Tuesday, October 4, 2011

Tangan-tangan Lincah

Di umur 3 tahun ini, ibu mengajak Azki untuk melemaskan jari2 tangannya. Maksudnya diajari pegang alat tulis dan berlatih membuat garis di track tertentu. Sebelumnya Azki berlatih melatih jari2nya dengan main lilin mainan dan melepas-menempel stiker. Ya sebetulnya masih buanyak lagi sih kegiatan yg fokus pada keterampilan jari tangan. Cuma yg ibu pengen bahas ya yg soal alat tulis ini.

Tapi, kenapa ya kegiatan melemaskan jari2 anak ini identik dengan mengotori rumah? tembok, lantai, kasur,.. kotor, lengket, basah... Satu hal yang ibu syukuri adalah, hal ini terjadi di rumah sendiri, bukan saat tinggal menumpang di rumah mertua/orang tua, secara ibu adalah orang yang kadang kena virus malas "dikit-dikit beres-beres" :D bisa disewotin ortu/mertua kalo ngacak2 rumah mereka.

Satu dari kerabat ibu mengerutkan jidat saat berkunjung ke rumah ibu. Ga ada kesan rapi!! tembok penuh coretan, mainan anak bertumpuk2 di dalam kardus, kardusnya berserakan di kamar,,potongan krayon tiba2 nongol di pojok ruangan, ada kuda2an nangkring di ruang tamu.. yah pokoknya gitu deh,ga banget yaa. Utinya Azki sih berpesan, coba si Azki dikasi kertas reuse untuk digambari. Walaaaah... kalo cuma kertas reuse sih buanyaaak..Azki juga bisa ngambil sendiri. Ibu juga ga bosen2 nawarin. Tapi andai semua balita itu penurut, how sweet my life would be :D Tetep aja balik nggambar di tembok, terutama kalo ibu ketiduran tapi Azki belum ngantuk. Dan ibu akan terbangun dengan mata melotot melihat dinding kamar sudah jadi kanvas raksasa bagi Azki.

Nah urusan menggambar ini, Ibu sudah 2x membelikan krayon yang nasibnya berakhir dengan menjadi patahan krayon :(. Pertama kertas pelapis batangan krayon dikupas Azki..ga lama tiap batang krayon dipatahkan. Ibu kasi warning, ga boleh dipatahin, kan biar bisa dipake buaat di sekolah.. dan Azki pun manggut-manggut sok ngerti,, tapi besoknya itu krayon dipatahin juga, mungkin karena dia berpikir, sekolahnya masih lama, hehehee. Untung ibu beliinnya krayon yg standar,, standar untuk ukuran, jumlah, dan harganya, heheee.. merknya MAPED, buatan Prancis. Untuk 18 jenis warna, cuma membayar Rp 11.000-an di Gramedia. Lumayanlah ga sakit hati kalo beli 2x selalu berakhir dengan mutilasi. Yang terakhir beli ini malah ga cuma dipatahin Azki, tapi diserut pake fruit peeler. Ini gara2 Azki sering melihat ibu mengupas wortel pake pisau pengupas, jadi dia ikut-ikutan 'mengupas' krayon. Huhuhhuhuu..krayonkuuuu :((
Kayanya next time Azki dibelikan pensil warna saja,,kan susah tuh matahinnya..tapi musti diraut.

Waktu di Solo, Azki girang banget, karena mbak Rahma-nya (adik ibu) punya banyak alat pewarna: cat air, cat poster, pensil warna, krayon,...giranng bisa mberantakin maksudnya, hihihi.. ujung2nya ibu juga yg diomelin Rahma, "Mbak, krayonku warna ijo mana, ayo mbak cariin, kan tadi anakmu yg ngacak2" .. atau diomelin Uti, "Riiifff,,,itu lantainya kena cat, ayo dipel! mata mama sakit liat ada kotor2 di lantai" Yaelaaaaaah... segitunyaaaa. Hadeuuh memang lebih enak di rumah sendiri kalo urusan kotor2 gini, mau kotor mau bersih, cuma ibu dan ayah yg lihat. Paling malunya setahun sekali, pas lebaran dan ada tamu datang ke rumah :D

Tapi kadang2 ibu permisif juga sih, cenderung membiarkan Azki berbuat apa aja yg asik-asik.. misalnya ibu suruh mindahin baju kotor dari laundry bag ke mesin cuci. Naruh piring kotor ke bak cuci piring. matikan TV-DVD player kalo mau tidur/pergi. Menuang gula dari 'tupperware' ke gelas dan mencelup2kan teh celup. Mengaduk2 telur orak-arik di wajan. Pokoknya yang asik2 dan yang biasanya merupakan kegiatan yang berpotensi diomelin orang2 tua yg old-school, hehehee..

No comments: