Thursday, August 12, 2010

Belajarnya Azki

Beberapa kali membaca cerita anak temen2 blog..ketawa sendiri,,senyum2,,akuberkali2 takjub krn semua anak itu pinteeeer banget menyerap informasi dan mengolahnya..gilee,pake prosesor apa sih? Hehehe.

Dan sebagai simbok normal, dan tipikal simbok2, mulai deh iseng mbanding2in anak2 teman dgn Azki. Terutama dari segi kemampuan membaca-bicara-menghafal..membandingkannya cuma iseng lho ya..makanya ga ada kerut merut stress di wajah,hehehe

Setelah membanding2kan..jadi bertanya2,sebetulnya Azki ini pembelajar type apa sih?kinestetik?audio?visual? Sebetulnya njawabnya gampang:bawa aja ikut test finger print,hehehe.

Menghafal angka-huruf-warna susaaaah banget.sampe sekarang belum juga tau mana huruf mana angka. Padahal kalo sdh minat,kan gampang simboknya kalo mau mengenalkan huruf hijaiyah..:( Klo ngitung: atu, wa, ima, papuluh..hwahahaha..warna? Semuanya dianggap hijau. Tapi lancar sekali kalo ngafalin gambar atau ajojing saat ada musik tertentu. Jadi "mendengar/melihat secara sepintas lalu" adalah salah satu metode belajar Azki..misalnya kalo ada barang jatuh, komentarnya: owoh ajiiim (astaghfirullah hal 'adziim). Atau berkata: Azki wooiii,,saat dipanggil dengan nama Qonita, nama depannya.

Qeqeqeqex..gini aja dah bikin ngakak,,gimana kalo sdh lancar baca huruf-angka ya??
Sabar ya mbook..mungkin ini juga ada turunan dari simboknya..yang pening kalo mbaca (kecuali novel)n dan lebih suka mendengar musik sambil menghafal..ngga betah baca buku urut dari depan..

7 comments:

BunDit said...

Saya juga ngiri nih...Azki sudah oke banget bisa pup di WC. Dita belum bisa niih... hiks. Tuuuh...kalau membandingkan anak jadi stress sendiri mom hehehe. Kata ahlinya, biarin aja anak explore kesenangannya sendiri, ortu hanya membantu dan memfasilitasi :-)

Lidya said...

ada waktu nya kok mom, Insya Allah semua nya bisa pada waktu nya

dina said...

kalo dibanding2in, emang pasti akan berbeda2, ada yg cepat, ada yg lambat,

Zulfadhli's Family said...

Ga usah banding2in anak sendiri sama anak orang kali yah, kalo ga ngerasa "hadoh, ko si A udah bisa gituh anak gw belom?"/. Kalo gw mampir ke blog emak2 lainnya seneng ajah dapet referensi gimana cara ngebelajarin anak, medianya apa, dll.

Btw Mbok, apa dirimyu pengikut partai PPP? Soalnya ko Azki taunya ijo mulu hehehe

Met puasa yah buat Mbok sekeluarga

Allisa Yustica Krones said...

cara belajarnya Azki ada kemiripan dgn gaya belajarnya Raja. Lebih seneng ngikutin gerakan sama nyanyian drpd disuruh ngapalin huruf dan angka. klo dr hsl tes finger printnya gaya belajarnya Raja yang dominan adalah visual dan kinestetik, dan sejauh ini mmg terbukti benar.

Setuju, gak usah dibanding2in antara anak satu dgn lainnya *walo kadang ini terjadi secara refleks :D :D*, karena setiap anak memang bawaannya unik :-)

mommy-azki said...

@bundit:sdh difasilitasi bund,dengan cara membolehkan azki mengacak2 segala isi rumah,hihihi. Ayo dita, pup di WC,,asik lho bisa main air:)

@lidya:bener mbak,saya sih sabar2 aja :)

@dina: perbandingan kan asal mindsetnya positif,inshaAllah membuat kita lebih paham karakter anak:)

@jeng soes: sumpah mbak saya golputttt

@allisa: wah sdh ada referensi hasil finger print test,hihihi. Kalo kaya gini saya pikir saya yang harus lebih ekspresif biar anak bisa tambah rajin belajarnya..:)

umi azka said...

weleh , koq yo podo mbe azka tho, sampe saiki diajarin ABC mbe angka2 melengos terus, tapi nek nanyi AB-Z apal, nek lagu2 juga cepet banget apal....moco buku ga betah suwe2, nek dikon nyanyi semangat 45...tak pelokno idola cilik wae kethoe...opo IMB...hehehe