Saturday, November 30, 2013

NgeWasit


Buat ibu-ibu yang anaknya udah 2 atau lebih,,, dijamin sudah kenyang yaah jadi wasit, melerai anak2 kalo lagi rebutan,, baik itu rebutan mainan, perhatian, bahkan suapan makanan, huehehee 

Saya dalam sehari bisa tuh 4x dinas jadi wasit. Heran yaaaah,, anak2 ini kok ga bosen rebutan hal yang sama tiap hari. Dan seperti yang terjadi di belahan dunia lainnya,,, anak2 ini kebiasaan ngrebutin barang yang awalnya ga dipake,,trus si kakak ngambil,, dan si adek liat, lalu mereka rebutan. Duel classico banget kan yaaa. Emangnya cuma Madrid-Barca yang bisa duel., Azki-Hiro juga bisaaa :D

Contoh kasus nih.. 

1. Rebutan buku. Misalnya Azki ngambil buku tentang Nabi Musa. Hiro ngrebut,, ga mau diganti buku nabi yang lain. Azki marah ke Hiro. Hiro terprovokasi, lalu menjambak kakaknya. Nangisss semua. Wasit dateng.

kecapekan gelut, tepar semuanyaah :D


2. Rebutan lego. Awalnya sih main bareng,, masing-masing dapet bagian. Trus Azki biasanya bilang,, Dek mau dibuatin crabby patty/kamera/kereta/rumahbdari lego ga dek? Si adek ngangguk. Karena bikin2 bgitu tuh butuh lego banyak,, akhirnya kepake deh jatah legonya Hiro. Hiro marah, ngejar2 kakaknya sambil teriak "mauuu". Kakaknya kekeuh ga mau ngasi, akhirnya si kakak dijambak sama adek. Nangis semuaaa. Wasit dateng.

Yang lagi adem begini biasanya ngga happy ending :D
3. Rebutan perhatian ibu. Sekitar 3x sehari saya nggiring Azki ke kasur buat baca2, entah itu baca iqro, atau hafalan surat pendek, atau saya mbacain dia buku cerita. Si adek...yang lagi main sendirian,,, nimbrung dan tiba2 ngedudukin saya di punggung sambil njot-njotan, atau nunjuk2 objek di buku minta disebutkan warna/benda apa itu. Bubaaaaarrr agenda saya sama Azki. Wasit bobo.

4. Rebutan gadget. Ah ini mah udah pasti tau ya,,, si kakak mau nonton disney, si adek mau nonton shaun the train, haissssh lieurrr. Hiro kan blom bisa ya dikasi tau begini: gantian ya,, 1 judul ganti giliran. Maunya mah dia aja terus. Wasit kabur.

5. Rebutan papan renang. Awalnya nyewa 1 malah jadi 2. Pada ga mau gantian sih :D





6. Rebutan nesting di lemarinya ayah. Ini permainan ga pentiinng :D




Teruuus bagaimana mengatasinya? Saya ga kebanyakan teori sih, pantes aja ngerasa frustrasi, hahahaaa. Apalagi ini anak beda jenis, satu laki, satu pereu. Ga bisa di-handle dengan metode yang sama, apalagi kalo udah pada baligh. *mikirnya kejauhan yak*. so far ngatasinnya... Dengan cara kompensasi. Misalnya rebutan season pagi Azki yang disuruh ngalah,,, ntar season sore gantian Hiro yang ngalah, liat2 situasi juga sih. Kadang juga saya biarin aja tuh anak dua ribut, ntar kalo udah 10 menit ditiriskan (lo kira indomi goreeeengg). Dilerai, maksodnyaaa, hihihi..

Kapan yaaaaa anak2 ini berhenti rebutan.

Bahagia bisa mengakuisisi jolang :D


Sebetulnya kalau lagi berdua gini yo apik lho janjane., lapo seh ribut ae..

kakak yang sayang adek walopun bolak balik dijambak dan diinjek2 si adek :D


4 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

biasanya yang suka merebut itu adik ya mbak

mommy-azki said...

iya ih, bener banget mbak :) tapi saya dulu posisinya sebagai adek, ga pernah gitu deh :D

Cicha Z said...

Wah sudah 2 ya sekarang.. Azki sudah punya adik. Seruuuu haha.

Siap2 belajar nih kalau Shaina punya adik nanti. Harus nyetok sabar bergalon-galon untuk ditelan haha

mommy-azki said...

Mama Chicaa,,hai haii. Iya web lamamu hilang gt yaa, bisa2 dibeli orang padahal domainnya juga nama kalian berdua gitu lho.

Kalo ditelan udah ga sanggup mungkin harus diinfus pake stok sabar :D