Friday, August 7, 2009

Hasilnya adalah: Diet

Akhirnya kelakon juga Azki dibawa sowan ke pak dokter yang disinyalir mampu menangani bayi dengan gangguan makanan.

Perjalanannya jauh ya, antarkota antarpropinsi, tapi untunglah bisa ditempuh dengan naik bis transjakarta. Tapi yaa, demi anak apapun kujalani (cie...merdu amat lagunya:))

Dan setelah sampe di tujuan, dapet antrian nomor 15. Kyaaa...sudah dtg pagi2 masih juga dapet nomor buntut. Sebetulnya sudah tau sih resikonya bakal begini,,,harusnya jangan kaget dong ya.
Rite then, dateng jam 9 masuk ke ruang praktik jam 12. masih lamaan nunggu giliran sidang TA kok, hehe...

Jadi apa kata pak dokter?
Azki mengalami Food Hypersensitivity.
Dan gejalanya persis banget sama yang dijelaskan blio. Berikut:
* Kulit lecet, gatel2
* BAB bergumpal, ngeden, ga tiap hari, baunya menyengat, warnanya gelap
* kentutnya berbunyi keras
* tidurnya ngorok (tp volumenya masih lirih sih)
* suka bersin

Akibatnya ada gangguan perilaku:
* Gerak motorik berlebihan. Bahkan pak dokter pun bertanya: sudah berapa kali jatuh dari kasur? hehe...baru 3x Dok..
* Sering menghentakkan kepala ke belakang
* kalo digendong maunya posisi berdiri
* suka smackdown (membanting diri di kasur)
* Kepala beberapa terbentur dinding karna aktif sekali
* tidurnya gulang-guling ga tenang
* duduknya letter W
* gampang bosan sama satu hal

Nah,,itulah gangguan motorik pada Azki yang sesuai dengan prediksi Pak Dokter.
Cumaaa..pak Dokter berkata: jangan khawatir Bu, karena biasanya anak seperti ini Sangat Cerdas. Hohoo...ibu sih maunya Azki cerdas tapi ga kena FH ini :p

Trus bagaimana penanganannya? Jadi Azki harus diet!! banyak makanan yang selama ini dimakan justru sebenarnya ga boleh, misalnya: Pisang, jeruk, melon, semangka, mangga, yakult, dan agar2 berwarna. Ada juga salmon, bubur instan, brokoli, ayam, telur, kecap manis, kacang ijo, labu, jagung, makaroni, ketan.

Haaa....sebanyak itu?? trus makan apa dong?
tenangg..masih boleh kok makan daging sapi, wortel, kentang, ubi, kambing, tahu-tempe, tofu, bayam, bihun, toge, mujair, patin, lele, jambu biji, apel, pir, pepaya.

tinggal ibu aja yg musti unjuk kebolehan di dapur.

Kata pak dokter pantangan ini akan dilakukan selama 2 bulan, tapi bulan depan harus kontrol lagi. sapa tau black listnya bisa berkurang. amiiiin....

13 comments:

alumongga said...

Walaah.. penyakit sensitif thd makanan itu ada to? Kalau saya sensitifnya thd makanan mahal tur mbayar dewe hehehe.

Mbak, gejala FH yang kulit lecet dan gatel2 itu scr spesifik di tubuh bagian mana?

Hehehe bener yak. Anak cerdas kalau harus ngalamin FH ya para ibu pada gak mau deh. Anyway, thanks sharingnya. Jadi tambah ilmu deh :-)

mommy-azki said...

yoi, ternyata ada ya..biasanya yang sensitif tuh ibunya; sensitif di dompet, wkwkwkwk...

Azki nih lecet di lipatan paha. padahal kan ga gemuk, tp kok lecet. Dulu pas bulan2 pertama, lecetnya di ketiak, trus ilang. tapi setelah MPASI, pindah ke paha.

ternyata FH tuh g cuma gatal2, tidur glibagan juga efek FH.

Semoga bisa bermanfaat buat kita semua, maklum anak pertama. Ilmu dari ortu juga kurang kompatibel kalo dipake di jaman sekarang :(

ocha bunda alma said...

wah dietnya banyak bener azki...aku baru tau jg ada penyakit FH ini ya...kasian azki apa ada turunan ya bu?

mommy-azki said...

@ocha bunda alma:
Iya, kondisi ini warisan. kata dokternya, kmungkinan besar warisan dari ayahnya, karena secara wajah ayah-anak ini mirip (serius lhoh). tapi saya pas kecil juga alergian sih, badan kecil ga bisa gemuk.

Sepertinya rekayasa genetik pada tingkat sel kelamin diperlukan nih untuk mengurangi alergi pada calon anak.

mami vaya said...

wah mom,
ini sakit karena alergikah? dokternya yg dimana ya? ciri2nya sih hpr sama ya dgn ciri anak alergi, mulai dari gelagat motorik maupun kondisi pup dll.
masalahnya si vaya ini hobi banged smackdown dan banting2 kepala, udah tahu sakit tetep aja dibanting klo lg ga senang hatinya. jd pengen konsul jg, semoga sih bukan krn apa2 ya....

dietnya sih masih diet alergi, saking dietnya dia da bosen makannya ituuuuuuuu aja hehehee....

mommy-azki said...

@mami vaya:
Iye, kasian ya kecil2 diet. Emaknya juga hampir mati gaya di dapur :p

Ini dokternya dr Widodo yg di RS Bunda Menteng. Saya bilangnya "dokter sejuta bayi", habis sering banget direkomen ibu2 yg anaknya punya eating disorder. sayang sekali antrinya puanjaaang...dan sayangnya lagi, sembari nunggu tuh ga ada yg bisa ditonton (maksudnya pengen window shopping ke toko manaaa gitu). deket situ kan banyak rumah. harus membawa benda BT-killer deh =D

Wah Vaya gaya merajuknya kereeen :P
Kalo Azki gaya merajuknya pasti kepalanya dihentak2 ke belakang, sampe khawatir terkilir itu leher :(

ke2nai said...

waduh macem2 aja penyakit.. semoga gak lama2 ya dietnya.. :)

mommy-azki said...

@ke2nai: amiiin..makasih doanya yaa. diet selesai, biar bisa makan enak :)

Maliki Taher said...

FYI...
ayahnya tidak mnurunkan pnyakit krn makanan.krn ayahnya dpt memakan apa saja.makanan enak yg gratis,semuanya masuk.hehehe

Dr. Widodo di kloning aja say,kan lumayan tuh,incomennya bs tambah banyak,hehehe

CichaMamaShaina said...

pasti ini dr.Widodo ya? hehe.. ciri2 dietnya sama soalnya.
Shaina juga dsanya Widodo.

Dewi said...

mba... met kenal yah??? ke dokter siapa tuh??? inisialnya W bukan? di RS B yah??? kok banyak amat dietnya??? emang masalah awal Azki kenapa? Kasian dong kalo Azki masih kecil udah disuruh diet macem2... udah coba cari 2nd opinion

mommy-azki said...

@dewi: yup,,dr W di RS B. tapi ga semua saya turuti, heheh..ibu yang jail. lha abis gimana, masa buanyaaaak buanget gitu. udah mati gaya aja di dapur, masaknya musti pilih2 gitu. akhirnya saya ambil dietnya yang paling berpotensi aja, kaya telur, kacang, ayam, susu sapi. yang biasanya bikin anak alergi aja. heheh...ngga mau repot banget ya.

ohya, blognya mbak dewi banyak nian. saya link yaa :)

Dewi said...

Hai mba...
kalo mau di link yang http://funnywifey.blogspot.com aja... hehehe... aku link balik juga...

Kebetulan aku member milis sehat, coba deh mba cari 2nd opinion ke markas sehat atau sama dokter wati di KMC. Abis kasian sama baby yg udah disuruh diet macem2. Ngerasain deh susahnya hadepin anak makan. Apalagi kalo pake disuruh diet... makin stres... :)