Wednesday, January 7, 2015

Tujuh Penulis Novel Internasional Terkaya


Bukan. ini bukan mengutip acara On de Spot. Saya juga udah hampir ga pernah nonton itu, secara lama2 kok banyakan iklan daripada acaranya sendiri. udah gitu juga kemaleman ih.

jadiii,,,sumber Isi post ini nyontek abis dari akun twitternya Gramedia Bookstore. Kebetulan saya penggemar novel yang mostly isinya ga akanlah direview dan  dibahas dengan otak. *otak saya, maksudnya*. jadi kalo mau mbahas Supernova dan sejenisnya,,, monggo sama yg lain saja. Naaah novel2 yang saya baca itu,, ada yang penulisnya ternyata masuk kategori penulis terkaya (angger pembacanya blom sekaya mereka, mereka kaya karena kami :D ). jumlah nominal ini entahlah siapa yang ngitung,, saya gak tau soalnya pas ngitung ga diajak sih. Langsung aja, siapa aja kaaah? Nih...

1. James Patterson. Kekayaannya ditaksir sekitar Rp 1 triliun.Dia dikenal karena ceritanya nyerempet2 psikologi. Saya justru taunya dia penulis cerita detektif, yang beberapa sudah difilmkan, misalnya Along Came Spider (diperankan Morgan Freeman), Kiss the Girls (Morgan Freeman), dan Alex Cross (Tyler Perry). So far saya sdh punya novel si om James ini sekitar 6 judul.

2. JK Rowling. Kekayaannya sekitar 170 juta Pounds. Nah ini saya ga baca Harry Potter. Buat saya dunia penyihir terlalu absurd. Tapi saya belom coba mbaca yg Cuckoo Calling sih.

3. Stephanie Meyer. Kekayaannya ditaksir US$ 40 juta. Dia tenar sejak novelnya yang berjudul Twilight booming  dan diadaptasi ke bentuk film. Lagi-lagi saya ga baca. ga nonton juga. Dunia Vampire absurd buat saya.

*Tapi ngikutin Underworld-nya Kate Beckinsale
*Ga istiqomah

tapi harusnya ada ulasan komparasi trilogi Underworld dan Twilight nih,, secara rada2 mirip kan background ceritanya.  (tetep suka mbak Kate drpd K-stew yg menye-menye.)

4. Stephen King. Di celengannya ada US$ 40 juta. Saya cuma baca 1 novelnya, Congo. nonton filmnya juga. Oh iya Bone Collector yang dfilmkan itu novel dia juga kan ya?

baru inget. Congo itu kan ditulis Michael CRICHTON, o me equivoco?  Lagian CONGO bukan cerita horor ala Stephen King, tapi lebih ke sci-fi thriller gituh.

5. Ken Follet. Kekayaannya sekitar US$ 20 juta. Saya punya 2 judul, dan... ehm.. rada vulgar. aslik saya beli cuma berdasar sinopsis di sampul belakang buku. Seru gitu lhoooh tipu muslihat politisi. tapi ya ituu..gitu dehh..

6. Danielle Steel. Celengannya penuh sama duit US$ 32 juta. Saya punya 2 judul, sisanya banyakan minjem. Di sampul bukunya pasti ditulis notifikasi best seller internesyenel. Heran.. kok ga ngalahin James Patterson yg walopun ga ngasi notifikasi serupa tapi nomor 1 di list ini.

 Novel Tante DS ini baiknya dibaca saat lagi jenuh. Karena isinya ringan. kalo ringan kok novelnya tebel? yaaa karena banyak bertele-tele. Mendeskripsikan satu orang aja,,, itu bisa 2 halaman.Lebay gitu lah. padahal tokohnya kan ga cuma satu. Semua tokoh di novel tante DS, dideskripsikan sempurna jasmaninya. Kalo cowo pasti ngguanteng.. kalo cewe pasti cuantik. Padahal kalo difilmin,,, buyar kabeh deskripsi tadi. Maksudnya yaa jadi ga cantik2-ganteng2 amat.

7. Nicholas Sparks. Koceknya relatif tipis, US$ 14 juta. mungkin pembacanya banyakan minjem daripada beli. Gitu ga sih mas Sparks? Ini rada2 segenre sama tante DS tadi. Bedanya... lebih sedih. menurut saya lho ya. Mungkin karena dia pria, jadi rasanya kok terharu ada cowo  pikirannya menye2 gitu. Hoahahahaa. Semua tokoh pria dalam novelnya,, romantis. Makanya cewe suka banget baca ini,, mungkin berharap pasangannya seromantis tokoh2 di ceritanya mas Sparks. ahakahakahak. Yang sering dibahas temen2 tuh The Notebook.

"eh kamu baca yg the Notebook ga?"
"baca sih,,nonton filmnya juga"
"ih kan filmnya gitu" (kasak kusuk scene Allie main ujan-ujanan sama Noah) gak perlu dikasi link yutubnya kan yaaa.
"iya sih,, tapi bagus"
"sedih ya"
"ah bahagia kok,,"
and so on

Saya sempet nonton yang Nights in Rodanthe. di Yutub, seperti biasa. Bagus, lebih ga menye-menye, palingan yang nonton/mbaca ngambil tisu pas udah di akhir cerita. PS: Sakjano bagus ki yo mergone ono Richard Gere nya jugak, hyaahahaha.


wes segitu aja, walopun menurut saya harusnya di expand jadi 15 penulis terkaya.*sewot Sidney Sheldon ga masuk. Dan Brown juga enggak. Thomas Harris? Khaled Hosseini? ya itu tadi,,, mungkin pada minjem, ga mau beli (nuduh). Jadi royalti ga nambah-nambah.
Bikin list sendiri aja kakaaaak, ceuk si Gramedia.

oh ya yang kepo bisa pake hesteg #GBfakta aja di twitternya buat liat penampakan sang penulis,, soalnya saya terlalu malas buat ngasi gambar di sini


2 comments:

Lidya Fitrian said...

Cuma bukunya Ken Follet yang belum pernah aku baca dan beli

mommy-azki said...

Mbak Lidya: agak susah dicari nih novelnya Ken Follet.