Wednesday, February 29, 2012

Sumbangan


Pintu depan rumah saya selalu tertutup, termasuk tirainya juga. *tapi bukan rumah vampir ya* beda ama habit orang sini dimana klo si empunya rumah available *ada di rumah maksudnyah*, pintu depan pasti terbuka lebar.

Sebetulnya kelakuan saya menutup rapat opening di fasade depan *ini bahasa apaaa* adalah krn malas melayani orang2 yang minta sumbangan, oknum2 yg membawa proposal yg udah lecek digulung, minta sumbangan untuk bangun mesjid di suatu tempat antah-berantah.

Kaya kemarin sore nih..pas saya lagi nongkrong di rumah mertua, di teras. tiba-tiba ada beberapa ABG tanggung gitu yg minta sumbangan. Pas ditanya berkali2, baru jelas kalo *katanya sih* itu buat masjid di daerah Jembatan Lima. Beuuuh jauh amaaat lu nyari duit ampe sini.. Trus kata jubir mereka: Iya, ditugasinny di sini. Lhoh lhoh lhoh.. sekarang udah ada divisi regional toh untuk pekerjaan minta sumbangan? Akhirnya ya dikasi duit juga sih :D

Jadi inget sama Mama-Ayah saya kalo urusan minta sumbangan ga jelas ini.
Mama (versi setuju): ya udahlah kasi aja, buat amal. ya terserah dia kali, mo dipake buat apa.
Ayah (versi ga setuju): ah ngapain sik ngasi2 gitu.. jelas2 udah ada badan amal, zakat, infak.. setor ke sana aja.lagian duit dikasi gitu paling buat main doang.

hahahaa... jadi inget juga kalo dulu lagi ke luar kota naik mobil, sama Mama-Ayah, sepanjang perjalanan Bontang-Samarinda and vice-versa. di beberapa titik tertentu suka ada orang nongkrong di tengah jalan, pasang tong gede buat semacam signage keberadaan mereka. trus pasang jala kecil utk nampung duit sumbangan dari pengendara yg lewat.

Mama: (ngomong ke Ayah) sik sik Mas, aku ta'ngasi infak ke situ
Ayah: halah ga usah, di belakang banyak truk dan bis, ngebut2. ntar lain kali kita bawa semen ke sini.
Mama: ih diajakin amal jariah kok ga mau
Ayah: bukan masalah amal jariah. mengko nek kesruduk bis, piye?? iki dalan-e sepi ning rawan kecelakaan. (nanti kalo keseruduk bis, gimana?ini jalannya sepi tapi rawan kecelakaan)

eh tapi Mama pernah juga lho tiba2 pelit ngasi derma gitu. Misalnya pas lagi lebaran di Bontang nih, suka ada gerombolan anak2 ngedatengin rumah, minta duit 5ribuan per anak. *jaman dulu kan 5ribu gede, aplg klo ada 5-8 anak ngedatengin 100 rumah* Ini bocah-bocah diajak masuk n makan2, mereka ga mau. Dasar si mama ga mau rugi, akhirnya dengan iseng beliau ngetes: Ayo baca Al-Fatihah dulu, ntar dikasi uang deh. Anak-anak itu kabur dengan sukses.

Hmm.. kira2 saya tega ga ya ngerjain anak2 itu? wong minta sumbangan kok malah disuruh baca surah Al-Fatihah. Tapi kalo argumentasinya Mama: Lha kalo dia bener anak mesjid, pasti hafal dong.. Eh canggih juga strateginya Mama :D ntar kapan2 nyoba ah.. kalo hafal ntar dikasinya gedean deh :D *big grin*

tapi sebetulnya, balik lagi ke urusan pintu, ada yg rugi juga sih,, misalnya pak RT. pasti dia pening warganya yg ini kalo didatengin buat diambil uang keamanan, pasti lagi pergi. wkwkwk..makanya transfer aja Pak :D

Saya sih prefer ngasi infak ya langsung ke masjid atau ke badan amal via transfer. kan kalo di ATM Bank *****ri itu kan ada opsi rekening ZIS tuh.. Insya Allah tersalurkan, aamiin. eh bukan mo pamer soal derma, tp ngasi opini dan sharing ajah. *blog gue ini :D*




No comments: