Monday, October 6, 2014

10-Days-Challenge Day 10: Idul Adha 1435 H dan Tongseng Sapi

Selamat Hari Raya Idul Adha,, semoga qurban kita diterima Allah SWT.
Seperti tahun2 sebelumnya di sini,,  keluarga Pak Maliki motong hewan qurban di depan rumah. Kenapa ga di mesjid? emmm...kenapa ya? mungkin ga mau sutris liat orang2 yang pada parebut-rebut daging qurban. Padahal di rumah yang pagernya ga seberapa tinggi dengan halaman yang seolah2 sudah jadi milik publik itu ga menghalangi orang untuk heboh minta bagian daging.

Biar pembagian daging sedikit lebih tertib,, so Makmertua saya dengan sukarela menjadi ketua tim pengawal pembagian daging qurban. Kalo ga dikawal sudah dipastikan itu tetangga yang nonton prosesi pemotongan pada ngelemparin plastik ke tukang cacah daging. Iye,,, Bu Haji mah komandonya bikin tetangga mundur teratur. Kayanya saya musti belajar galak nih *segini ternyata kurang galak*. So far cuma berani ngomelin mandor yang berlambat2 nyari timbangan. Kan biar adil dagingnya kudu ditimbang yes...

Ga tau ya kalo di tempat lain,, kalo di sini type orangnya mah klo sudah dapet daging Haji A,, pasti minta lagi ke Haji B. Bisa dimaklumi,, karena emang dapetnya dikit sih ya,, kira2 sebanyak 2 kepal tangan ABG. Kalo ga mau dapet dikit kayanya bisa ke supermarket deh mpoook...

Akhirnya karena sudah mengamankan bagian,, dapatlah saya sekitar 1 kilo daging paha. Ini lagi gegara Makmer saya kekeuuh pisan minta daging paha untuk bagian keluarga. Sunnah Rasul meureun. Padahal saya maunya has dalam,,kan empuk tuh, hihihi. Eh saya juga nyomot sedikit tulang punggung. Ini karena semalem sebelum Idul Adha saya browsing resep kaldu sapi. Kepengen ambil tulang kaki tapi kok yaaa guedaaaay banget. gimana motongnya coba, Akhirnya tuh kaki diambil tetangga. Mbuh piye carane masak.

Panjang beneer preambule-nya, padahal cuma mau ngasih tau kalo habis masak tongseng sapi. Kenapa milih tongseng? karena ga pake santan. Mblenger laaah kalo santan melulu,, soalnya besok mau rendang,, besoknya lagi mau soto betawi,, besok-besoknya lagi mau sop daging.

Resep tongsengnya saya ambil dari sini,, dan resep buat kaldu sapinya dicomot dari sini, dibaca sampe komen terakhir biar lebih pinter. Namanya juga ga jago masak,, jadi kudu pegang erat primbon2 penting.

Bikin tongsengnya setengah resep aja,, ga punya panci guedeee, hahaha. ternyata separuh resep abisnya cepet ya,,, Yaiyyalaaah,, kan dibagi juga ke karyawan bordir. *mau pamer kalo bisa masak :D Nah giliran udah sore bingung mau makan apa,,  soalnya ga persiapan bumbu buat masak makan malam. Heheuuuu...

Mendadak saya kepengen nasi goreng kambing yang Bandung ituuuh...


3 comments:

liesadjeng said...

Iiiih nangguuung....resepnya salin sekalian dong Mbaaak......

liesadjeng said...

Akhirnyaaaaaa berhasil jugaa posting komen

laily said...

hurraayyy,, hahahaa,, pake rumus apa tuh kok bisa komen? ternyata emg ada beberapa blog yang susah untuk diposting komen *udah mbuktiin :|

hoream ih nyalin resep,, tampilannya jadi jelek entah kenapa.