Wednesday, October 14, 2015

Field Trip: Happyland, CIbalung


Happyland Cibalung? Tempat apaan tuh? air tulang? Ci (Bs Sunda) = air, balung (Bs Jawa) = tulang, Happyland (Eng) = dataran bahagia. Dataran Bahagia yang isinya tulang dan air? Sumpah ngacooo :D

Ternyata Happyland ini adalah tempat outbond buat anak2 sekolahan di Kabupaten Bogor. Webnya bisa dilihat di sini. Happyland tuh tempat camping juga, dan kalo mau nyaman dikit ada sekitar 4 villa (kalo ga salah ngitung) yang bisa disewa, serta ada beberapa area rerumputan yang luaasss,, kalo sampeyan ga jijikan bisa lho gugulingan di situ. atau kalo pas nginep butuh tempat njemur baju atau handuk basah,, bisalah digelar juga. Haduuh aku ini kok mental londri banget XD

Alkisah,,, untuk menuju lokasi field trip ini rombongan kelas 2 dan 3 sekolah Azki ini berangkat jam 6.50 naik bis mungil yang isinya cuma 30 orang karena ternyata setelah masuk dari arah Pasar Caringin, jalannya menyempit dan banyak belokan, bahkan ada belokan yang menyerupai huruf V, tajem sekaliii. Sudahlah begitu, di beberapa tempat jalannya jelek. Untunglah masa2 saya  hobi mabuk darat itu sudah lama berlalu, jadi dapet rute kaya gini udah ga masalah. Yang paling kasian tuh kalo anaknya gampang mabuk darat, apalagi anak2 kan dapet bis yang terpisah dari ortu. Yaaah rejeki guru2nya lah yaa kalo kudu nge-handle murid yang muntah, hihihi.

Begitu  sampe di parkiran Happyland jam 9.20 pagi, langsuuung nyadar kalo pake alas kaki tinggi dan nenteng2 hand bag itu adalah suatu blunder. Bukan saya ya pokoknya,, *takut disangka oknum* 





Namanya juga outbond, ga mungkin kan pergi cuma setengah hari dan nyaman seperti di mall. Kostum dan tentengan kudu menyesuaikan, minimal pake sepatu/sandal flat dan manggul ransel. Kalo mau lengkap sekalian aja bawa carrier dan sepatu trekking,,, dan jadi tontonan, hihihi. 

Kalo saya sih kemaren pake sepatu flat, bawa ransel dan 1 tentengan isi minum 1.5 L, snack dan lunch box buat sarapan Azki, karena tu bocah gak mungkin sarapan di rumah. Minimal di parkiran bis atau sekalian di venue-nya langsung. 
Isi ransel ya biasa aja sesuai petunjuk bu guru: baju renang, baju ganti, handuk, mukena, alat mandi, minyak telon, sama alat lenong buat touch up XD. Jangan lupa power bank, sukur2 bawa yg 2 output dan 2 kabel, siapa tau bisa sedekah ngecas ke temen2. 

Jadi apa kegiatan anak2 di Happyland?

Dengan didampingi pemandu dari Happyland, sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan sebelum keberangkatan, anak-anak masuk ke sesi menggambar caping.Terserah mau digambari apa, mau aliran Picasso boleeeh,, aliran Raden Saleh juga boleh. Hmm,, terlalu overestimate saya ini, karena yang terjadi adalah anak-anak menggoreskan kuas sesukanya, yang paling mentok ya nulis nama doang, hihihi. kayanya waktu yang diberikan ga terlalu lama ya, jadi sedikit sekali sekali anak-anak yang bisa full mewarnai permukaan caping. 


Setelah capingnya diwarnai dan dijemur, anak-anak dikumpulkan lagi buat difoto. Susah yaaaa ngumpulin anak-anak, mereka semua aktif pisaaaaan,, ampe capek si mas pemandu ngaturnya :D



Sementara itu di saung tempat para wali murid menunggu anak-anaknya...




Ada yang botraman dan ngerujak aja dooooong, mwahahahahahhaa. Lengkap bener yak bu bawaannya, ada cumi cabe ijo, kering teri-kacang, sayuran, semacam semur daging, telur dadar...sekalian alas makan kertasnya, untung gak sekalian bawa cobek dan munthu :D Apalah artinya aku ini yang hanya bawa  mi goreng-nasi-nugget-air-nescafe *berkali2 nganter anak field trip menunya selalu itu*. Yang masalah adalaaah,,, di saung ini ga ada tempat cuci tangan yang memadai. Satu-satunya air mengalir buat cuci tangan adalah kran depan saung yang airnya mengarah ke kolam ikan. Hmmm.... hajar ajaaaah cuci tangan di situ. Apah,, kamar mandii? naik gilaaaak posisinya, dan saya dua kali PP ke toilet atas itu, pertama buat wudlu dan kedua pas mandiin Azki yang habis renang. Emang ga ada tempat nongkrong lain? kalo maksudnya biar deket sama yang lagi renang, ga ada. Si saung ini doang. kamar mandi susah, air bersih buat cuci2 susah, musola doang yang gampang, itu juga seupriiiiit. Kuduna mah udah sekelas mesjid kalo mau bikin tempat solat, mengingat si Happyland ini luas byanget. Banget aja ding,, gak sampe level byanget.


berjalan menuju saung. Udah serem duluan karena ga ada pagar pembatas.
kalo ada anak batita ngglinding ke kolam gimana cobak? ckckckck


Perjuangan mas2 tour guide masih berlanjut. Setelah acara foto-foto,mereka harus ngangon anak-anak ke lokasi perkebunan mini. Di situ anak-anak dikasi tau soal cara bertanam stroberi dan panen kangkung. Anak-anak pada ngerti ga sih isi ceramahnya mas tour guide tentang stroberi dan kangkung? mereka lebih antusias waktu masuk sesi panen kangkung, soalnya bisa sekalian kotor-kotoran pake tanah, hahahah. Selesai urusan di kebun mini, anak-anak dapet hadiah berupa tunas stroberi dalam pot dan kangkung yang tadi udah dipetik, Diambil pas mau pulang nanti, biar ga repot bawa2nya, saya juga ogah lah kalo disuruh bantuin bawa.

Habis panen kangkung,, anak2 digiring ke kolam dangkal buat main tangkap ikan.


ketemu air anak2 mah lebih seneng  gedebukan sendiri daripada nangkep ikan :D


dan ibu-ibunya pun teteuuup minta difoto 


 Nungguin anak main2 gini capek yaaa. Kalo ga ada sesi basah-basahan saya males sebetulnya buat ikut. Tapi kan kalo ga ikut ga bisa posting cerita di blog *halah *kaya ada yang mau baca aja
Lagian kalo basah-basahan itu bocah belum bisa ngatur barang2 bawaan, Hmm kudu ditraining ni bocah. Aaaanyway,,, nunggu anak2 itu kan mboseni yaaah. Harusnya siih *IMHO* wali murid dikasi kegiatan lain, beberes saung misalnya, wkekekek. atau disuruh ngerujak buat 100 porsi. intinya mah biar si wali murid ini kenal lbh dekat, ga main gadget mlulu *self-tampol

Okeeesipp,, habis main tangkap ikan saatnya anak-anak berenang, ganti kostum dulu dari stelan olahraga jadi baju renang. Stelan baju olga yang basah tadi diapain? masa langsung lipet-gulung-masuk tas? yo mambu dooong. makanya saya jemur aja nih di sebelah musola, tapi ngajak  my fellow mamah rempong biar kalo malu juga malunya barengan :D


muka tembok jemur seenaknya yang penting baju kering dan ga bikin bau tas.
akhirnya emang 90% kering karena cuaca lagi puanasss

Anak-anak berenang, ibu2 menyempatkan diri buat solat dan makan. atau bisa juga sih ikutan renan. BTW waterparknya kurang menantang, kaya gini niih:


kecil tapi relatif aman karena kata Azki ga ada kolam yang dalam.
 Saya ngga nyempetin turun ke area waterpark. karena kepengen
leyeh2 di saung

Satu hal yang saya rada kepikiran, kenapa mentang2 lagi field trip, anak2 ga digiring pak/bu guru buat solat berjamaah ya? kan bisa praktik solat jama' qasar. Yang terjadi adalah anak2 solat ya kalo diingetin ortunya, sukur2 ada yg sadar sendiri. Kalo eike ngemeng offline kira2 bakal didenger ga ya?

