Saturday, January 3, 2009

Cuciaaan deh Akyu...

Sejak Azki lahir, aku meng-hire tetangga untuk nyuci semua baju-popok Azki, bajuku, dan semua fabric yang ada di kamarku. Lumayan murah bayarnya, 40ribu per 7 hari. Ya dibandingin kalo ngerjain sendiri, capek laa, apalagi habis ngelahirin badan rasanya capek setiap hari, padahal kerja aja ngga. Mungkin capek bangun malamnya ya..
Naah..one day, aku berpikir untuk memberhentikan si ibu cuci ini. Pertimbangannya, Azki dah umur 3 bulan lebih, frekuensi begadang juga berkurang drastis, trus pupnya juga ga sesering dulu (jadi sekitar 2-3 hari sekali, it’s normal). Tapi ga dibolehin Utinya Azki. Malah sempat ditawari akan dibayari upah tukang cuci. Sebetulnya utamanya sih bukan masalah uang. Tapi masalah kualitas kerja. Si ibu ini lama-lama suka ngaco SOP mencucinya, ngga sesuai dengan requirement ku. Masa popok-baju-selimut segambreng-gambreng pernah dia cuci hanya dalam waktu 20 menit. Itu dah termasuk jemur lhoo. Hah yang bener aja!!. Sama sekali aku ngga terkesan laah, malah curiga, itu popok dicuci pake deterjen atau malah cuma dicelup ke molto. Alesannya dia mau ada meeting di kelurahan, ceileee meeting boo, aku aja dah lupa apa artinya meeting. Nah akhirnya aku intip lah itu dia punya metode kerja. Dan bener kaan, ngga sesuai ama standar ku dalam mencuci popok.
Setelah aku cerita ke Uti tentang cara kerja si tukang cuci itu, Uti langsung aja menanyakan kebenaran-nya ke tukang cuci. Ya jelas aja disangkal. Akhirnya aku iseng2 aja nyamperin dia yang lagi nyuci. Dan ternyata dia boong dong. Ah keselnya..sudah dibayar segitu (which is too expensive, kata Uti) tapi kerjaan ga bener.
Then..datanglah moment yang tepat untuk memberhentikan jasa cuci. Yaitu pas mau pulang ke Tangerang. Tapi kan akhirnya aku ga jadi pulang tuh di tanggal yang direncanakan. Uti nyuruh aku untuk manggil tukang cuci itu lagi. Hmm,,kayanya ngga deh. Rugi euy. Akhirnya aku mulai nyuci sendiri. Ternyata ga susah kok, pinter2 cari waktu aja di mana Azki lagi anteng. Malah seringnya nyuci pas habis subuh, jam 5an gitu, kan Azki belum bangun. Biar ngga capek, harus pinter2 ngatur jumlah cucian. Misalnya, sejak mandi pagi sampai magrib Azki pake celana lapis kain garis2 dilapis celana toilet training. Lalu malamnya pake diapers. Walhasil aku nyuci popok cuma 6-7 buah per hari. baju-celana 2 stel. Kain bedong yang dijadiin selimut maksimal 2 per hari. Cukup ringan..bajuku sendiri dicuci tiap 2 hari sekali.
Sempat diprotes Uti karena pake diapers. Tapi pake diapers tuh justru jadi hemat lho, bukan malah buang-buang duit. Coba kalkulasi. Tukang cuci sebulan harganya 160 ribu. Kualitas kerja ngga jelas. Dengan diapers, sehari pake satu. Anggaplah harganya 1500 per buah, sebulan habisnya ngga lebih dari 50 ribu. Udah gitu hemat air, hemat sabun, hemat waktu, dan hemat tenaga. Ya tapi limbahnya itu kan susah di-recycle yah. Hmm…tapi kan selisihnya bisa buat ibu pake beli makanan.
Awalnya ya kaget nyuci sendiri, tapi setelah melihat tayangan2 film amerika sono dan cerita ibu-ibu Indonesia yang tinggal di luar negeri di mana mereka nyuci sendiri karena jasa tukang cuci mahal, aku pede aja, can work this out. Ayo nyuciii…

No comments: