Monday, July 20, 2009

Mana DSA-nya ??

Satu pertanyaan sebagai review: kenapa di daerah keluarga Maliki tinggal ga ada dokter anak?

Iya ya, kenapa ya? selama ibu puter2 di sini, dokter anak cuma ada di Hermina. itu pun cukup jauh untuk ukuran ibu yang skala jaraknya terbiasa dengan kota Bandung, Bontang, dan Solo.. maksudnya kemana2 deket. Ke Hermina kira2 20 menit naik motor.

Kata tetangga2 sih ada dokter anak di daerah Pos I atau somewhere like that. tapi ayah Azki juga ga yakin tuh dokter bener2 ada. Jadi, ke mana dong tetangga2 membawa anaknya berobat? macem2, ada yang ke dokter umum, ada yang ke bidan, ada juga yang ke tukang pijet bayi. Ibu suka pengen tau tentang kunjungan ibu2 tetangga ke dokter umum. berikut petikan wawancaranya (nama tetangga disamarkan agar yang bersangkutan ga geer bisa masuk blog ini, hihihi)

Ibu : Si Cecep sakit apa, mbak Odah?
Odah : demam-pilek, mbak Laily
I : sejak kapan?
O : tadi malam, langsung takbawa ke dokter
I : kasiaaan...dokter mana?
O : (menyebut nama bidan)
I : walah, kok ke bidan siyy..trus dikasi obat apa?
O : banyak, ada antibiotik, puyer,...
I : ya ampyuun... loba pisan nyak...
O : ya mau gimana lagi, biar cepat sembuh juga sih.
I : kenapa ga ditunggu dulu ampe 3 hari, baru ke dokter? masa ke bidan siy?
O : aku dah stress mbak, bocah sakit ngga mau makan, nangis wae..
I : (speechless..baru semalem sakit sudah stres yaa)

lalu ibu cerita tentang home treatment untuk demam-pilek ke mbak Odah tadi. ceritanya ngalor-ngidul sana-sini...tapi kalo dilihat dari tampangnya, si mbak Odah ini ga gitu percaya sama cerita ibu. lha abis gimana, wong sama2 baru jadi ibu, pendatang baru pulak ibu Azki ini. ya jelas aja di-underestimate. udah gitu ketauan pernah mbawa Azki ke RS, hihihi..

Tapi ya sudahlah, percaya ga percaya, yang penting ibu sudah berusaha memberi tau.

Biaya tentunya menjadi faktor utama kenapa rekan2 tetangga ini ga mau membawa anaknya ke DSA. sekali kunjungan, biaya DSA di sini mencapai 123ribu rupiah. heheh,,belum tau aja ada yang lebih mahal.

Selain biaya, tentunya pengetahuan tentang home treatment bisa dibilang ga ada. boro2 home treatment, ASI aja dibilang ketinggalan jaman, piye toh...mungkin dibilang gaul kali ya kalo beli sufor, hehe..

memang perlu sosialisasi yang ulet. perlu role model. perlu orang2 berjiwa besar juga barangkali, hehe...

ada ga yaa, dokter anak, yang murah meriah , yang berpegang pada RUM (rational usage of medicine), sayang anak2, dan mau ditempatin di kampung ini? hihihi..

No comments: