ambil nasi berkat belum? waduuuh... maaaapp.. ga doyaaaan. sebetulnya ada teri kacang, tapi terinya yang guede2 gitu dan.. pedassss. udah deh saya terima makan telur dadar aja di rumah, hehehe.

Kayanya emang bener kali ya, selera makan anak ditentukan apa yang disedian ibunya. Hampir semua yang mama saya masak, saya doyan. Bahkan saya satu2nya anaknya yg makannya paling maruk *tapi bodi ga bisa setinggi anak2nya yg lain, hehehee* Makanya mama suka heiboh masak kalo saya ke Solo,  karena merasa usaha masaknya dihargai :D

Begitu di sini, hampir semua masakan kerabat sini, saya ga suka. Azki juga ga terlalu suka. Sepupu misan Azki, seumuran, udah berani makan yg pedes2 dikit, karena emaknya ngasi2 aja sayur pedes. *dan dia bangga* *ish apa bangganya sih anak makan pedes* Azki kalo makan yaa yang non-pedes, menu-menu aman lah macam ayam/ikan goreng-bakar dan sayur sop/bayam. atau telur dan daging yg dimasak kaya yang saya biasa masak. So dia ga bakalan tuh doyan semur jengkol, wkwkww,,, Heran ih, jengkol bau gitu harganya ga mo kalah sama emas, naik mulu. Investasi jengkol aja kali yak? :D biar bau dan mahal gitu, dibela-belain beli lho sama orang sini, apalagi kalo deket2 lebaran.

Suatu hari saya pernah diundang makan2 di rumah makan tradisional di daerah Cipondoh. Yang ngundang sih nCing-nya suami, alias adiknya Baba.Kirain bakal puas gitu yaaa makannya,, ternyata ga juga. karena ya itu tadi, gara-gara beda selera. Untungnya masih ada menu ayam goreng. penyelamat deh, Azki juga suka.

Sebetulnya selera makan saya ga aneh-aneh sih, masih masuk kategori normal, ga picky eater :D asal udah kenal aja sama menunya :)

Yawsud-lah, lain kali kalo ke acara beginian, ga ngarep banyak soal menunya, takut kuciwa dan kelaperan, hehehee..


2 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

alvin suka pedas loh :) aku kalau masak gak dibeda2in

ke2nai said...

sy sekeluarga termasuk yg doyan makan.. tp kalo jengkol sih enggak lah.. :D