Saturday, December 27, 2008

LOWBACK ATTACK

Pagi ini punggungku kambuh lagi. Rasanya ngiluu banget di bagian lowback. Dipijet-pijet pas di yang sakit, eeh malah makin sakit. Buat membungkuk sebagai ancang-ancang nggendong Azki kerasa banget. Pas diraba, tertanya sudah begitu menonjol itu tulang.

Menurut sejarah, sebetulnya tepat dua tahun lalu serangan ini muncul pertama kalinya. Pas di proyek tuh. Langsung aja aku periksa ke dokter ortopedi di Tria Dipa dan disuruh rontgen. Dan ternyata setelah melihat hasilnya, dokternya menjelaskan bahwa di bagian yang sakit itu ada pembengkokan dan pergeseran alur tulang. Apa ada hubungannya dengan kejadian jatuh dari tangga setaun sebelumnya? ternyata tidak, awal dari trauma ini disinyalir lebih lama dari itu. Akhirnya dia menyarankan aku untuk masuk fisioterapi selama 6 hari berturut-turut. Setelah proses terapi, inilah kesimpulanku. Terapisnya ga asik, program yang harusnya dijalankan untukku ga dia terapin tiap hari, cuman hari pertama doang :(. Selanjutnya punggungku dianget-anget doang, huhu.. kapan sembuhnya..padahal di rumah aku sudah coba exercise sendiri dibantuin mbak Siti. Sudah ngabisin uang lumpsum, ga sembuh..

dan pada suatu hari aku ikutan fitness di Oakwood MegKun. Di sana dapet trainer yang ngajarin latihan kardio dan dasar-dasar latihan otot. Dasar-dasar pilates juga ding. One day itu trainer akhirnya aku 'pecat' juga, habis fee-nya ngalahin gaji bosku, hehe..dan aku kabur ke cabangnya di Plaza Semanggi dan Taman Anggrek, biar ga ketemu-temu lagi sama si trainer centil. Di Plangi aku ambil kelas yoga, malem setelah kelar di proyek. Di TA ngambil renang pagi-pagi buta (biar sepi) sebelum berangkat ke proyek. Ternyata, hasil dari exercise itu adalah, punggungku ngga kambuh lagi sampe aku hamil 7 bulan. Oya aku berhenti ikutan fitness setelah nikah karena bete selalu dikasih status ALERT sama front officenya setiap kali masuk. Kurang ajar ya..aku disuruh jadi tukang utang (maksudnya bayar pake kartu kredit). Cape deeeh...kata si Thea, Ojo gelem Ly, wong rupamu dudu rupa ngutang kok, heheh.... Ah dasar si Thea kalo ngomong ga pernah diayak, padahal tiap hari dia pasti liat ayakan pasir.

Lalu usaha lain untuk mengurangi nyeri punggung adalah dateng ke chiropractor di Wisma Metropolitan, Sudirman. Awalnya lihat iklannya di majalah, trus dateng untuk free consult dan free scanning (tapi follow upnya ga gratis). Aku dateng lagi tuh untuk pengobatannya. Coba-coba aja, karena sekali dateng tarifnya lumayan ngajak miskin (400 ribu). Di sana sama dokternya yang ngomong pake bahasa planet (Inggris maksudnya, karena import dari Australia kaya susu sapi) dengan suster yang meng-underestimate kemampuan Bahasa Inggrisku, aku diterapi. Di gebuk-gebuk, dipijet-pijet, di 'krak-krek', dan juga dilipat-lipat. Suakitt juga ya kalo emang ada masalah. Untunglah proses terapi itu berjalan lancar tanpa harus menggunakan jasa translator. Sama dokter aku tetap harus exercise seperti yang dia ajarkan, dan terutama berenang. Trus sama front officernya, aku tetap diminta datang untuk kontrol. Hehe...ga mau ah. Pas aku mangkir dari jadwal, dia nelpon. Aku kasi alasan aja, harus ngantor. Lagian, buka praktiknya pas jam kantor sih.

Nah setelah berbulan-bulan tidak mendatangi dokter ortopedi dan chiropractor, dan ujung-ujungnya berhenti juga exercise-nya, akhirnya ini punggung mulai bermasalah pas hamil 7 bulan. Sembuh bentar sih, kalo habis dipijet suami. Habis ngelahirin juga ilang nyerinya. Nah..pas Azki hampir 4 bulan nih..kumat. Kuinget-inget, sekitar 10 hari sebelum serangan, aku jalan-jalan sambil bawa Azki di carriernya selama 30 menit. Setelah itu timbul-tenggelam nyerinya, dan jadi beneran sekarang ini. Repot,tapi alhamdulillah masih bisa jalan, ga kaya dua taun lalu. Sama sepupu aku dibawa ke terapi, namanya Pak Yarso. yang ini mah Jawa asli, aku ga perlu translator lah..diagnosisnya sama sih, tulang lowback yang melenceng dari jalurnya. Nah...2 hari ini malah leherku jadi susah nengok, huhu...punggung belum kelar, ketambahan leher kaku. Piye iki..Ya wis lah, sambil tetep ikhtiar di terapis, aku mulai lagi deh exercise di rumah. Pengen cepat sembuh, biar bisa maen sama Azki lagii..

2 comments:

Marissa said...

Huhuhuhuhuuu..
Ternyata akupun punya skoliosis ini, setekah nabil 8 bulanan langgangan encok, skrg setaun makin parah encoknya, taunya skoliosis, kayanya pernah denger istilah ini, taunya dari sini tohhh..
Lalu lalu gmn kabar skoliosismu? Diapain jdnya?

mommy-azki said...

@marissa: aku punya foto rontgen, dibawa konsul ke 2 dokter tulang dan 1 chiropractor, semua bilang itu bukan skoliosis. pdhl dokter yg pertama kali ngasi surat rontgen said so. syukurlaah.. tapi ya ituh, ada pergeseran tulang di daerah lumbal, alias sekitar patpat, hehehe... terapi efektif sih renang dan yoga, cuman setelah punya 2 follower di rumah tuh rasanya males, ga ada waktu :D
kamu ada foto rontgen? beneran skoliosis?