Thursday, July 3, 2014

Menu Ramadhan

Selamat menunaikan ibadah Shaum Ramadan 14xx Hijriyah. Wkekekeee ora apal taun islam. Ntarlah ngintip 
tanggalan. 

Beberapa hari lalu,, di grup sempat ngomongin menu sahur seperti apa yg padat gizi. Terus seperti biasaaa... Bahasannya selalu berakhir OOT :D mulai dari contoh 30 menu ramadhan -yang sepertinya ini menu ukm bidang katering- sampe ke menu sahur seperti apa yg sering dimakan. Btw semoga mamah yg menanyakan menu sahur padat gizi tadi sudah menemukan jawabannya yaa, hihihi. 

Sebetulnya menu sahur ituu.., susah susah gampang,, atau gampang gampang susah. Tergantung gimana kebiasaannya aja. Ada temen saya di asrama dulu sahurnya cuma pake energen dan pisang, sementara penghuni lain termasuk saya, berbondong2 ke warteg gang sebelah. Di rumah mama saya,, makan sahur pasti nasinya buanyaak.. Gak boleh itu yg namanya ngegadoin telor ayam daging. Sayur-buah seadanya aja, kalo ga ada ya ga masalah.

Daaan menu sahur saya sendiri juga mendadak berubah sejak hamil Hiro. Bangun lebih cepat buat nabung minum-ngemil buah, menjelang imsak baru deh makan berat. Setahun sejak Hiro lahir, saya menemukan metode makan yg mendadak booming: Food Combining. Intinya maah,, metode ini ga repot asal doyan sayur dan buah. Sudah banyak orang yang mengklaim cara makan gini bikin badan selama puasa jadi bugar. Malah ada yg sahurnya buah dan air doang. Saya cobain deh yaa sahur dengan gaya Food Combining ini,, kalo mau jujur sebetulnya quasi-food combining. Sayur-protein tp masih pake nasi seuprit. Kenapa masih pake nasi? Karena urusan wattage reskuker,, nanak dikit/banyak kan sama2 ngabisin 350 watt, hyeheheeh.. Buah kalo ada stok, dimakan jam 3, atau 75 menit sebelum makan beneran. Kemaren sahur ga pake sayur,, lemesnyaaaa,, bawaannya pengen tidur seharian. Macam pakdenya Azki tuh, sahurnya dobel karbo plus telor ceplok. Seharian weeh di kasur ga kemana2 *lebay* 

Tapi yaaaa... Kalo dipikir2,,,kuat-gak nya puasa itu ga selalu tergantung sama menu sahur sih. Mama saya misalnya,, menu sahurnya jelassss menyimpang dari aturan food combining, tapi alhamdulillah blio merasa badan enteng-seger kalo kelar Ramadhan. Tapi bubar lagi sih pas kelar idul fitri,, soalnya bertamu ke sana sini, banyak makanan,, jadi drop lagi badannya. Ayah saya juga ga jauh beda sama mama saya,,, menu sahur hajar ajaaa apa yg di meja. Cumaaa nyarissss ga ada menu bersantan selama sebulan puasa itu. ibu Mertua saya malah udah biasa menu sahurnya air putih doang. Kalo ada buah yaa tambah buah dikit deh. 

Jadi sebetulnya tergantung si badan juga kali ya,,, atau juga tergantung niat,, atau tergantung amal ibadah masing-masing, hyeheheee. Itu baru urusan menu sahur,, belom menu buka. Saya lebih suka buka pake air anget, teh anget, jus buah suhu ruang,, asal bukan kolak. Es buah bisa juga sih tapi cuma 2-3 sendok. Dan gegara si food combining itu saya sudah cukup puas mbatalin puasa pake buah doang. Ntar makan utamanya habis sholat. Makanya lebih enak buka puasa di rumah sih,, klo di luar pasti kemrungsung rasanya, hehehehe

No comments: