Thursday, June 7, 2012

Belajar Nyetir


Hadits Rasulullah yang menyebutkan anjuran untuk bisa berkuda saya tafsirkan sebagai "anjuran bisa mengendarai kendaraan".

Terlepas ngaco atau ngga-nya tafsiran saya, sebetulnya memang keahlian mengemudi itu amatlah berguna.

Waktu masih TK, saya belajar naik sepeda. Awalnya roda 4, trus lama-lama jadi roda dua. Saat SD, saya sudah dipercaya ortu naik sepeda model MTB gitu, untuk dibawa ke sekolah, setelah sekian lama naik becak. Dan akhirnya itu sepeda hilang karena saya lengah.

Pas SMP-SMA, saya gigit jari karena berangkat sekolah ga bisa naik sepeda lagi. gigit jari juga karena banyak teman2 udah banyak yg bisa nyetir motor. mau minta diajari nyetir motor, ga mungkin juga. dan akhirnya tambah gigit semua jari karena... kakak diajarin nyetir mobil dan saya nggak. Ga nyampe juga sih kakinya, ke pedal, so percuma juga toh diajari :D

Eh tapi akhirnya pas SMA, ada teman yang berbaik hati menumbalkan motornya biar saya bisa belajar nyetir motor. Motor bebek sih, jadi gampang laah *belagu* ya gampang aja, nyetir motornya kan di Bontang, di area perusahaan pulak. seng ada lawaaaan..alias jalanan sepi, ga usah khawatir ketabrak.

Pas kuliah, saya pernah mencelakakan motor teman, sekalian bonus nyerempet 2 mobil teman yang lain. Ceritanya saya grogi nyebrangin motor di Jln Dipati Ukur. Itu jalan kan rameee banget ya, baik itu arah Simpang Dago, maupun arah Unpad. Ya wes lah, merogoh kocek untuk mengganti kerusakan. anak kosan disuruh ngganti  reparasi motor, langsung puasa setengah bulan :D.

Setelah kejadian tabrakan itu, saya lgsg ilfil ga mau lagi nyoba nyetir motor. Untungnya ada temen kos yang berbaik hati meminjam motor temennya buat ditumbalkan lagi ke saya. Saya dah warning aja, klo kenapa2 lagi, ongkos reparasi temen kos saya itu yg harus nanggung. Tapi yaa... pelajaran menyetir pun lulus dengan nilai D, dan harus SP *halahh*. Satu pesan dari Sang Suhu yang bikin saya PD nyetir motor adalah: ga usah takut naik motor, pengendara lain kan juga bisa liat ada kamu lagi nyetir. Hmm.bener juga sih,, tapi lain cerita kalo pengendara lain lagi error otaknya dan nubruk saya *heeeuuuu amitamiiit*

Sekarang saya udah lebih lancar nyetir motor, udah berani mboncengin Azki segala lho :D Hah,,,bangga banget. Ya yes dong, bangga. High achievement ini :D eh awalnya Azki ga berani membonceng kalo saya yang nyetir motor. Wah kalah derajat dong saya dibanding Rahma,, secara Azki berani naik mbonceng kalo Rahma yang jadi supirnya. Lama-lama Azki ngiler juga tuh saya boncengin, apalagi saya perginya ke tempat yang menurut dia tu asyik, yaitu Pasar Duta Garden dan kolam renang, wkwkwkww.. BTW saya berani mboncengin Azki karena naik motor matic. Kalo naik motor bebek,,masih takut, secara itu motor kan lebih berat, takut kenapa2. kalo sendirian sih boleh aja, asal ga sampe keluar ke Jln Daan Mogot. *masih jiper* eh,,bukan jiper, tapi ga punya SIM :D
Soal nyetir motor, mama saya ga percaya lho saya bisa naik motor. Yaaa menghina banget -___-" waktu saya minjem motornya Rahma, blio pasang muka khawatir banget, dan bolak balik nanya: iso tenan ra? (bisa beneran ga?) grrr.... tapi pas beneran nyetir, grogi juga sih, soalnya motornya Rahma ini Honda Beat, ringan banget. Saya yang biasa pake motor bebek Jupiter dan motor matic Vario Techno, jadi ngerasanya oleng. walhasil ga berani ngebut deh.

Impian saya tentunya bisa nyetir mobil. Ini gara-gara suami sering ngantuk kalo kelamaan nyetir *salahkan obesitasnya* Pas hamil Hiro, pernah sih saya diajari nyetir,,tapi langsung mundur teratur begitu tau instrukturnya galak (baca: suami). Huhuhu... apa saya kependekan ya posturnya? tapi ada kok ibu2 di sono yang setinggi saya, bisa nyetir mobil type jeep. Yaaa..kurang giat aja kali ya, saya. Sampai-sampai Azki aja bisa mencibir, ":Ibu mah ga bisa nyetir mobil". Mungkinkah harus ganti mobil jd yg matic? hahahaa..ditampol bolakbalik deh sama ayahnya Azki. Ish,, lagian sih, si ayah soksibuk benerrr,,,ga sempet ngajarin nyetir. mustinya belajar nyetir pas Hiro masih mau ditaru car seat. *eh, Hiro diajak belajar nyetir mobil? ga bahaya tuh?* okey then, dititip ke mertua deh :D


No comments: