Thursday, December 31, 2009

Azki 16 Bulan

Hari ini adalah minggu ke-2 ibu dan Azki berlibur. Berliburnya bener2 libur, leyeh-leyeh, di rumah aja. Khusus ibu tentunya masih nyuci2, tapi ya ngga berat. Enak yaa..tapi sayangnya ayah ngga bergabung, masih ada kerjaan rupanya.

Di Solo Azki melewatkan ulang bulannya yang ke-16. Sudah tua yaa..hehehe.. Dan sudah cukup bikin ibu pusing karena selama liburan susaaaah maemnya. lebih parah dari di rumah. Mungkin karena susah makan itulah, 5 hari setelah sampai di Solo, Azki langsung deh ketemu sama musuh lama: Batuk-pilek. Haduh-haduuuh...pas nimbang di dokter, ternyata dalam waktu 2 minggu, BBnya turun 500 gram. Hiksss.. keliatan banget deh kurusnya....
Di umur 16 bulan ini, Azki:

- Masih ASI dan ASInya tuh yang siaran langsung, ga mau pake media lain. Susu UHT? cuma mau sedikiiiit yg rasa stroberi.

- Masih babbling. Belum ada satu kata yang ada artinya yang keluar. Paling2 kalo megang sesuatu dan jatuh, langsung nunjuk2 dan ngomong "cecuh". Oh maksudnya "jatuh" ya Nduk? hihihi..

- Makin sering mengasah ketrampilan memasukkan barang ke wadah. Misalnya memasukkan koin ke panci. Kadang sepatunya yg masih di dus dikeluarkan dan dimain2kan. Trus kalo sudah selesai, sepatunya diberesin lagi masuk ke dusnya. Masukinnya tuh yang rapi, kardusnya tertutup rapat. Hihihi..sebelum kena omel ibunya kali ya, jadi harus dirapikan :P

- Kalo lihat ibu mulai berbaju rapi dan pake jilbab, pasti langsung menyambar propertinya sendiri yang bekaitan dengan pergi. Misalnya jilbabnya sendiri, atau jaketnya, atau sepatunya. Maksudnya mau ikutan. oalaaa, ngga mau ditinggal tho?

- Mulai melengos kalo disuap. maunya makan sendiri. Duduk di atas alas dengan menghadap mangkoknya, dan hap... sendok pun dipegang, diarahkan ke mulutnya. Memang belepotan sekali, dan volume yg masuk mulut lebih dikit dr yg nempel di baju.

- Makin pemilih sama makanan.

- Sudah bisa turun dari kasur. Beberapa kali malah habis mimimo, kabur sendiri. Meninggalkan ibunya yang tertidur selesai menyusui.

- Semakin sering merecoki barang yang sedang dipegang orang lain. Misalnya, tantenya yang sedang baca komik, direbut komiknya. Ibu yang sedang ngenet, direcoki laptopnya.

- Belum rutin ditatur (kesalahan ini ada pada ibunya)

Yaah, begitulah. Ngga banyak, nambah2 dikitlah dari bulan sebelumnya.
Selama di Solo Azki takut banget ditinggal ibu. Walopun ibunya cuma pergi ke toilet. atau ngambil minum di dapur. Padahal sebetulnya dia sudah akrab lho sama uti dan tantenya. Jadi ibu kalo mau mandi/nyuci musti nunggu Azki tidur. Tapi pernah juga terpaksa dibawa mandi dan nyuci. ribet yah?

Uti sih selalu nyalahin ibu karena dari dulu ngga mengajarkan Azki minum sufor. Menurut uti, gara2 itulah Azki selalu nempel2 mlulu sama ibu, susah lepas. Padahal kalo mau ngedot, uti bersedia mbantuin momong, apalagi ibu kan sukanya jalan2 dan ngga mau mbawa Azki kalo ngga perlu2 amat. yah memang susah ya menjelaskan ke orang, terutama ibu sendiri, tentang keinginan kita menyusui. Maksudnya, wong masih ada ASI, disyukuri dengan menyusui. Kalo memang sudah ngga bisa, baru beralih ke sufor/UHT. Kok malah aku disalahin seh?

Daripada marah2 sendiri,, yuk mari lanjutkan liburannya....:)

2 comments:

BunDit said...

Wah sama deh dg Dita waktu usia 15 bulan pulkam ke kampung Ayahnya. Gak mau ditinggal sedetikpun oleh Bundanya. Nempeeeel terus kayak perangko hehehe.

Met UBul dedek Azki. semoga selalu sehat dan pinter. Bentar lagi pasti banyak omong deh :-)

mommy-azki said...

makasih ya bundit..
ini hbs pulang dari kampung, malah bingung sama kakeknya yg di tangerang. Hehehe..