Thursday, March 29, 2012

Anak-anak dan TV




Anak kecil di foto ini adalah anak ART saya. ART saya ini tugasnya hanya cuci-setrika-sapu2, jadinya bisa pulang-pergi gitu, ga nginep. Setiap kali datang, dia selalu bawa anaknya yang masih berusia 2 tahunan, sebut saja namanya Mawar,, eeeh... Rk. Si Rk ini ternyata doyan banget nonton TV, terutama acara musik yang ada Olga-nya (Olga Syahputra, maksudnya). Setiap kali ibunya selesai mencuci, dia pasti masuk rumah minta disetelin TV, "Maaak,,nton Oga, Maaak..". Waduuuh muka saya langsung sepet ngeliat ada balita doyan banget nonton acara musik begini. kata Mamaknya sih memang ni bocah doyan banget nonton TV, selain bermain dan bikin ribut, tentunya, hihihi.. beneran deh ni anak bikin ribut mlulu di rumah saya. Kalo ada Azki, sudah diprediksi mereka pasti akan kelahi. Rebutan segala macem mainan. Azki yang jengkel akhirnya melarang Rk nonton TV, hehehee..

Azki sendiri ga pernah nonton acara musik di channel TV nasional. Kalo nonton TV pasti ngikut apa yg ditonton ortunya: berita di TV kompor (channel yg suka ngomporin :D) atau acara lain yg bukan sinetron/musik.

Akhir2 ini setiap pagi saat Rk datang, Azki selalu saya suruh main ke rumah Baba-nya. Yaa menghindari konflik saja..lagian saya capek ngedenger anak2 berantem mlulu, yang mana Azki selalu jadi pihak tertindas,, ceileee.. kalo di rumah Baba-nya dia banyak teman sebaya yang cara mainnya ga brutal. Ya walopun pengaruhnya ga bagus2 amat, tapi seenggaknya mereka tidak berkelahi, bahkan Azki sering nimbrung ke TK di situ. pulang2 nodong minta dibelikan krayon dan buku gambar :D

Balik lagi ke soal TV tadi. yang saya heran, Rk ini nampaknya khusyuuuk banget di depan TV. seakan2 menyimak setiap lirik lagunya. Ga disambi main2 apa gitu. Tapi sebaliknya saya juga heran kalo Azki nonton TV, baik itu DVD ataupun channel nasional. Dia ga bisa fokus lhoh. Matanya mantengin layar TV sekitar 5-7 menit, trus mulai deh grasak-grusuk nyari mainan/alat gambarnya. atau malah TVnya ditinggal kabur, main di halaman rumah. Jadi sebetulnya saya agak2 bersyukur juga sih ini anak ga terhipnotis sama layar TV, malah lebih suka loncat2 lari2an di halaman, kluar masuk rumah bawa 'oleh-oleh' berupa daun2 yang mau 'dimasak'.

Saya bukan ibu2 yang mengharamkan TV untuk balitanya, karena saya cukup suka nonton TV. Menurut saya semuanya sih tergantung gimana pola pengasuhan. walopun punya TV, saya berusaha mengimbangi dengan memperbanyak kontak fisik dengan Azki, misalnya baca buku, ngajak bikin puding, atau main di kamar sama Hiro. Azki juga ga selalu nuntut nonton TV. Beli DVD juga disetelnya cuma seminggu pertama, habis itu balik lagi dia olah fisik di halaman, hehee... saya jadi senang juga soalnya dia ga slalu minta ditemani, karena kalo saya nimbrung, malah dia jadi kolokan.

Wes ah, ngomongin anak ART ujung2nya malah ngomongin anak sendiri :D




4 comments:

Lidya - Mama Pascal said...

anak-anak memang harus dibatasi menonton bun, aku uga setuju itu.
btw ini nih salah satunya aku gak punya ART :) gak suka kalau kerja bawa anak hehehe soalnya gak konsen

mommy-azki said...

wah saya belum berani melepas ART, salah satunya krn dia sendiri yg minta kerja,,kasian jg klo liat latar blkg ekonominya. yaah walopun kerjaanny kdg ga fokus krn anakny gampang ngamuk-nangis -___-"

BunDit said...

itu anak ART khusyu' banget nonton tv nya, sambil tiduran hehehe. Maaf mam jarang mampir niih :-(

mommy-azki said...

ternyata memang dia selama di rumah, TV tuh hampir ga pernah mati. kasian ya sebetulnya..