Friday, July 24, 2009

BB Azki dan Susah Makan Lagi

penampilan fisik itu masih segalanya ternyata...:(

saat bayi, gendut dipuja-puji
saat dewasa, langsing disanjung-sanjung
saat bayi dan dewasa, kulit putih tetap nomor satu
sebuah fenomena lucu di negeri ini

banyak yang protes nih kenapa Azki yang umurnya 11 bulan BBnya cuma 7 kiloan.
Hmm..kenapa ya? ibu juga binun.
Ngemilnya sering.
makan berat, 3x sehari.
Nyusu ASI, suka2nya bayi.
Geraknya? dari depan sampe belakang rumah.
akhirnya yang disalahkan adalah ibu:

"ASI mu itu udah ga bagus. harusnya Azki sudah diminumkan susu tambahan"
so I've been told by Uti-nya Azki.

"Mbok ya kaya anaknya si A, si B, lemu ipel-ipel nyenengke sing nyawang."
*sori ya yang ga Javanese Platform, mungkin ga bisa mencerna potongan kalimat tsb*

kata dokter di Solo juga idem ditto:
"duh, kurang sekali ya BBnya"
lh kok pake sekali sih
berasa ibu ini kurang canggih memberi makan, hiks hiks hiks...

ohyak, dibilang kurang karna parameternya pake grafik yang di Kartu Menuju Sehat itu lhoh, yang dari jaman aku bayi belum direvisi. copy-paste, ceritane.

Azki memang sudah 2minggu terakhir ini makan susaaaaaaah bangetz.
eh, tapi susahnya khusus makanan yg ibu suapi dari mangkok dan pake sendok khusus bayi
Azki masih mau makan kentang rebus yang dicomot sendiri dari mangkok
Masih mau ngemil wortel rebus, lagi2 yang dicomot sendiri
Masih mau makan nasi lembek dari piring ibu (tapi tetep ibu yg nyuap, sejumput doang)
Nasi lembeknya disisipi bayam sak-ndulit, biar ga serasa puasa mutih, hihihi
dan anehnya sekarang sukaaa banget sama biskuit bayi

ibu jadi sedih..
berubah drastis banget sistem makannya.
yang dulunya hap..hap..hap tiap ada sendok nempel
sekarang langsung melengos tiap lihat sendok datang

brati ibu harus bikin menu baru yang teksturnya padat-lunak bisa digenggam
apakah ituu???

azki juga ga mau kuah euy.
dibuatkan kuah sop dan bayam, ditolak.
mulutnya digembok, dan dikasi kunci kombinasi gitu. jadi ibu ngga bisa buka, hihii..

6 comments:

Desy Noer said...

hahaha.. lucu bahasanya. Yang javanese artinya apaan? suer gak ngerti. Maklum, aku kan azli sundanese.

Soal BB, gak perlu kuatir, bukan masalah ASI nya yang gak bagus. Kalo menurutku sih, mungkin Azki ini kapasitasnya emang segitu. Dont worry lah yang paling penting tetep sehat. Sabar aja dalam menyuapin makannya.

Zaheer juga akhir-akhir ini lagi agak susah makannya, sedikit. paling nyampe 10 suapan, kesononya udah. jadinya sering-sering aja aku kasih makan, hehe.. kadang sehari bisa nyampe 6 kali.

mommy-azki said...

Iya mama Zaheer, sptinya memang Azki ini ditakdirkan berbadan langsing.

oo..asli sunda? wah, tiyasa atuh abdi belajar basa sunda. qiqiqiq...

lemu itu gemuk.
ipel-ipel itu bisa diartikan Chubby
nyenengke itu membuat senang
sing nyawang itu yang memandang.

gitu deh kursus singkat basa jawa :)

dimas_mesin said...

copy-paste grafik yang di Kartu Menuju Sehat :))
hahaha...ngakak kali aku mbacanya..
jaman aku kecil dulu pake g ya???
berhubung ane lum ada pengalaman punya momongan jadinya berdasarkan pengalaman pribadi ajah ya...
dulu keknya waktu kecil ane termasuk yg kuyus kering deh, ceking, ampe dibilangin tetangga2 kena cacingan...tapi buktinya sekarang kan posturnya bisa ideal gitu...xixixi...
jadinya keknya sante aja deh bu :D

bunda zikra said...

azki ayo dong kasian ibu nak udah sedih begitu sampe asinya disalahin. duh mom, jadi berasa bagnet sedihnya emang ya kalo anak gak mau makan. aku juga sempat ngerasain zikra GTM pas 8 bulan dulu umurnya, sedihh banget karna semua orang nyalahin gak bisa ngurus anak dgn baik:(

tetap semangat memberi asi dan gizi buat azki ya mom. kita ibunya pasti tau yang terbaik buat anak kita;)

indra2fa said...

kalo sy sih lebih seneng anak2 langsing daripada ipul2, soalnya gendongnya lebih enteng..hihihi..
Tapi kalo liat anak2 tetangga suka gemes sama yang ipel2 :)
Menurut sy sih selama anaknya sehat, gak ada masalah dlm perkembangannya cuek aja lah. Rafa kalo ke dokter pasti dibilang kurang gizi soalnya udah umur >2y tp BB-nya masih 10kg, gak nambah2. Komentar emaknya ? nyantai aja :)

mommy-azki said...

@bunda Rafa: tul sekali, santai sajaaaa :)