Monday, February 9, 2015

CLBK





Sebelumnya nyuwun Sorry yaak,, ini gambar lupaaa banget ngambil dari mana, asal screenshot aja waktu itu karena gambarnya kocak.

Sudah pada tau doong kalo kurikulum SD berubah lagi,, yang awalnya pakai kurikulum 2013 a.k.a kurtilas,,, sekarang kembali ke kurikulum 2006. Peraturan ini berlaku untuk sekolah yang memulai kurtilas sejak tahun ajaran 2014/2015.

Akhir tahun lalu pas lagi rame2nya masalah pembatalan kurtilas, saya gak ikut kepo. Eeeeh baru deh sekarang kepengen tau, sejak buku pelajaran anak di sekolah mulai "gak jelas".  Barusan browsing trus dapetlah link ini. Bukan situs resmi dari Kemendiknas sih, melainkan blog pribadi seseorang. Eh tapi justru penjelasannya bikin saya lebih paham sih.

Dan akhirnya terjawab sudah.. sekolah Azki termasuk golongan CLBK ke kurikulum 2006.
Saya yang ga ngerti apa2 soal kurikulum jadinya malah browsing plus minus si KTSP ini. Sempat pula nanya di grup sebelah .. yang mana cuma sebijik yang ngasi info, heuuuu. Kaya gini testimoni dari Teh Liza di grup sebelah itu..

"Yg kerasa, lebih repot. Anak saya tdnya tiap hari cm bawa 2 buku tulis ke skola (buku tulis biasa & buku tulis halus/tegak sambung), skg krn kembali ke ktsp, jadi msg2 pelajaran min. 1 buku tulis, dan tiap hari bs 4 mapel.. ulangan harian (uh) jg frekuensinya jd lbh srg krn tiap mapel ada uh, klo k13 cm uh pas ganti tema aja, jd dlm sebulan maks.2x uh.
Ke anaknya jg lbh enjoy k13 sbnrnya... tp syg disini skolanya ga diperkenankan ttp pk k13, krn menurut salah satunya gurunya, pihak dinasnya yg ga mau nerima nanti klo mrk keukeuh pk k13.. makanya terpaksa balik ke ktsp"


Yeaaaa,,  jadi bawaan ke sekolah jadi lebih berat yaa.. apalagi kalo bawa kotak makan, hihihi. Tapi emang gituh, si Azki kalo ke sekolah bawa makan buat jam 9 pagi, dan jam 12 dia makan lagi dari katering sekolah. Semoga sekolah si bocah dapet rezeki yaa buat ngediriin kantin yang lebih luas lagi.. Kan enak tuh kalo sekolah punya semacam kantin/kafetaria, yang ada lapak2 somay, bakso, dll, yang sudah lulus uji kebersihan dan gizinya. *kode buat miss-nya Azki yang ikutan baca blog ini.  Iya,, miss yang itu,,, Ga enak kan punya blog tapi dibaca gurunya anak? ahahahah

Ihiks, jadi terkenang sekolah di hutan. Kantinnya ada lapak pempek, bakso, mi ayam, minuman. Ga ada tuh abang2 nongkrong dengan makanan geje. *lagian ogahlaah di bukit kok naik turun dorong2 gerobak.

kenapa ya lagi ngomongin kurikulum mendadak bisa ganti aliran ngomongin kantin? apa karena saya lapar?

Jadinya sekarang saya gali2 info lagi nih soal KTSP. Kaya apa sih materinya,, anakku bisa ngikutin ga ya? Apa yang kira2 lebih diminati si anak?

Semoga anak-anak bisa cepat beradaptasi. Menurut saya sih,, selama anak bisa beradaptasi, tetep girang, ibu2 masih bisa senyum,, itu pertanda perubahan kurikulum tidak berefek negatif. Tapi saya kepo aja nih,,, beberapa minggu lalu di sekolahan,, pas belum ada statement resmi bahwa sekolah kembali CLBK, adaaa aja ibu2 yang ngomelin dan mencap negatif anaknya yang nilai ulangannya ga bisa dapet 100. Padahal kalo saya tanya Azki,, ternyata itu bocah kalo di kelas sweet banget loh kelakuannya. Bukan biang ribut. Nurut apa kata gurunya. Ah andai saya bisa bicara banyak...


No comments: