Thursday, January 3, 2013

Wisata Kampung Batu, Malakasari, Bandung


Saya berkesempatan mendaftarkan Azki ke programnya Sobat Sains untuk wisata alam di Kampung Batu untuk mengisi liburan akhir tahun kemarin.

Program Sobat Sains kali ini adalah Sahabat Flora (29 Desember) dan Sahabat Alam (30 Desember). Azki ikut Sahabat Alam saja, karena baru berangkat tgl 29 Des, sore, pas ayahnya slese kerja. Isi acara di program Sahabat Alam antara lain Flying Fox dan ikut membajak sawah. Sisanya ngga penting, hehehee...Maksudnya jalan2 biasa aja di kawasan Kampung Batu, termasuk naik kapal di danau situ.
Setelah berkumpul dan briefing singkat di Taman Ganesha, akhirnya meluncurlah rombongan Sobat Sains ke Kampung Batu, menggunakan minibus sewaan. Saya dengan susah payah membujuk Azki masuk ke minibus, karena ini bocah rada minder setelah tau peserta lain ternyata udah pada uzur lebih dewasa, usia SD gitu. Dan saya harus berulang kali menjelaskan bahwa Ibu dan Ayah nyusul pake mobil. Huhuhuu... padahal mau saya tinggal kabur ke FO aja tu bocah :P ternyata feelingnya tajam..

Kampung Batu pagi itu panasss sekaliii.. padahal baru jam 9.30. Sampai2 saya harus pake payung *kecentilan* *takut make-up luntur karena keringat*. Dan selama perjalanan menuju Kampung Batu yang juauuuh ituu,, Azki tidur doooong. bwehehehee..kirain bakal mual atau muntah karena sebelumnya dia 2x makan pagi. Mungkin dia pikir "tidur lebih baik daripada kenalan" :D

Bai de wei... kenapa disebut Kampung Batu? Mana batunya? Mungkin merujuk pada batu guedeee di pinggir danau, yang membatasi area parkiran dengan daerah wisata Kampung Batu itu sendiri. Harusnya ada legenda di sini, sperti layaknya daerah wisata lain. Mungkin ada mahasiswa yang gagal dikejar deadline trus ngelempar batu ke danau lalu.... JREEEENGGG.... jadilah Kampung Batu.  Ih saya ga pandai ah ngarang legenda, kalo maksa pun hasilnya jelek kan :D

Ohya, ternyata ada teman, Nova, yang mendaftarkan anaknya di acara ini. Kalo ga ada temen ini, beneran saya ga kenal sama ibu2 lain peserta acara. Tapi anaknya, Nisa ini udah gede, kira2 kelas 2 SD gitu ya? dan Azki pun ga bisa langsung akrab sama teman baru. Gara-gara ayahna Azki pernah bekerja di bidang yang sekarang digeluti Nova, walhasil mereka berdua ngobrooool melulu dari awal kenal ampe acara slese. Dan karena saya harus rempong menjaga Hiro, dan ikut ngobrol dengan Nova, akhirnya segala aktivitas Azki ga terekam dengan baik.  Berkali-kali Azki terindikasi mogok dari acara kalo ga saya temani. Syukurlah kakak-kakak pengurus Sobat Sains dengan sabar menangani Azki jadi saya bisa dengan tenang ngadem di saung. Heran yah kok mereka bisa sabar ngadepin anak orang, wkwkwkww.. apalagi kakak-kakak dari PAS, salah satu subkelompok di Masjid Salman yang urusannya main dan belajar dengan anak-anak.

Karena saya ga ikut menemani Azki selama tour, jadi kira-kira run down acaranya kaya gini nih: naik kapal di danau, melihat burung merak, memberi makan rusa, meluncur di flying fox, makan siang, mbonceng kerbau dalam rangka membajak sawah, solat, eksperimen sains sederhana, pulang. Yang paling kocak adalah saat Azki mau ikut flying fox tandem dengan kakak pemandu, tiba2 dia mogok dan akhirnya lebih memilih mengitari danau untuk bisa sampai di lokasi pendaratan flying fox. Hueheheee.. Azkiiii... ibu jadi salting di depan kakak pembina      -___-"




Kayanya untuk Azki yang masih TK ini, harusnya tour bersama anak seusianya, dan sudah dia kenal sebelumnya, misalnya tour dari TKnya sendiri. Tapi apa daya TKnya Azki ga ngadain tour, jadi saya yang harus pusing nyariin kegiatan wisata buat Azki.

Okelah, liburan berikutnya musti nyobain wisata edukasi yang lain, baik itu secara berkelompok atau individual, yang penting ga nge-mall mlulu, dan ortunya ikut juga yak, hihihii...

3 comments:

Susi Susindra said...

Oohh... agak bingung tadi waktu mengatakan lebih baik tidur daripada kenalan. ternyata bukan wisata kelas/sekolah, ya

Lidya - Mama Cal-Vin said...

asyik ya jadi ada kegiatan waktu libur. syaratnya apa tuh mbak?

mommy-azki said...

syaratnya, usia SD, lagi sehat dan ga mewek kalo pisah dari ortu minimal 4 jam, hehehee...