Sunday, July 26, 2015

Mudik Trip

Kaya ga pernah bosen yeee tiap pascalebaran postingnya pasti soal mudik trip. Hehehe..

tapi emang beda sih ya,, dari durasi perjalanan aja udah beda. Lebaran tahun ini saya 95% gak kena macet. Lima persen itu kena di tol antara Jelambar sampai Pancoran karena saya berangkat pas mayoritas orang Jabodetabek masih asyik kerja. Sebetulnya udah deg-degan aja bakal kena macet lagi, karena H-6 dan H-5 mantau liputan di tivi dan twitter kok rasanya macet di jalur mudik. Gimana kabarnya kalo mudik H-4. Ternyata lancarr. Jalur Brebes-Tegal aja macam ga ada orang *lebay.  Udah pede aja bakal sampe di Solo jam 10 malem. Faktanyaa.... sampai jam 2 pagi hari Selasa, huhuhuhuu.. macet di drivernya rupanyah.

Kalo pas arus balik, terpaksa deh kena macet di Semarang, Pekalongan, Tegal, dan Tol Cikampek. Oya pulangnya ga lewat Brebes karena DisHub membuka tol darurat (tol yang masih under construction) dari Brebes Timur sampe Pejagan. Jalannya masih berdebu banget,, begitu sampai di Pejagan semua mobil udah semacam Mendoan,, bedakan pake debu. Walopun jalanannya kaya gitu,, tapi lumayan motong durasi tempuh,, yang harusnya mbuh brapa jam kalo musim lebaran,, jadi cuma sekitar 40 menit,.cepet yak.. *trus taun depan orang2 pada punya mobil baru,, anggger weh macet jalan tol nya :D.

Karena kena macet, akhirnya saya sampai depan pintu rumah hari Jumat jam 5.30. (berangkat dari Solo Kamis jam 8.15). Untung banget masuk Bekasi sebelum jam kerja ya,,  jadi penderitaan macet cukup sampai di Cikampek.

Melihat fakta bahwa driver (yaaaa suami sih nama lengkapnya) rada gak bisa ngalah sama ngantuk,, saya jadi punya cita2 bisa nyetir untuk rute mudik. Tapi setelah dipikir lagi.. ngga deh. Job desc saya udah numpuk, mulai dari perkara packing sampai mengubah kabin mobil jadi tempat kempingnya anak-anak. Mikir bawa makanan apaan yang jumlahnya ga kurang tapi juga ga berlebihan. Belum lagi urusan meng-orjenais (organize) barang bawaan biar gampang diraih selama perjalanan. Taulah perempuan,, ribet,, karena "todas las mujeres son iguales,, ellas son malditas de organizar".

Udah ribet gitu masih kepengen nyetir? hahahaha.. nunggu anak2 bisa packing sendiri  deh, itu juga kalo timingnya pas,, pas dengan "ability to drive" , hyeheheh. Lagian saya duduk di kursi penumpang juga gak nganggur. Mata kudu mlotot ngliatin signage dishub. Trus kalo suami minta minum atau cemilan saya kudu nyariin dan ngasih biar suami bisa ngunyah sambil nyetir. Trus kalo ada telpon di hape suami saya juga yang ngangkat. Naah masih merasa kurang capek? :D

Urusan bekal makanan saya bikin simpel banget. Pas berangkat masih nyempetin masak bestik bola ayam, siomay, dan nutrijel. itu semua dibikin H-2, jadi H-1 saya beneran cuma packing dan beberes rumah. Pas balik dari Solo udah tepar,, ga sanggup bikin. Terpaksa beli soto, ayam goreng, dan roti orion. Ternyata sangat mudah kalo semua anggota keluarga bisa makan menu yang sama, dan menunya bisa di-rewind di jam makan berikutnya :D  Paling cuapek kalo punya anak yg belom bisa makan table food. Atau ada oknum yang ga bisa makan menu rewind. Hoaaah siap2 aja mampir di restoran pringsakyuto, yang mana harga satu menunya bisa jadi 3 menu kalo masak di rumah. *saya emang kebangetan kalo ngirit.

Kalo makan bekel gitu gimana alat makannya? saya pake mangkok plastik bekas casing es krim yang 400-an ml itu. sebetulnya berniat pake mangkok styro dan sendok plastik biar langsung buang *ngirit tapi ngotori lingkungan* tapi lupa belinya. Terpaksa spare time buat bilas2 dikit,,air sabunnya pake samponya Hiro :D

Untung ya durasi perginya cuma berkisar 20 jam, kalo lebih dari 24 jam pasti terpaksa mampir makan di pringsakmilyar.

Anyway,, jalur mudik yang gak macet ini sukses membuat penghematan di uang bensin. Seingat saya tahun lalu pas kena macet yang menggila itu uang bensin habis hampir sakjuta padahal pake premium. Tahun ini pake pertamax tapi habis gak lebih dari 500 ribu, dengan jarak tempuh 578 km (diukur pake Google Maps).

Ini pasti kerjaan JOKOWI. *ditapukjonru
hahahah :D



No comments: