Thursday, March 8, 2012

Coba-coba Menimbun Lauk


*sumpah ini postingan bener2 yg amatir bgt di dapur*

Sudah sekitar 1 bulan (kurang lebih lah..) saya mempraktikkan gaya hidup *issh..gaya hidup..* dimana saya memasak lauk berbahan hewani dalam jmlh banyak lalu dimasukkan ke kulkas utk stok 2-3 hari berikutnya. ternyata sangat membantu mengatasi kerepotan di pagi hari, karena pagi hari saya suka bangun siang, heheee..

Yah sebetulnya ilmu menyetok lauk ini sudah saya lihat saat saya tinggal menumpang di rumah bude saya. tiap saya sarapan, sang ART selalu siap dengan ayam bumbu kecap lah, atau ayam goreng bumbu serundeng lah, atau olahan daging. Saya pikir, rajin amaaat si mbak, pagi2 buta udah masak menu ky gitu. tenyata oh ternyata, selama ini dia, pas siang2 selepas bersih2 rumah, memasak ayam, langsung 1 ekor, dimasak jadi ayam bumbu bali, atau seperti yg saya sebut di atas tadi. Setelah masak, ya dimasukkan ke tempat semacam lock n lock trus dimasukkan ke kulkas. jadi saat saya sarapan, si mbak sudah siapin itu locknlock isi ayam di pantry dan saya tinggal ambil seperlunya buat dimakan, dan diambil jg buat bekal makan siang di kantor, heheee *biar dapet uang makan siang dari kontraktor :D*

sekarang saya menerapkan hal yang sama di rumah. Eh iya ya, kenapa baru kepikiran sebulan terakhir ini ya, kalo nyetok makanan itu jauh lebih praktis. Misalnya mau sarapan tapi malas meracik2, kan tinggal ambil 1-2 potong daging, angetin di microwave, tinggal lhep deh :D

eh lupa, mama saya sebetulnya jg sering nyetok makanan, cuman saya ga suka caranya aja. Karena, seringnya diangetin sekotak2nya, diambil dikit, trus dibalikin ke kulkas. Atau.. diangetinnya dengan cara dikukus, bikin gorengan macam martabak jadi lembek. Kadang distoknya dengan cara ditaruh di dlm magic jar, yg kadang malah bikin nasi jadi ikutan beraroma lauk. Makanya saya pakai saja caranya si Mbak Siti, ART di rumah bude itu.

Buat saya, yang terpenting adalah menyimpan stok bumbu dasar, budas kuning dan merah. Setelah itu baru deh bahan2 mentah lainnya :)

Beberapa yang pernah saya bikin untuk stok, misalnya:
- ayam bumbu daun jeruk
- ayam bumbu bacem
- ayam kuning bumbu soto
- sambal goreng udang
- sambal goreng kacang tolo
- sambal goreng ati sapi
- ati ayam bumbu kuning

kalau beli untuk stok, biasanya martabak dan sate ayam.

banyak menu ayam ya.. soalnya ayahna Azki ga terlalu suka keseringan makan daging sapi. *ga suka keseringan daging sapi tapi suka keseringan makan cookies... itu dimana sehatnyah??*

Selama ini saya hunting resep di sana dan di sini. Itu sudah cukup banyak dan untunglah cocok di lidah. Kalo yg di web mbak Endang itu enaknya, sembari ngasi resep, blio jg cantumin tips2 dan sedikit cerita dalam postingan yg sama. jadi kaya baca blog pribadi gitu :)

Ada temen saya yang berkata, ih ngga banget deh klo lauk disimpen berhari-hari gitu.. Percayalah teman, makanan kaya gini masih jauh lebih sehat dan hemat kok daripada beli di kedai makanan :)

Yang belum nyobain nyetok, yuk cobain. Apalagi kalo peralatan perangnya lengkap, misalnya punya kompor 4 tungku, slow cooker, oven, dan pressure cooker. wuah bisa masak 7 menu sehari tuh :D saya mah punyanya kompor 1 tungku dan kemarin sukses bikin 2 menu. *langsung pengen upgrade kompor*


No comments: