Saturday, April 28, 2012

Soto-soto di Solo

*ga ada gambar bukan berarti hoax

Enaknya liburan di Solo adalah saya ga perlu repot mikirin masakan. Mama dengan senang hati akan memasak buat saya. Eh sebetulnya Hiro sih, yg jadi alasan mama memasak untuk saya,,kan saya masih menyusui Hiro :D
Kalo Mama ga sempat masak karena alasan kesehatan, maka saya tinggal ambil motor, dan meluncurlah ke beberapa warung terdekat.

Salah satu menu favorit saya di Solo adalah soto. Di Solo, soto banyak menjadi menu sarapan selain gudeg dan sego liwet. Ada 3 lokasi warung soto yang saya suka: Soto ngGading (ayam), Soto Triwindu (daging sapi), dan Soto Trisakti (daging sapi). Kebetulan liburan kemarin tuh (sekarang saya sudah touch down @Tangerang) saya cuma sempat makan di Trisakti dan Triwindu. Begini rasanya, eeh ceritanya:

Soto Trisakti
Soto ini ada di daerah Kalilarangan, dekat Mall Matahari Singosaren, belakang gedung BCA. Warung ini buka 8 jam sehari, jam 6 pagi-2 siang. Menu default-nya ya semangkok soto daging sapi. Untuk tambahannya, pengunjung bisa  mencomot2 lauk di meja masing-masing. ada tahu-tempe goreng, perkedel (orang Solo bilangnya Bergedel), sosis solo, sate telur  puyuh pindang, krupuk, sate paru, jerohan sapi lainnya, lumpia dan...apa lagi ya..lupa. ohiya, sambel-garam-kecap :D lauk favorit saya: sate paru. paru-nya diiris tipis dan ditusuk dua sisi. perasaan tahun lalu ga sekecil ini potongannya. Harganya lumayan bersahabat. Kami makan 2 mangkok soto, trus nyomot2 lauk sampe perut begah, sekitar Rp 35 ribuan. udah pake minum teh manis dan sari jeruk. perlu diingat bahwa saya dan suami punya lambung yang gampang melar :D murah apa murah banget tuh? beberapa hari kemudian saya dateng lagi ke situ sama kakak saya, sembari nyomot2 lauk buat dibawa pulang,,habis Rp 50 ribuan. lauk yg dibawa pulang bisa buat 2x makan. kebangetan bangettt,,,murahnya :D


Soto Triwindu
Soto ini ada di daerah Keprabon, jalan Teuku Umar, dekat Istana Mangkunegaran. Ga tau buka sampai jam berapa, cuma saya dan suami datangnya pas jam makan siang. Konsep warungnya sama kaya Trisakti. Ada menu default berupa semangkok soto, dan lauk2 yang siap dicomot. Karena kami datangnya sangat kesiangan, maka pilihan lauk pun ga banyak,,yg ada cuma tahu-tempe gitu,, dengan minum es beras kencur dan es teh,, total investasi cinta *halahh* adalah sekitar Rp 35 ribuan. hmmm... lebih mahal dong yes, drpd Trisakti.

Menurut saya, saya prefer Soto Trisakti. Soto Triwindu menurut saya meninggalkan sensasi lemak di bibir setelah selesai makan. dan itu rasanya pengen cepet2 gosok gigi cuci muka trus tidur :D

Ohya, soto-soto di Solo ini kuahnya bening, ringan, dan segarrr..biasanya disajikan di mangkok langsung dicampur dengan nasinya. tapi jangan kecewa yak kalo liat irisan dagingnya yg irit banget, daging mahal, jendrall...makanya ada piring lauk buat nambahin selera makan. trusss... ada menu es beras kencur yg segerrrr banget. ah nyesal ga beli sebotol langsung.

Yawess,, next time harus berhasil makan di Soto ngGading sama suami *saya sih dah sering, duluu*

sebagai appendix,, ini menu yang saya kangenin banget di Solo:
Cabuk rambak: irisan ketupat tipis2 dibalur dengan sambal ketumbar-daun jeruk
Tahu kupat
Setup Makaroni
Selat segar: ini kaya steak tapi kuahnya encer
Timlo
Bakmi ketoprak: ini bakmi dengan kuah serupa kuah bakso, yang enaaaak bgt kalo dimakan siang2
Srabi Notosuman
Ayam goreng-bakar Abror: ayam yg uenaaak...bukan ayam presto tapi bumbunya kerasa bangets sampe tulangnya. kenapa sih ga di-franchise-kan saja.. bisa kalah kan ayam goreng-bakar lainnya, ehehehe..
Kalo tengkleng saya ga gitu suka.
*masih mencari sate kambing yang enak dimana...

memang kalo ke Solo tuh jangan makan makanan resto. percuma aja,,kan di mall-mall Jakarta-Tangerang udah buanyak :D

ah sudah..daripada ngeces mulu :D

No comments: