Sunday, April 21, 2013

Jeritan Hati ART

Biasanya yang curhat teh si employer,,, sekarang si employee ga mau kalah. Kompetitip pisan :D
Jadi ceritanyaa,, ART saya yang tugasnya cuma cuci-strika-nyapu ini suatu siang SMS. Crita kalo di rumah sebelah dia dibayar di bawah ekspektasi. Oh ya dia juga kerja buat employer lain selain saya. Ga masalah sih yaaa,  yang penting di rumah saya kerjanya beres, bersih-wangi. DIa bilang (kira-kira begini): ini kan udah taun 2013 ya mama-azki,,, masa saya cuma dapet segitu, mana cuciannya sering numpuk,, kan saya capek..Gimana yaa bilangnya kalo saya minta naik bayarannya..

Heuuh.. untung ga punya fesbuk dan twitter nih orang,,hihihi

Eiya karena dia minta saran, saya usul aja, gimana kalo ngerjain strikaan aja kalo dibayar segitu mah.  Eh ga tau gmn ceritanya, tadi pagi dia bilang kalo akhirnya dia udah disuruh brenti sama employer rumah sebelah.  Kurang jelas juga saya menangkap reaksinya, entah senang,, entah sedih. Kalo mempertimbangkan anaknya yang tiap hari dia ajak kerja, kayanya dia senang ya,, secara tu bocah suka rewel klo diajak kerja ke rumah sebelah. Kalo di rumah saya kan ada mainan, cemilan, juga bisa nonton video di laptop saya.

Isu bayaran ART emang suka kadang-kadang ngehits yah. ART saya ini malah pernah mau direkrut sama tetangga jauh,, dibayar ga tau brapa, tapi nyuciin baju 6 orang tanpa mesin. Hemm.. assooooyyy... langsung mundur di hari kerja kedua, hihihi.  Mantan ART saya,, nyuci-nyetrika 6 orang, tanpa mesin pulak.... dikasi 150 ribu. sedih banget kan ya liat angkanya, apalagi sang majikan bisa dikategorikan sebagai orang berada (keliatan dari jumlah mobil dan motornya). rasanya pengen ngegiling si majikan di mesin pengering :D

Sebetulnya orang2 sekitar sini banyak juga lho yg jadi ART. Sampai hari ini saya pernah punya 4  ART untuk masa yang berbeda, semua kerjanya bagus. Kasi aja tools yang memudahkan, biasanya mereka ga rewel. Ya iyyalaaah.. bayangin kita aja jadi employer, ga mau kaaan nyuci baju kotor hasil koleksi 3 hari ga pake mesin cuci? *eh saya pernah ding, waktu ngekos :D*

Masalah bayaran.. di kampung saya,, nyuci-nytrika doang rata2 250ribu-300ribu per bulan. eh ini ARTnya yang pulang hari lho ya. Kalo mau disayang ART, kasihlaaah 350 ribu, huehehee. Tapi tergantung jumlah penghuni rumah sih.. kalo ada 4 kepala dan smuanya biang baju kotor yaaa pengertian dikit laaah. Either naik gaji or kasi uang transpor/makan. Saya lbh suka kasi bekel makan siang sih, soalnya ga kliatan wujud duitnya, ga berasa mbayar tapi si ART kenyang,, hueheheee.

Dengan asumsi si ART ini tidak berulah yang aneh2, saya pikir layak dong dikasi minimal 300 ribu/bulan untuk ngerjain urusan kebersihan baju 4 orang (ART pulang hari, standar rupiahnya pake standar kampung sini). Sukur-sukur dikasi makan siang, atau oleh2 buat anaknya (kalo si ART punya anak kecil). Kasi juga baju bersih yg sudah lama tidak terpakai, kalo lebaran dikasi baju baru buat anaknya, kalo anaknya sekolah TK bolehlah kita kasi krayon/buku gambar. Simpel sih, tapi lumayan lho buat memikat hati  ART.

Semoga ART saya yg sekarang ini betah lah yaa, ga ada kasus pribadi. Dia juga mau nyekolahin anaknya sih taun ini, siapa tau mau didaftarin ke TK belakang rumah. Jadi bisa skalian kan nganter anak ke sekolah dan beberes di tempat saya.

6 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Gak ada habsnya ya cerita tentang ART. Mana sekarnag maunya nyuci pakai mesin ya, kalau gitu sih mending aku aja hehehe makanya sampai sekarnag gak punya ART nih aku.
btw smeoga yang baru betah ya

mommy-azki said...

hahahaaa iyaaa maunya pake mesin. makanya saya berdayakan sekalian buat bersih2 yang lain :D tapi ga semua baju kotor masuk mesin sih,, malah lbh banyak yg dikucek manual :D

Allisa Yustica Krones said...

Wah, di sana masih terhitung lbh murah ya...di sini utk nyuci nyetrika saja sdh minimal 400rb.. Makanya aku kmrn waktu gak ada ART drpd pake yang pulang hari buat nyuci nyetrika dan musti nerima resiko ngusap2 dada ngeliat kelakuannya, mendinglah aku manfaatin laundry kiloan :D

emaknyashira said...

Sama kayak Allisa, disini buat cuci setrika aja udah 400an sebulan mbak, gw pake jasa setrikanya aja 300 sebulan.

mommy-azki said...

@Allisa kalo buat cucistrika,, mereka lumayan reliable.. tapi klo urusan ngasuh anak, big NO :D

@Emaknya Shira karena udah masuk Jakarta sih ya... klo sini kan lokasi nanggung.. di kata tangerang kok deket Jakarta,, dikata Jakarta kok KTPnya Tangerang :D

keke naima said...

balada ART terus terjadi dimana2 hehe

semoga yg kali betah :)