Monday, May 11, 2015

Mengantar Nyawa?


Kalo lagi nongkrong sama karyawan.. *saya sih nongkrong,, mereka tetep kerja* adaaa aja cerita aneh-aneh. Kebetulan kemaren pas lagi nongkrong sama kurir, dia cerita soal kecelakaan motor.

Jadi tuh -menurut si empunya cerita- beberapa hari lalu di sekitar 2,5 km dari rumah ada kecelakaan motor vs truk pasir. Qadarullah si pengendara motor ini meninggal di tempat. Yaaah lawan truk pasir gitu lho.

Kasus lainnya di dekat terminal kalideres,, motor vs kontainer/trailer. Pengendara motor meninggal di tempat.

dan banyak lagi kasus kecelakaan motor vs kendaraan minimal 4 roda yang diceritain si kurir. BTW ini kurir kok hobinya denger dan nyeritain brita kecelakaan sih.

Saya 6 hari dalam seminggu selalu naik motor dengan jarak minimal 20 km per hari. Rutenya sih campur, jalan kampung plus jalan gede yang pastinya ketemu segala macam kendaraan, bahkan beberapa kali ketemu truk guedeeeeee yang bahkan mau muter di U-turn aja bikin macet sekilometer. Beberapa kali saya nyaris bersenggolan dengan sesama motor, Pernah juga nubruk angkot, Tapi satu yang saya jagaaaa banget adalah menjaga jarak dengan yang namanya truk, berapapun gardannya. Kan udah ada tulisannya: JAGA JARAK. Pengendara motor kan biasanya terlena dengan kemampuannya menyusup celah2 kecil di antara kendaraan gede tuh.

Kenapa wajib banget jaga jarak sama truk? gini,, saya kan kalo di mobil seringnya duduk di kursi penumpang depan, drivernya ya suami,, atau ayah saya. mereka kadang suka kaget kalo tau2 ada motor mendahului dari kiri. Tau2 nongol di sebelah pintu. Saya pikir,, kan ada 3 spion,, kenapa masih kaget. Ternyata memang ada yang namanya blank spot,, daerah yang ga ke-cover spion. Waaah ga ngerti deh sayaa,, kan ga bisa nyetir.. *gegara urusan blank spot saya ga dikasi ijin belajar nyetir mobil :D*

Naah,, mobil yang panjangnya cuma 4.8 m aja bisa kecolongan n nyaris nyerempet motor,, apalagi truk kontainer yang panjangnya bisa 11 m itu. Spionnya kan ga jauh lebih gede. udah gitu,, katanya nih,, truk gede gitu kalo liat sesuatu secara mendadak tuh gak bisa ngerem trus ujug2 brenti lho. Mirip kereta api gitu lah,, ngerem di manaaa,, brenti di mana.

Jadi yang harus ngalah siapa? Ya jelas motor lah :D

Kecelakaan yang melibatkan motor dan truk pasir itu,, saya tau persis lokasinya. Jalannya lebar. ga ada tukang jualan yang buka lapak semi permanen di situ. Intinya mah kalo lagi di situ dan ngeliat ada truk gede,, pasti gampang banget cari tempat buat melipir bentar. Tapi yaaaah.... namanya juga maut, di mana aja bisa dateng ga pake miscall.

Kalau diperhatikan, pengendara motor ini lama-lama udah macam mengantar nyawa. Kayanya gampang banget gitu melaju kencang, nyelip2, beberapa ga pake aturan. Halah kok ngomongin aturan,, lha wong saya nyetir di jalan protokol, pelan2 (30-40 km/j), di sebelah kiri,, masih aja diklaksonin motor di belakang saya,, disuruh cepetan . Ampun dah. Dilema banget kan,, ambil jalur kiri kepentok sama angkot yang bisa ujug2 berhenti. Ambil jalur kanan saya jiper sama si roda-4, roda-6, roda-12

Yawes Bismillah-nya aja kencengin. Teman2 fellow biker,,, hati2 ya kalo nyetir motor. Ngalah bentar aja lah kalo kena stuck di jalan,, kalo belok/pindah jalur jangan lupa nyalaiin lampu sein, pake helm standar, anaknya dibonceng di belakang. Naaah urusan bonceng anak ini PR banget lah buat saya. Mungkin karena naiknya yg matic,, jadi merasa terbuai bisa bawa anak di depan.

Safe riding yaa :)


No comments: