Thursday, November 26, 2009

Azki 15 Bulan

Perasaan baru kemarin ya ibu posting ttg Azki 14 bulan. *makanya pakai logika dong, jangan pakai perasaan :p*

Ibu baru nyadar tadi sore,, ehh sudah tgl 26 ya, brati anak ibu sudah berulang bulan. Duuh tak percaya ^_^

Satu hal yg signifikan di usianya yg ke-15 bulan ini cencunyah (tentunya) Azki sudah bisa berjalan 100%. Sudah jarang banget jatuh. Paling kalo lihat tembok langsung nempel *ibu curiga sebetulnya dia meper sesuatu di tembok, hihihi*.

Tambahan kemampuan lainnya kira2 sebagai berikut:
- pelan2 sudah ngerti mana kepala, pipi, kaki. Pengenalan organ tubuh lain masih dilatih.
- sudah bisa membedakan mana sandal, sepatu indoor, dan sepatu outdoor. jadi kalo mau ke halaman, sudah ujug2 kabur ngambil sandal lalu nyoba2 make sendiri. Atau kalo pengen sok gaya di dalam rumah, mencoba pakai sepatu indoornya sendiri.

- suka pura2 telpon. Jadi hape ibu ditaru di kupingnya, terus Azki ketawa2 sendiri. Ibu dicuekin, hikss..

- kalo mandi otomatis minta sikat gigi.
- sudah ngerti kalo disuruh duduk diam.
- bisa memperagakan tangan kalo didengerkan takbir "Allahu Akbar" langsung tangannya diangkat dan dilipat di perut. kadang di dada juga.

- benda2 lain sudah mulai mengerti namanya kalo ibu minta ditunjukkan: kompor, mesin cuci, kulkas, magnet kulkas, TV, setrika, wortel, jemuran, motor, kucing, kodok, pohon cabe, hujan, celana, hape, alas kaki ayah, alas kaki ibu,.. mmm, apalagi ya?

- sudah minum dari gelas. tapi lagi mogok mamam sendiri pake sendok.
di satu sisi ada juga yg belum keliatan progresnya:

- ngomong. Nah ini yg bikin penasaran. Kalo nyuruh ibu menelan sesuatu, bilangnya "nyenyen"
ketemu kakeknya lgsung ngomoong "Baba". Ibu dipanggil "mama". Menunjuk sesuatu "Noh" --> betawi sekali! selain itu ga ada lagi deh, huhuhu..

- giginya masih 5 buah. makanya tekstur makannya masih sebatas ayam suwir dan daging sapi
yg diiris segede 1/2 butir nasi. Tempe aja kdg mau kdg ngga.

- ga mau mimi susu formula. UHT juga cuman 40 cc maksimalnya. akhirnya ibu akalin, dbuatkan puding susu, atau eskrim yg milk contained. Hohoho.. dia tertipu ^_^

- ngga bisa fokus lama! jadi suka susah kalo diajakin ibu bercerita dari buku. baru denger cerita 3 kalimat, mewek pengen nyobek bukunya *hhffffh...* kadang tanpa alasan yg jelas tiba2 nangis kejer. Ternyata minta dibebaskan dari acara membaca buku, dan kembali pethakilan di lantai. Saking sukanya pecicilan, bbrp hari lalu tangannya kejepit pintu yg nutup mendadak. terus jatuh dari kasur. bukannya ibu dan ayah ngga ngawasin, cuma mata kami kalah cepet aja sama mobilitas ni anak. Pernah ikut makan bareng ayahnya, tau2 gelas sudah kosong. Ternyata isinya ditumpahkan ke lantai dan dipake ngepel sama Azki. Beuh..

- ini anak ga ada rasa risih kalo popoknya basah. kadang sampe harus digujer (apa ya basa indonesianya digujer) buat dicebokin. apakah ini kelainan? soalnya dari bayi begini. pas bayi, nangisnya kalo lapar n kangen dipeluk aja. pas ngompol, adem2 aja dia.

- tidak suka kalo tidak ada orang di sekitarnya. bisa jejeritan kalo ibunya ninggalin, biarpun sudah pamit dan cium tangan (eh ngga ding, masa ibu cium tangan sama Azki?).
So Azki ini paling suka diajak mainnya yg tipe kejar2an, sepak bola, baring2 sambil nyanyi2 parodi --> khas ibu, karena ibu ngga suka sesuatu harus saklek ikut teks aslinya, dan gelitik2an. Pokoknya yang menguras energi dan emosi jiwa. Duh Nduk, untung ibumu ini masih muda *cieee..*

Sebetulnya mana yg harus diprioritaskan: mengikuti maunya anak yg ga bisa anteng, atau disediakan fasilitas untuk melatih konsentrasi? atau sebetulnya kedua hal ini wajar untuk anak seusia Azki? aah, ibu lieur nih Az!

Gimana ya kalo dibeliin stacking ring? itu tuh, donat2an kayu/plastik yg ditumpuk2 kaya piramid. Ibu harus berusaha mencari tau!

5 comments:

mirta said...

selamat ulbul Azki, semoga selalu sehat dan pintar :D

mommy-azki said...

makasih ya mbak, buat doanya :)

Dewi said...

Hai mba...
ternyata Martyr lebih tua sebulan dibanding Azki yah... aku pikir tuaan Azki...

Btw, Martyr juga kayak Azki tuh pecicilannya... emang masih masanya belum lama konsentrasi kali yah...

alumongga said...

Met Ulbul dedek Azki. Semoga selalu sehat dan tambah kepintarannya ya. Kalau soal konsentrasi namanya juga anak2 masih susah mom :-)

martadewa said...

waa ud pinter ya azki. alam ga update. alfis masih belum bisa tuh pake sepatu. dia masih risih. gimana ya ngarahinnya?