Friday, June 8, 2012

[Review} Roebic K-67


Apaan tuh Roebic K-67?

Beberapa minggu lalu saluran sink di rumah macet. *sink: bak cuci piring*  tiap kali penuh karena habis cuci2, airnya meluap dan merembes melalui sambungan pipa di bawah meja dapur. Ga bau sih, cuma bikin banjir aja. Awalnya sih saya coba cuekin aja, toh nyuci piring kotor bisa pindah bentar ke halaman belakang, pake kran mesin cuci. Ternyata lama-lama saya ga betah juga. Karena capek bok nyuci perabot sambil duduk di dingklik alias bangku kecil, sementara air kotor di pipa sink belum turun. Hasilnya adalah, cucian piring-gelas-sendok menumpuk nunggu antrian.

Akhirnya saya browsing2 cara menyembuhkan sumbatan pipa, terutama pipa sink. Ada yang menyarankan, tuangkan larutan baking soda dan air panas ke dalam pipa. Ada pula saran menuangkan soda api. Yang coba saya lakukan adalah menuangkan larutan baking soda. Stok baking soda saya langsung drop, hampir habis.. dan saluran masih mampet. mau coba nuangin soda api, tapi kok khawatir sama  keberlangsungan kondisi pipa.  Akhirnya saya main aja ke ACE Hardware,, feeling saya di sini bakal ketemu obat penyembuh mampetnya pipa.

Di ACE ada beberapa pilihan untuk mengobati "Slow Drain" ini. ada yang bentuk cairan yang langsung dituang, lalu ada pula yang berbentuk granules seperti gula pasir yang harus dilarutkan ke dalam air panas sebelum dituang ke pipa. Saya coba beli yang bentuk granules, merknya Roebic K-67.


Kalo dilihat dari kemasannya, si Roebic ini bisa dipakai untuk segala macam pipa, bahkan pipa menuju septic tank dan pipa pembuangan dari kamar mandi ke riol kota. Si Roebic ini ga bersifat korosif karena zat aktifnya berupa enzim dan bakteri, sehingga ga membunuh bakteri pengurai di dalam septic tank.  Okelah, bungkusss di kasir. Dengan berat net 2.5 lbs atau sekitar 1.134 kg, harganya sekitar Rp 156.000.

Hasilnya? setelah dipakai 4 kali dengan takaran dan syarat peemakaian sesuai petunjuk, saluran pipa langsung lancar lagi. Wuih, sampai 4 kali guyur gitu ya,, ya iyalah, wong 3 tahun ga pernah diobatin, wajar kalo lemaknya udah tebel, menyumbat aliran air. Ohya, dengan 4 kali pakai ini, masih tersisa buanyak banget, bisalah dipake selama minimal 1 tahun, untuk pipa septic tank, pipa air kotor kamar mandi, dan saluran pembuangan sampah.

yoook bersih-bersih pipa...:)


4 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

sudah pernah soda api belum ?

mommy-azki said...

akhirnya ga nyobain soda api. karena memang bukan peruntukannya. dan sifatnya soda api yg lumayan korosif thd pipa. kalo pipanya kenapa2,,musti bongkar, dan itu manggil tukang. bisa lebih mahal drpd beli roebic :D

Adisti said...

Wah, review ini berguna sekali mba :). Kebetulan pipa air dikamar mandi tersumbat jadi kalo abis mandi lamaaaaaa bgt airnya turun. Mau coba beli ini aah mudah2an tokcer.. :D

makJoel said...

Ini sampe d bookmark lho mak lel.. berguna infonya. Nuhuuuunnnsss