Habis Azki  renang saya ga bisa mengulang kesuksesan menjemur baju basah, karenaaa rempong sama ini itu, lalu lanjut perjalanan ke area flying fox. Berhubung ini adalah permainan yang rada2 menguras adrenalin, udah pasti si Azki ga bakal  mau ikut dan lebih milih main di playground. Halah yo weeess,,saya jadi irit tiket FF. Oya sebelum lupa: Kalo ga salah nebak, sekolahan Azki ngambil paket Agropark and Mom deh kayanya. Agropark and Mom dengan Flying fox yang kudu bayar terpisah. kemarin sih saya bayar 30 ribu yaa.. Lhoh katanya Azki ga ikut? trus itu mbayarin siapa? Mbayarin emaknya Azki laaah :D



Kecentilan banget kaaan pengen ikut-ikutan numpak flying fox. Daaan untuk memotong antrian saya rikuest untuk tandem aja bareng satu anak yang ada di barisan depan, mwehehehee. Kudu curang dikit soalnya yang ngantri puanjaaang dan orang dewasa dapet giliran paling belakang kecuali kalo mau tandem.

Urusan Flying fox ini kelar jam 3-an. Saya udah lemeees pengen cepet2 tidur di bis.Untungnya lokasi peluncuran Flying Fox ini deket banget dengan pintu keluar. Kalo ga ikutan nggandulin flying fox pasti lebih enak lagi, tinggal naik tangga sekali-dua kali udah ketemu exit gate. Nah kalo saya?? kudu naik tangga berkali-kali yang tinggi risernya ada kali tuh 20 cm. Nggilaniiik.. -_-

Sekitar jam 3.30 pm saya udah masuk bis, siap-siap pulang, nungguin Azki yang entah di manaaa ini. Tau2 dia nongol bawa kangkung, pot berisi daun stroberi, dan IKAN! hahahhaaa ternyata walopun cuma dapet capek pas acara tangkap ikan, setiap anak berhak dapat seekor ikan. riweuuuh banget ya orang-orang ini pas mau pulang. Tapi saya ga sempet lah jadi pengamat sosial,, udah keburu pengen merem.

Perjalanan pulang ini macet sekaligus mendebarkan, gara2 supir bisnya duduls beneeer kalo nyetir.
Macetnya di jalan raya Sukabumi arah gerbang tol Ciawi. Saking macetnya,, butuh dua jam sejak bis kluar dari parkiran Happyland, udah termasuk mampir ke toko oleh-oleh dan nungguin oknum ibu2 makan bakso. Whaaat?? yeah,, bakso. Kaya di Tangerang ga ada bakso. Selain nungguin orang makan bakso, perjalanan juga tersendat gegara si supir sempat nyrempet ABG yang lagi nyetir motor. Istighfar kenceng-kenceng lah pokoknya. Di tol Jagorawi si supir nyariiiis nabrak sebuah MPV. Sumpah deg-degan banget, mana cuaca lagi hujan, gelap,, ini si supir sok-sokan nyetir ala Fast and Furious ginih.

Akhirnyaaa jam 7 malem bis sampe juga di kompleksnya sekolahan. My body was sooo remek and bonyok. Mau langsung tidur tapi belum makan-mandi. Sampe rumah juga pasti kudu unload barang2 dari ransel, dan naruh ikan ke ember, dan lain-lainnya. Hiiihh ,, urusan field trip ini bahagianya berakhir hanya saat saya turun dari bis XD.

Untungnya niiiih saya berangkat berdua aja sama Azki. Hiro dibawa ayahnya. Ga tau deh gimana bapaknya nge-handle anaknya,, dan saya juga ga mau tau biar ga stress, mwahahhaa. Karena tau sendiri,, teknik pengasuhan bapak itu kaaan.. yaaah begitulah, apalagi kalo bapaknya ga pernah ikutan seminar parenting, mwahahahhaa.

Tahun depan saya mau suruh ayahnya aja lah buat nemenin Azki field trip. Capeeek :D




2 comments:

ndu.t.yke said...

yg baca ikut deg-deg'aaaan! hahaha.

mommy-azki said...

@memy: arep melu po taun ngarep? sajake lokasine isih ning kono :D