Wednesday, December 9, 2009

Menjadi Menantu

Di suatu hari aku chat dengan satu sepupuku. Ngga sengaja sih, karena ga pake janjian, dan tiba2 dia muncul di window fesbukku. Sepupuku ini orang yang eksentrik, aneh, dan juga konyol. Tapi baik sih, beberapa kali membantuku di tugas2 kuliah dulu, termasuk tugas akhirku. Karena kami sekampus jadi aku tau kapan dia bisa dimanfaatkan, hehehe...maksudnya ga bentrok sama jadwal UTS-UAS.

Nah, di dialog chat kami, tiba2 dia bilang:

Sepupu (S) : Mbak, aku kasian lho sama mertuamu.
Aku (A) : Knapa emang?
S : Kasian aja lihatnya..
A : Mertuaku sehat2 aja kok, kok dikasihani
S : Bukan gitu.. maksudnya kasian punya mantu kaya kamu
A : ?@#$@%> Kurang ajar kowe.. mantu ayu gini kok, ya mertuaku senang lah :D:D:D

Awalnya memang kuanggap angin lalu. Tapi setelah beberapa hari perenungan, terbersit satu pertanyaan: walah, jangan2 sepupuku bener tuh. bisa jadi aku bukan mantu yang baik ya..

Coba, apa yg sudah aku lakukan buat mertuaku itu? sepertinya belum ada yg berarti..ya masih gini2 aja.

Ada kan ya iklan di TV, ibu mertua yang ngomel karena menantunya ngepel tiap hari. Dikatainnya, ngabisin gaji suami. Kalo boleh nanggepin: Wah itu masih mending, aku dulu males banget ngepel waktu masih numpang di rumah mertua. Males ngapa2in lah, terutama yang berhubungan dengan beres-beres. Maunya bergumul sama Azki dan nginet mulu. Tuh kan, sepupuku bener :p

Mertuaku sayang banget sama Azki. Ini bisa aku pahami, karena Azki perempuan, sedangkan anak2nya mertuaku 3, laki-laki semua. Tapi kadang kok malah kesannya aku sama mertuaku rebutan Azki ya. Maksudnya, kalo pas mertuaku pengen bawa Azki pulang ke rumahnya, kadang ngga kubolehin.

Sebetulnya bukan ngga ngebolehin, tapi itu karena rutinitas2 yang sudah kuatur buat Azki, biar Azki ngerti juga, kapan bisa bermain sama kakek-neneknya, kapan sama ibunya. Jadi ngga sembarang waktu bisa main. Bener ngga sih sistem kaya gini. Sampe pernah lho malem2 mertuaku itu membawa Azki main saking kangennya, padahal menurut jadwalku, malem ya di rumah, ngga ada acara main. Wah coba kalo Azki sudah bisa berargumen, pasti dia protes: Ibu curang, kalo ibu mau ada acara malem sama Ayah, Azki dititip di rumah Baba, Hehehe.. iyah Nak, ibu emang curang. Azki boleh main malem kalo ibu juga lagi ada kerjaan di Jakarta atau mau ke Gramed sama ayah, hehehe... Untung Azki belum bisa ngomong :D:D:D

Tuh kan, sepupuku bener, mertuaku mau ketemu cucunya aja musti dijadwal.

Cuma cara aku ngatur gimana Azki main di rumah mertua, sengaja pake aturan yg cukup ketat kalo dibandingkan dengan anak2 lain (tetangga). Azki harus dihindarkan dari asap rokok. Ini karena mertuaku yang wirausaha garmen itu banyak banget tamunya, dan pastinya ngobrol sambil merokok. Belum lagi tetangga2 di deket rumah. selain itu Azki ngga boleh dibelikan jajan warung, macam gorengan, permen, dan chiki-chiki gitu. Dengan begitu aku rela dikatain sebagai ibu yang overprotektif, sama karyawatinya mertuaku.

Dan akhirnya setelah mendekati 12 bulan Azki ada di Tangerang, kami akan berlibur panjang ke Solo. Bisa dipastikan liburan ini akan berlangsung selama 1 bulan. Yah wajar dong, Azki kan juga perlu mengenal mbah2nya yang ada di Solo. Cuma pastinya mertuaku bakal kangen banget lah ya sama Azki. Beliau baru saja melepas kepergian anak keduanya yang menuntut ilmu ke Timur Tengah dan pulangnya pun entah kapan. Sekarang cucu satu-satunya mau liburan entah berapa lama. Maafkan aku ya mertuaku,,,

Tuh kan, sepupuku bener lagi.. mertuaku kubuat ngga punya pilihan..
*kok aku malah jadi sedih gini yak?*

5 comments:

edratna said...

Hehehe....kalau mertuamu baca pasti geli deh

martadewa said...

hihi Ly.. kurasa "misi" sepupumu berhasil ... huahahaha...

Maliki Taher said...

nanti ku forward ke mertuamu say

vthree said...

alow mbak laily ...
aku baca blog nya mbak suka ketawa sendiri deh abis lucu..heheheh
salam kenal ya mbak...
boleh tukeran link ya... :)

mommy-azki said...

@bu enny: hehehe...untung blio ngga baca blognya

@dewi: iyah, dia kalo ngomong ngeselin banget tapi kena, hikss..

@malik: oyah? sudah belum? wah bisa dapet hadiah aku ini :p

@Vthree: wah terharu aku dibilang lucu...yuk mari tukeran link..thanks ya sudah mbaca2 :)