Thursday, July 9, 2009

Habis Salmon terbitlah Tempe

Pasca sakit perutnya itu, Azki jadi susah maem. apa semua bayi begini ya, kalo habis sakit, selera makan menurun? memang baru 3 hari sih, sembuh benernya. tapi kalo maemnya ga lancar, kan ibu cemas juga. ohiyak, pascasakit, kulit punggung Azki jadi banyak ruam2 merahnya pas habis dikasi bubur salmon. wuah...ga doyan ikan mahal ni anak :)) syukurlah. akhirnya ibu bikinkan menu baru, bubur perkedel tempe.

pertama, bikin air kaldu dari ceker atau dada ayam, yang airnya dikasi irisan daun bawang yg banyak, dan dikasi potongan jahe yang udah dihantam (bhs kuliner sih 'dimemarkan').

Lalu, kalo air kaldu tadi sudah mendidih, lemak ayamnya sudah keluar dan airnya sudah berminyak, masukkan berasnya. aduk2 aja sampe kental.

meanwhile,,,bikin bubur tempe:
tempe dikukus, lalu diblender bersama wortel, bw bombay, dan daging ayam.
tambahkan sedikit air kaldu.
kalo mau, kasi pala bubuk dikit.
blender seperlunya aja, tingkat kehalusannya disesuaikan bayinya aja.
Udah diblender, dikukus lagi sekitar 40 menit.

gitu deh...dan lumayan mau tuh Azki makan makanan beginian, entah resepnya didonlot dari mana. kerjaan ibu ini mah :P yang penting di kulkas ada bahan mentah, dan di meja dapur ada panci dan kawan2nya.

1 comment:

Diyah said...

Alhamdulilah kalo Azki dah sembuh. Kemarin Zalfa sempet diare juga, ke dokter ditimbang beratnya cuma 7 kg padahal mo 14 bln lho!
Padahal makannya lumayan cuma porsinya emang sedikit kayaknya emang perawakannya yang susah gemuk, mungkin genetik dari abinya. Soalnya kalo klg ummi termasuk gerombolan si berat he..he..he..