Friday, December 19, 2008

Bobo-bobonya Azki


Selama hamil, aku sering diwanti ma ibu-ibu di proyek (bu ita, bu ima, bu…budiman, eh ngga ding..itu bapak) tentang rutinitas postpartum yang parah pas sebulan pertama. Eh bener deh! Satu bulan pertama emang sangat hectic, apalagi ini anak pertama. Udah dibantu yang uti, tapi tetep aja. Bahkan ada pengerahan tenaga kerja baru untuk masak dan nyuci baju-ku dan baju Azki. Utinya Azki sering ngomelin aku kalo aku ketauan melek nongkrongin TV saat Azki tidur. Katanya, kalo Azki tidur, kamu ya ikut tidur. Kalo melek, harus sambil makan, jangan nonton TV! Wah..gimana yaa, TV kan udah jadi tuan rumah, harus sowan dong. Akhirnya aku nekat juga nonton TV. Biar ga dimarahi, nontonnya sambil makan, jadi ada alasan, hehe..Waktu itu lagi suka nonton Heroes di Trans 7. Dan apa akibatnya? Aku langsung masuk angin di minggu ke-2. Huhu…Azki jadi ketularan deh.

Waktu umur Azki 1 bulan, dia tidur-bangun 2-3 jam sekali, siang-malem begitu. Aku harus selalu standby. So tidur ngga bisa khusyuk, ga tenang. Kadang saking senewennya, aku malah ga bisa tidur dan jadinya masuk angin. Begadangnya beda banget ama begadang ngerjain TA (halah...) Ibu-ibu lain begitu ga ya? Wes pokoknya 1 bulan pertama ini ibu baru ga bisa diganggu gugat. Job desc-nya cuma nyusuin, makan, gantiin popok bayi, dan mandiin. Kerjaan lain? Serahkan pada ahlinya. Makanya, sebelum melahirkan, at least ibu hamil sudah punya orang untuk di-hire (selain suami) untuk mencuci selama minimal 3 bulan. Biarkan saja suami melakukan pekerjaan lainnya, heheh..suami ga boleh protes, kan dia juga yang bikin istrinya hamil, jadi bagi-bagi capek yaa..

Waktu umur Azki 2 bulan, aku mulai agak tenang. begadang udah berkurang dikit. tapi ada kebiasaan baru nih, Azki jadi suka minta gendong. istilahnya bau tangan. mau tidur harus digendong. kalo terbangun, minta gendong juga. ga bisa kalo cuma ditepuk-tepuk. ini semua berawal dari kebiasaan Azki gumoh. untuk menghilangkan gumoh, Azki musti digendong nyandar ke bahu sampe sendawa. eeh..jadi keterusan sampe umur 3 bulan. Naah..akhirnya kalo mau tidur,ga cuma posisi melintang aja ngegendongnya. tapi juga posisi berdiri facing inward. pasti lama-lama Azki menguap.

Karena Azki sudah 3 bulan, pola tidurnya sudah 80% bisa ditebak. Belum bisa diatur sih, tapi biarlah, yang penting kalo malem pulas bobonya.
04.30-06.00 estimasi bangun pagi
07.30-08.00 estimasi bobo setelah mandi, jemur, dan mimi
10.00-11.30 estimasi bermain
13.00-14.00 estimasi bobo siang
17.00-18.30 estimasi bobo setelah mandi dan mimi
21.00/23.00/01.00 estimasi minta mimi

Sejauh ini pola tidurnya ga aneh-aneh. cuma kadang-kadang suka rewel tanpa sebab. kena kolik kali ya?

oya kebiasaan aneh dalam menidurkan Azki adalah, Azki ga bisa tidur kalo aku nimang-nimangnya pake lagu/nyanyian. Azki akan lebih cepet tidur kalo aku gendongnya sambil ngaji atau bacain berita di koran atau newsticker-nya Metro TV. Hah...bikin gigi kering aja, hehe..tapi gapapalah, buat Azki apa sih yang ngga dikasih..?

No comments: